sign up SIGN UP

Efek Samping Facial yang Harus Diwaspadai

aqillahdiaz | Minggu, 27 Jun 2021 10:15 WIB
Efek Samping Facial yang Harus Diwaspadai
caption
Jakarta -

Memiliki kulit yang bersih, putih, dan mulus adalah keinginan semua wanita. Berbagai perawatan dilakukan agar kulit wajah terlihat cantik. Salah satu perawatan wajah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan facial. Facial memiliki beberapa manfaat, yakni dapat membuat kulit wajah menjadi fresh, membersihkan wajah dari komedo dan pori-pori, serta dapat mencerahkan kulit wajah. Namun, terdapat beberapa efek samping facial yang harus diwaspadai. Berikut adalah penjelasan dari beberapa efek samping tersebut.

Kulit menjadi kering dan iritasi 

Jika kalian sering melakukan facial, ada baiknya untuk berhati-hati karena hal itu dapat membuat kulit wajah kalian menjadi kering. Hal itu dikarenakan kelembaban kulit berkurang dan dapat membuat pH tidak seimbang. Selain itu, juga dapat menyebabkan kulit iritasi. Jika kalian mengalami iritasi, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung dan gunakan sunscreen untuk mencegah iritasi.

Kulit bengkak dan muncul kemerahan 

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Wajah kalian juga bisa menjadi bengkak karena pada saat facial terjadi penumpukan cairan pada jaringan kulit, namun hal itu bisa teratasi dengan sendirinya. Kalian hanya perlu menunggu beberapa hari agar wajah tidak bengkak. Selain itu, juga akan muncul kemerahan pada wajah. Biasanya hal itu terjadi setelah membersihkan komedo. Oleh karena itu, kalian harus siap jika mengalami hal ini.

Timbul jerawat 

Acne skin (sumber : freepik)
Acne skin (sumber : freepik)

Niat facial untuk membersihkan jerawat, justru jika sering melakukannya akan membuat jerawat semakin bertambah. Oleh karena itu, apabila kalian sedang mengalami breakout hindari pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan facial.

Meninggalkan bekas jerawat

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Saat sedang facial, pastinya jerawat kalian juga akan dibersihkan. Padahal hal tersebut justru akan meninggalkan bekas jerawat pada wajah kalian. Bahkan dapat menimbulkan flek hitam. Perlu kalian ingat, menghilangkan bekas jerawat lebih susah daripada menghilangkan jerawat itu sendiri.

Memicu jaringan parut

Sumber : freepik
Sumber : freepik

Jaringan parut biasanya terjadi saat setelah proses mengeluarkan komedo. Jika hal ini dilakukan dengan teknik yang benar maka wajah kalian ya tidak akan menimbulkan luka. Namun, jika salah teknik maka akan menimbulkan jaringan parut dan membuat wajah kalian tidak mulus.

Well, itu adalah beberapa efek samping dari facial yang harus kalian ketahui dan waspadai. Be smart, ladies!

 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id