sign up SIGN UP

SKINCARE

Tak Disangka! Ternyata Ini 7 Manfaat Kecantikan dari Rutin Mengonsumsi Jahe

Dimitrie Hardjo | Kamis, 22 Jul 2021 15:15 WIB
Tak Disangka! Ternyata Ini 7 Manfaat Kecantikan dari Rutin Mengonsumsi Jahe
Foto: Tak Disangka! Ternyata Ini 7 Manfaat Kecantikan dari Rutin Mengonsumsi Jahe/Freepik.com/gpointstudio

Siapa yang tidak mengenal jahe, tanaman pengobatan yang sudah digunakan sejak bertahun-tahun lamanya. Mengutip genomind, jahe memiliki segudang khasiat bagi tubuh, seperti menjadi obat ampuh untuk masalah pencernaan, mengurangi rasa nyeri otot setelah olahraga, mengurangi tekanan darah dan risiko sakit jantung, menyembuhkan flu, serta meningkatkan kinerja otak.

Tidak hanya itu, ternyata mengonsumsi jahe secara rutin juga bisa memberikan manfaat bagi kulit dan rambut  juga nih, Beauties! Selain jahe mudah untuk dikombinasikan dengan masakan, air rebusan jahe atau dalam bentuk teh juga bisa langsung kamu konsumsi dan memberikan khasiat yang tidak kalah bagus.

Jadi, yuk mulai rutin konsumsi jahe agar kamu juga bisa rasakan manfaat kecantikannya seperti yang dilansir dari Byrdie dan The Healthy di bawah ini. Simak yuk!

1. Meratakan Warna Kulit dan Anti Aging

Meratakan warna kulit dan sebagai antiaging.
Meratakan warna kulit dan sebagai antiaging. Foto: pexels.com/shinydiamond/

Pengobatan Ayurvedic dari Tiongkok sudah sering merekomendasikan jahe sebagai tanaman pengobatan untuk meremajakan kulit. Antioksidan yang terdapat pada jahe menstimulasi produksi kolagen pada kulit yang berfungsi untuk menjaga elastisitasnya. Selain itu, ia juga dapat mengurangi kerusakan dan inflamasi pada kulit, serta mengurangi hiperpigmentasi.

2. Menyembuhkan Bekas Luka

Menyembuhkan bekas luka.
Menyembuhkan bekas luka. Foto: pexels.com/andreapiacquadio/

Rutin mengonsumsi jahe juga membantu penyembuhan luka pada kulitmu lho, Beauties! Hal ini karena terdapat kandungan dalam jahe yang bersifat antiseptik dan mendorong regenerasi sel. Efek mengencangkan dari antioksidan di dalamnya juga membantu pemulihan luka.

3. Memudarkan Selulit

Memudarkan selulit.
Memudarkan selulit. Foto: pexels.com/ronlach/

Selain menyembuhkan luka pada kulit dan memberikan efek antiaging, jahe juga dikenal bermanfaat untuk menghilangkan selulit. Jahe dapat menstimulasi regenerasi sel dan memperlancar sirkulasi. Dengan begitu, tampilan selulit bisa semakin pudar.

4. Mengatasi Jerawat

Menghilangkan jerawat.
Menghilangkan jerawat. Foto: pexels.com/annanekrashevich/

Kabar baik untuk kamu para acne fighter! Konsumsi jahe dapat mengatasi jerawatmu karena kandungan antioksidan dan antiseptik di dalamnya dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, manfaat dari mempercepat regenerasi sel dan menetralkan radikal bebas juga dapat mengurangi jerawat, Beauties.

5. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Mempercepat pertumbuhan rambut.
Mempercepat pertumbuhan rambut. Foto: pexels.com/nikolaiulltang/

Selain manfaat bagi kulit, jahe juga bermanfaat untuk rambutmu lho! Salah satunya adalah pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan menyehatkannya. Caranya dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin, mineral, dan fatty acids dari jahe juga menguatkan setiap helai rambutmu.

6. Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan ketombe.
Menghilangkan ketombe. Foto: freepik.com/drobotdean/

Manfaat jahe untuk rambut lainnya yaitu untuk menghilangkan ketombe, oleh karena kemampuannya untuk mengatasi inflamasi dan bersifat antiseptik. Namun, untuk menghilangkan ketombe, dibutuhkan cara selain dikonsumsi. Kamu bisa menggunakan shampoo berbahan jahe atau dengan memijat kulit kepala dengan campuran jahe parut dan jojoba oil, lalu mendiamkannya semalaman. Voila! Ketombe pun akan hilang.

7. Membakar Lemak

Membakar lemak tubuh.
Membakar lemak tubuh. Foto: pexels.com/shvetsproduction/

Buat kamu yang sedang dalam program diet, mungkin konsumsi jahe secara rutin bisa dicoba. Jahe dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga lemak pun lebih cepat terbakar. Selain itu, mengonsumsi jahe juga memberikan efek kenyang yang lebih tahan lama sehingga kamu dapat mengurangi ngemil nih, Beauties.

Itu dia manfaat yang bisa kamu rasakan saat mengonsumsi jahe secara rutin. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, ternyata jahe juga punya banyak efek positif untuk kecantikan ya! Tertarik untuk mulai kebiasaan baru ini?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id