sign up SIGN UP

Ingin Rambut Cantik Alami? Yuk Coba DIY Masker Rambut Madu yang Kaya Manfaat Ini

Dimitrie Hardjo | Rabu, 11 Aug 2021 06:45 WIB
Ingin Rambut Cantik Alami? Yuk Coba DIY Masker Rambut Madu yang Kaya Manfaat Ini
caption

Madu tidak hanya digunakan untuk meningkatkan imun tubuh, tapi juga untuk kecantikan lho, Beauties! Madu sering dimanfaatkan sebagai salah satu kandungan skincare yang berguna untuk melembapkan. Eits, tapi jangan salah, madu juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut! Madu menjadi salah satu rekomendasi masker rambut yang alami, murah dan bermanfaat untuk menjaga keindahan rambutmu. Jadi, jika kamu bingung mencari masker rambut yang bagus, kamu bisa coba menggunakan madu, Beauties! Tapi, bagaimana cara maskeran dengan madu yang lengket itu ya? Tenang saja, berikut ini adalah manfaat dan cara DIY masker rambut madu yang bisa dilakukan di rumah!

Manfaat Masker Madu untuk Rambut

Manfaat madu untuk rambut/
Manfaat madu untuk rambut/ Foto: pexels.com/ronlach

Melansir Healthline, inilah beberapa manfaat madu untuk rambut yang bisa kamu dapatkan, Beauties.


1. Melembapkan Folikel Rambut dan Kulit Kepala

Madu merupakan kandungan emollient yang berguna untuk memberikan kelembapan kulit kepala dan folikel rambut. Karena itu, masker rambut madu cocok digunakan untuk mereka yang mempunyai tipe rambut kering.

2. Mengurangi Rambut Patah

Madu juga memiliki kandungan antioksidannya yang cukup tinggi lho! Karena kaya akan antioksidan, masker rambut madu akan membuat helai rambut semakin kuat sehingga mencegah rambut patah dan bercabang. 

3. Memperbaiki Kondisi Alami Rambut

Memperbaiki kondisi alami rambut/
Memperbaiki kondisi alami rambut/ Foto: pexels.com/T

Madu akan memperbaiki kondisi alami rambut secara keseluruhan. Selain kulit kepala yang terjaga kesehatannya, batang rambut juga akan senantiasa sehat dan berkilau, Beauties. 

4. Melembutkan dan Mengurangi Frizz

Jika rambut kamu sulit diatur dan mengembang, masker madu ini akan menjadi penyelamat! Rambut yang ternutrisi dengan baik akan memiliki tekstur yang lembut. Madu ini juga akan mengurangi helai-helai rambut yang melayang oleh karena sifatnya yang melembapkan.

 

DIY Masker Rambut dengan Madu

DIY masker rambut dengan madu/
DIY masker rambut dengan madu/ Foto: pexels.com/cottonbro

Walaupun memiliki banyak manfaat, kamu perlu mencampurkan madu dengan bahan lainnya agar mengurangi rasa lengket dari madu itu sendiri ya, Beauties. Selain membuatnya lebih mudah dibilas, manfaat yang dirasakan juga bisa bertambah karena campuran tersebut. Nah, mengutip Style Craze, yuk simak DIY masker rambut di bawah ini!


1. Madu + Air

Campuran ini cocok untuk semua tipe rambut, terutama kalian yang memiliki rambut keriting. Cukup campurkan 9 sendok makan air dan 1 sendok makan madu ke dalam mangkuk kecil, lalu kocok hingga menyatu. Pijat kulit kepala dengan campuran madu dan air, kemudian ratakan hingga ke tiap helai rambut. Diamkan selama 3 jam, lalu bilas dengan air hangat dan sampo.

2. Madu + Coconut Oil

Madu dan coconut oil merupakan kombinasi sempurna untuk menguatkan rambut dan melindunginya dari sinar UV. Caranya, campurkan ½ cup coconut oil dan ½ cup madu, aplikasikan pada kulit kepala dan batang rambut setelah kamu aduk. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan sampo.

3. Madu + Santan

DIY masker rambut madu dengan santan/
DIY masker rambut madu dengan santan/ Foto: pexels.com/abdulrhman

Santan memiliki kandungan protein dan lemak yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh. Ketika dicampurkan dengan madu, maka akan memberi khasiat yang maksimal untuk melembutkannya. Campurkan 200 g santan dan 2 sendok makan madu lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran madu dan santan pada kulit kepala dan batang rambut, lalu diamkan selama 1 jam. Bilas dengan air hangat dan sampo.

Nah, itu dia 3 DIY masker rambut menggunakan madu yang bisa kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba ya!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id