sign up SIGN UP

Ini Perbedaan Body Oil,Body Butter, dan Body Lotion! Mana yang Lebih Baik Digunakan?

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 04 Sep 2021 09:30 WIB
Ini Perbedaan Body Oil,Body Butter, dan Body Lotion! Mana yang Lebih Baik Digunakan?
caption

Layaknya wajah, tubuh juga wajib dilindungi setiap hari dari bahaya sinar UV. Kulit pada tubuh yang tidak terlindungi akan semakin kusam, keriput, dan rusak akibat radikal bebas yang kerap menerpanya. Beauties pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan body oil, body butter, dan body lotion yang dapat mengatasi dampak buruk dari terpaan sinar UV ini. Ketiganya mempunyai banyak manfaat untuk menjaga agar kulit senantiasa sehat dan awet muda.

Namun, tidak jarang orang yang masih bingung saat memilih antara tiga produk perawatan tubuh ini. Walaupun body oil, body butter, dan body lotion menawarkan fungsi yang serupa yaitu melembapkan kulit, tapi sebenarnya mereka tidak sama lho, Beauties! Yuk baca perbedaan ketiganya berikut ini dan ketahui mana yang paling cocok untuk kulitmu.

Body Oil

Body oil/
Body oil/ Foto: pexels.com/annatarazevich

Seperti namanya, body oil berbahan dasar minyak yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga berkonsistensi ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Minyak yang digunakan pun tidak sembarangan lho! Dibutuhkan minyak khusus yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi kulit, misalnya, jojoba oil, avocado oil, atau almond oil. Essential oil seperti vitamin E dan ekstrak rosemary juga bisa ditemukan dalam formulasi body oil agar produk lebih awet. Kamu bisa menggunakan body oil tepat setelah mandi atau saat masih ada sisa air pada kulit untuk memaksimalkan hidrasi.

Manfaat Body Oil:

  1. Mengontrol produksi sebum
  2. Meningkatkan fungsi skin barrier
  3. Biasanya tidak menggunakan campuran bahan kimia.

Body Butter

Body butter/
Body butter/ Foto: pexels.com/alesiakozik

Berbeda dengan body oil, body butter memiliki tekstur layaknya mentega yang lembut. Karena bersifat occlusive, produk perawatan ini memiliki konsistensi pekat dan berat sehingga akan terasa sedikit lengket untuk beberapa saat sebelum meresap seutuhnya ke dalam kulit. Walaupun begitu, efek lembap yang diberikan body butter lebih baik dari body lotion dan cocok digunakan kulit sangat kering atau saat kondisi cuaca dingin. Body butter biasanya berbahan dasar minyak, seperti minyak kelapa, zaitun, atau argan, serta tambahan minyak esensial seperti vitamin E dan C. Gunakan body butter saat keadaan kulit masih lembap setelah mandi agar kadar air dapat dikunci dalam kulit.

Manfaat Body Butter:

  1. Menghidrasi kulit sangat kering,  pecah-pecah hingga bersisik
  2. Memberikan hidrasi yang tahan lama

Body Lotion

Body lotion/
Body lotion/ Foto: pexels.com/sorashimazaki

Body lotion memiliki konsistensi paling ringan dan nyaman digunakan karena mudah terserap kulit. Memiliki sebagian besar bahan dasar air dibandingkan minyak, body lotion mempunyai beraneka macam jenis yang menargetkan permasalahan-permasalahan kulit tertentu, contohnya kulit kusam atau kulit kering. Untuk manfaat jangka panjang, carilah body lotion yang dilengkapi dengan hyaluronic acid, ceramide, asam lemak, dan gliserin. Kandungan tersebut dikenal baik untuk menghidrasi dan melembapkan kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Selain itu, body lotion akan bekerja lebih baik jika digunakan setelah mandi untuk mencegah kulit kering.

Manfaat body lotion:

  1. Melembapkan kulit kering
  2. Mempunyai manfaat jangka panjang berkat kandungan hyaluronic acid dan ceramide.

Itulah perbedaan dari body oil, body butter, dan body lotion seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, Beauties. Sudah tahu mana yang ingin kamu gunakan?

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id