sign up SIGN UP

SKINCARE

Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Bersamaan untuk Hasil Maksimal

Ratih Dewi | Jumat, 20 Nov 2020 10:30 WIB
Kandungan Skincare yang Aman Dipakai Bersamaan untuk Hasil Maksimal
Foto: Layering Skincare/Freepik.com

Siapa disini yang dalam penggunaan produk skincare tidak hanya menggunakan 1 produk saja? Bahkan, mungkin beberapa dari kita menggunakan bisa 2 atau lebih produk dalam rangkaian skincare baik pagi ataupun malam hari. Apakah kalian juga sudah memperhatikan kandungan dari produk skincare kalian tersebut bisa digunakan bersamaan atau tidak? 

Nah, kita akan bahas bersama-sama kandungan dari produk skincare yang kalau digabungkan pemakaiannya bisa memberikan hasil yang maksimal untuk kulit wajah. Perlu diperhatikan juga kandungan skincare bereaksi berbeda-beda di kulit wajah masing-masing, pastikan kulit wajah kamu tidak alergi atau tidak bermasalah dengan kandungan skincare di bawah ini. Jika ragu kamu juga bisa konsultasikan dulu dengan dokter. 

1. Niacinamide dengan Alpha Arbutin

Skincare The Ordinary
Skincare The Ordinary/Foto : pinterest.com

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, kandungan Niacinamide dan kandungan Alpha Arbutin merupakan kandungan skincare yang fokus untuk mencerahkan kulit wajah, dengan menggabungkan atau layer kedua kandungan ini bisa membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat dan membantu mencerahkan wajah kamu lebih cepat.

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, kandungan Niacinamide sangat membantu untuk mengontrol minyak di kulit wajah dan aman digunakan untuk all skin type. Contoh dari produknya kamu bisa menggabungkan pemakaian serum The Ordinary Niacinamide dengan The Ordinary Alpha Arbutin

2. AHA/BHA dengan Hyaluronic Acid

Good Molecules Hyaluronic Acid
Good Molecules Hyaluronic Acid/Foto : pinterest.com

Kandungan eksfoliasi atau yang mengandung AHA BHA fokus untuk mengangkat sel kulit mati di kulit wajah, biasanya kandungan ini bisa kita temui dalam toner eksfoliasi atau peeling serum. Selain mengangkat sel kulit mati, kandungan AHA BHA ini jika tidak dibarengi dengan kandungan untuk melembabkan bisa membuat kulit wajah kamu kering.

Kamu bisa mencampurkan dengan serum atau pelembab yang ada kandungan Hyaluronic Acid untuk mengunci kelembaban kulit wajah kamu dan bisa membuat kulit wajah lebih cerah jika pemakaian yang rutin. 

3. Vitamin C dengan Vitamin E

Vitamin C dengan Vitamin E
Vitamin C dengan Vitamin E/Foto : freepik.com

Selain bagus untuk mencerahkan kulit wajah, kandungan Vitamin C juga baik untuk antioksidan dimana bisa melindungi kulit wajah dari polusi juga sinar UV matahari yang bisa memicu muncul flek hitam di wajah dan membuat kulit wajah menjadi kusam.

Kandungan Vitamin C ini juga bisa kamu temui dalam bentuk toner, serum, pelembap, bahkan sunscreen, jika digabungkan dengan produk skincare lain yang ada kandungan Vitamin E bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah, melindungi kulit wajah dari radikal bebas, dan mencerahkan wajah. 

4. Retinol dan Niacinamide

Retinol dan Niacinamide
Retinol dengan Niacinamide/Foto : freepik.com

Retinol merupakan kandungan yang cocok untuk anti aging atau bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah dan mencegah penuaan pada kulit wajah, umumnya kandungan retinol ini lebih bekerja maksimal dalam bentuk serum.

Jika pemakaiannya digabungkan dengan kandungan niacinamide bisa membantu meredakan kulit wajah yang iritasi, meningkatkan kelembaban pada kulit wajah, memudarkan flek hitam, dan memperkuat skin barrier agar kulit wajah kamu selalu tampak sehat. 

5. Salicylic Acid dengan Niacinamide

COSRX Salicylic Acid Facial Wash
COSRX Salicylic Acid Facial Wash/Foto : pinterest.com

Untuk kamu yang memiliki pori-pori besar, kamu bisa menggabungkan kedua kandungan ini dalam skincare routine kamu. Kandungan niacinamide bisa dibilang kandungan yang bisa digabungkan dengan semua kandungan skincare kecuali Vitamin C.

Dengan menggabungkan niacinamide dengan salicylic acid bisa membantu meredakan jerawat yang sedang meradang, redness, pori-pori besar, dan bisa mengontrol sebum atau produksi minyak di wajah kamu. Kamu bisa menggunakan toner atau serum dari kedua kandungan skincare ini untuk hasil yang maksimal. 

6. Kandungan AHA dengan Retinol  

Paula's Choice AHA Gel Exfoliant
Paula's Choice AHA Gel Exfoliant/Foto : pinterest.com

Kedua kandungan ini bisa kamu temukan dalam produk eksfoliasi atau produk anti-aging kedua kandungan ini cocok untuk kamu yang membutuhkan elastisitas kulit wajah lebih dan mengurangi kerutan di wajah, selain itu kamu yang kulit wajahnya berjerawat bisa menggabungkan kedua kandungan ini. Jangan lupa, gunakan produk yang menghidrasi kulit wajah kamu jika menggabungkan kedua produk ini, karena beberapa kulit wajah akan terasa kering. 

Itu dia kandungan skincare yang bisa kamu gabungkan pemakaiannya, jika kamu ragu apakah kulit wajah kamu bisa menerima gabungan kandungan-kandungan tersebut, kamu bisa konsultasikan dulu dengan dokter. Semoga bermanfaat! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id