sign up SIGN UP

Manfaat Retinol yang Bisa Dipakai Usia 20-an, Bisa Atasi Jerawat!

Hijria Khatimi | Sabtu, 04 Sep 2021 22:30 WIB
Manfaat Retinol yang Bisa Dipakai Usia 20-an, Bisa Atasi Jerawat!
caption
Jakarta -

Retinol merupakan salah satu kandungan anti-aging yang sangat populer. Kemampuannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, membuat retinol jadi incaran banyak orang. Meski begitu, masih banyak yang menganggap bahwa retinol hanya perlu digunakan pada usia 30-an  ke atas. Padahal, retinol ternyata juga bisa digunakan mulai usia 20-an, lho.

Menurut Dr. Kim Nichols yang merupakan dermatologis bersertifikat, retinol aman digunakan oleh pria maupun perempuan usia 20-an. Retinol akan membantu meningkatkan kolagen dan mengurangi berbagai tanda penuaan dini, seperti dikutip dari humnutrition.com.

Penggunaan retinol di usia 20-an juga memiliki manfaat tersendiri. Ingin tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Yuk, simak penjelasannya sama-sama!

1. Tanda Penuaan Bisa Diatasi Sejak Dini

Memakai retinol sejak usia 20-an atasi penuaan
Memakai retinol sejak usia 20-an atasi penuaan/Foto: Pexels/Felipe Tavares

“Kulit mulai kehilangan kemampuan memperbaiki diri sejak memasuki usia 20-an. Sehingga sangat penting untuk mulai menggunakan perawatan anti-aging lebih awal,” ujar dokter kulit Craig Austin, MD seperti dilansir dari byrdie.com.

Ahli kecantikan Shani Darden juga mengatakan hal yang serupa, bahwa tanda-tanda penuaan mulai muncul di usia 20-an. Jika menunda menggunakan perawatan anti-aging hingga kulit semakin menua, maka bisa berpotensi lebih sulit untuk mengatasi tanda penuaan yang muncul.

2. Penggunaan Retinol Sejak Dini, Bisa Memberikan Hasil Lebih Optimal

Memakai retinol sejak usia 20-an memberi hasil optimal
Memakai retinol sejak usia 20-an memberi hasil optimal/Foto: Freepik/benzoix

Saat menggunakan retinol, kamu harus bersabar untuk dapat melihat hasilnya. Ini karena retinol membutuhkan waktu cukup lama untuk bekerja. Melansir allure.com, Gary Fisher yang merupakan profesor bidang dermatologi dari University of Michigan Medical School mengatakan, butuh waktu kurang lebih 12 minggu untuk mulai melihat perubahan signifikan pada kulit.

Mengingat retinol membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka penggunaan yang konsisten sejak usia lebih dini akan membantu memberikan hasil yang lebih optimal.

3. Solusi Mengatasi Jerawat

Memakai retinol sejak usia 20-an atasi jerawat
Memakai retinol sejak usia 20-an atasi jerawat/Foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Banyak perempuan usia 20-an yang masih harus berurusan dengan munculnya jerawat di wajah. Ini karena memang jerawat tidak berhenti pada tahap remaja saja. Dua faktor utama yang menyebabkan jerawat adalah produksi minyak belebih dan menumpuknya sel kulit mati.

Kabar baiknya, retinol dapat mengatasi kedua masalah tersebut. Sehingga kandungan satu ini tak hanya mengatasi tanda penuaan, melainkan juga menjaga wajahmu tetap bersih dari jerawat.

Nah, bagi kamu yang mulai bermasalah dengan penuaan dini di usia 20-an, tak perlu ragu untuk mulai menggunakan retinol ya, Beauties.

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id