sign up SIGN UP

Sering Disebut Bermanfaat untuk Kulit, Sebenarnya Apa Sih Antioksidan Itu?

Meydiana Adinda | Kamis, 19 Aug 2021 23:00 WIB
Sering Disebut Bermanfaat untuk Kulit, Sebenarnya Apa Sih Antioksidan Itu?
caption

Istilah “antioksidan” tentu sudah tidak asing lagi terdengar dalam dunia skincare ya, Beauties. Dalam banyak produk skincare, antioksidan kerap disebut sebagai salah satu manfaat produk tersebut. Sebenarnya apa sih antioksidan itu?

Untuk lebih lengkapnya, Beautynesia akan memberikan penjelasan mengenai antioksidan, mulai dari pengertian, cara kerja, manfaat, hingga cara mendapatkan antioksidan. Penasaran kan? Simak artikel berikut, ya!

1. Apa itu Antioksidan?

Antioksidan
Antioksidan melawan radikal bebas/foto: freepik.com/rawpixel.com

Jika berbicara tentang antioksidan, tentu kita juga akan membicarakan radikal bebas. Sederhananya, radikal bebas yang berasal dari polusi, asap rokok, dan sinar UV merupakan “ancaman” bagi kulit. Radikal bebas dapat merusak sel kulit sehingga menyebabkan berbagai permasalahan kulit, seperti keriput, kendur, kering, kusam, dan hiperpigmentasi

Di sisi lain, antioksidan adalah “pelindung” bagi kulit. Antioksidan berusaha mencegah kerusakan sel kulit dengan menetralisir radikal bebas. Dilansir dari Byrdie, Sonya Dakar, seorang ahli skincare menjelaskan bahwa antioksidan bekerja dengan membalikkan dan mencegah stres oksidatif yang merupakan kerusakan radikal bebas. Sehingga kerusakan sel kulit akibat radikal bebas dapat dicegah.

2. Apa saja Manfaat Antioksidan?

Antioksidan
Manfaat antioksidan/foto: freepik.com/jcomp

Karena sifatnya yang dapat melindungi kulit dengan melawan radikal bebas, kamu tentu dapat merasakan berbagai manfaat dari kinerja antioksidan, seperti:

  • Melindungi kulit dari polusi
  • Mencegah tanda-tanda penuaan
  • Membantu perbaikan kulit dengan menenangkan iritasi serta mengurangi inflamasi
  • Mendukung kinerja sunscreen sehingga mencegah sunburn
  • Bersama sunscreen dapat mencegah kanker kulit.

3. Di Mana Mendapatkan Antioksidan?

Antioksidan
Asal antioksidan/pinterest.com/levitatebeauty

Claudia Christin, seorang dermatolog menjelaskan dalam akun Instagram-nya bahwa terdapat beberapa bahan dalam skincare yang mengandung antioksidan, seperti:

  • Vitamin, yaitu di dalam Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin E
  • Resverathol, yaitu dari buah anggur dan beri
  • Astaxanthin, yaitu dari salmon dan kepiting
  • EGCG, yaitu dari teh hijau
  • Ferulic Acid

Bahan-bahan ini dapat ditemui dalam berbagai produk skincare seperti serum dan moisturizer. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan beberapa jenis antioksidan agar saling bersinergi dalam melindungi kulit.

Penggunaan antioksidan juga sangat disarankan sebelum menggunakan sunscreen. Karena kedua produk akan sangat efektif untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id