sign up SIGN UP

Mencegah Penuaan Dini Secara Alami Hanya dengan Rose Water, Ini Cara Bikinnya...

Tim Redaksi HaiBunda | Selasa, 28 Sep 2021 13:00 WIB
Mencegah Penuaan Dini Secara Alami Hanya dengan Rose Water, Ini Cara Bikinnya...
caption
Jakarta -

Bunga mawar menjadi kecintaan banyak perempuan. Bunga yang identik dengan warna merah ini kerap dijadikan sebagai simbol kasih sayang dan romantisme dalam hubungan.

Namun siapa sangka, jika yang biasa kita kenal hanya sebagai bunga ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho! Manfaat baik tersebut didapatkannya dari air penyulingan mawar, yaitu air mawar.

Air mawar sering dijadikan bahan campuran dalam produk kecantikanAir Mawar/Freepik.com/Cookie_studio

Air mawar telah sejak lama dipercaya memiliki manfaat untuk kulit, diperkaya dengan kandungan vitamin A, C, dan E, membuatnya sering menjadi campuran toner hingga krim kecantikan lainnya. Adapun beberapa manfaat air mawar lainnya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah penuaan dini
  • Sebagai anti-aging
  • Toner
  • Menghidrasi kulit
  • Mengobati masalah jerawat
  • Mencerahkan kulit
  • Membuat kulit lebih rileks

Menurut pakar aromaterapi, Kannank Laseeta mengatakan, jika air mawar alami tanpa bahan kimia dapat digunakan untuk perawatan setiap hari dan cocok untuk segala jenis kulit. Namun menghindari adanya alergi, kamu dapat mencobanya terlebih dahulu dengan melakukan uji tempel.

Untuk mencegah penuaan dini, rose water ini nantinya akan menghambat enzim berbahaya yaitu elastase dan kolagenase, yang terlibat dalam proses penuaan kulit. Nah Beauties, untukmu yang ingin merasakan manfaat baik dari rose water, ini dia cara membuat rose water sendiri di rumah. Simak yuk!

Cara membuat rose water:

Foto: Manfaat air mawar/pexels.comRose Water/Pexels.com/ Foto: ira syafira

Pertama, kamu perlu untuk menyiapkan kelopak mawar. Untuk hasil terbaik, gunakanlah kelopak bunga organik. Sebenarnya boleh saja untuk memakai kelopak mawar biasa, namun pastikan bunganya sehat dan tidak disemprot peptisida atau bahan kimia lainnya ya.

Untuk kelopak mawar yang dibutuhkan kembali lagi tergantung dengan kebutuhan. Biasanya dua atau tiga bunga cukup untuk satu cangkir kelopak segar atau 1/4 cangkir kelopak kering.

Setelahnya pisahkan dari tangkai dan cuci perlahan untuk mengilangkan debu dan bahan asing yang menempel. Lalu masuk ke tahap berikutnya, yaitu merebus, menyuling, atau penghancuran.

1. Merebus

Kamu dapat merebus kelopak bunga mawar untuk pembuatan rose water ini. Berikut ini yang perlu disiapkan:

  • 2 hingga 3 cangkir kelopak mawar segar yang sudah dibersihkan
  • Botol atau toples semprot kaca
  • 1/2 galon air suling

Air mawar / freepik.com (jcomp)Air Mawar/Foto: Freepik.com/jcomp

Setelah menyiapkan perlengkapan di atas, lakukan tahapan seperti di bawah ini:

  1. Letakkan kelopak mawar bersih ke dalam panci dan tuangkan air suling ke dalamnya. Usahakan untuk tidak terlalu banyak menambahkan air karena dikhawatirkan akan membuat rose water menjadi lebih encer.
  2. Letakkan panci di atas kompor dengan api kecil. Tutup panci tersebut dan biarkan mendidih selama 30 hingga 45 menit, sampai kelopak mawar tersebut kehilangan warnanya.
  3. Matikan kompor dan biarkan air mawar sampai dingin.
  4. Mulai saring air mawar sebelum dimasukkan ke botol semprot atau toples.
  5. Dinginkan dan air mawar dapat digunakan sampai sebulan ke depan. 

Untuk metode penyulingan dan penghancuran, baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id