sign up SIGN UP

Mencuci Wajah Terlalu Sering? Hati-hati, Ini 3 Bahaya yang Dapat Mengintaimu!

Dians Marfuah | Selasa, 06 Jul 2021 20:30 WIB
Mencuci Wajah Terlalu Sering? Hati-hati, Ini 3 Bahaya yang Dapat Mengintaimu!
caption

Mencuci wajah adalah salah satu tahapan penting dalam rutinitas skincare. Dengan kulit yang bersih, kulit akan terhindar dari masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Makanya nggak heran kita dianjurkan untuk mencuci wajah dua kali dalam sehari, yaitu di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

Mencuci wajah memang wajib untuk dilakukan, namun jika dilakukan terlalu sering bisa berdampak buruk bagi kulit. Alih-alih mendapatkan kulit yang cantik dan segar, justru tiga bahaya ini yang akan mengintaimu. Duh... apa saja ya dampak sering mencuci wajah Beauties?

1. Kulit Menjadi Kering

Ilustrasi kulit kering/Foto: Pexels.com/Andres Ayrton
Ilustrasi Kulit Kering/Sumber: Pexels.com/Andres Ayrton

Pernah nggak sih kamu habis mencuci wajah tetapi rasanya seperti tertarik? Nah, kalau sudah begitu itu artinya lipid barrier di wajahmu sudah rusak Beauties.

Tak hanya lipid barrier yang rusak, membersihkan wajah terlalu sering juga bisa bikin kulit wajah kehilangan kelembapan alaminya. Parahnya nih, lapisan kulit akan ikut rusak karena kotoran dan minyak di wajah juga ikutan terangkat.

Minyak di wajah yang bertugas menjaga kelembapan kulit akan hilang sehingga membuat kulit wajah menjadi kering. Padahal sebenarnya kulit wajah yang sehat adalah kulit yang terhidrasi dan sebum yang seimbang bukan kulit yang kering.

2. Iritasi Kulit

Ilustrasi kulit iritasi/Foto: Pexels.com/Jenna Hamra
Ilustrasi kulit iritasi/Sumber: Pexels.com/Jenna Hamra

Terlalu sering mencuci wajah juga berpotensi menimbulkan iritasi. Mengapa demikian ya?

Pada dasarnya produk pencuci wajah berfungsi menghilangkan kotoran dan meluruhkan minyak di wajah agar lapisan minyak ini nggak menghalangi produk skincare. Namun jika dilakukan terlalu sering, kulit wajah akan kehilangan minyak alaminya.

Kehilangan minyak alami inilah yang bisa membuat produk skincare yang seharusnya tidak terserap kulit karena terhalang minyak justru masuk ke dalam pori-pori. Hal tersebutlah yang bisa membuat kamu alergi, iritasi, bahkan ruam.

3. Keriput

Ilustrasi kulit keriput/Foto: Pexels.com/Kat Jayne
Ilustrasi kulit keriput/Sumber: Pexels.com/Kat Jayne

Seiring pertambahan usia kulit akan kehilangan kelembapan alaminya, sehingga kulit akan lebih kering dan juga keriput. Selain karena pertambahan usia, kabar buruknya nih keriput juga bisa hadir lebih cepat karena terlalu sering mencuci wajah. Saat dilakukan terlalu sering, kulit akan kehilangan kelembapan alami dan membuat kulit menjadi kering sehingga lebih cepat keriput.

Oleh karenanya, para ahli hanya menganjurkan mencuci wajah sebanyak dua kali saja dalam sehari, yaitu waktu pagi dan malam sebelum beristirahat. Mulai sekarang ikuti tips mencuci wajah yang benar saja ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id