sign up SIGN UP

SKINCARE

Mengenal 5 Bahan Skincare Alami untuk Atasi Kulit Inflamasi & Kusam

Anindya Milagsita | Jumat, 04 Jun 2021 20:15 WIB
Mengenal 5 Bahan Skincare Alami untuk Atasi Kulit Inflamasi & Kusam
Foto: Mencerahkan Kulit/Freepik.com

Kulit wajah yang kusam dan mengalami inflamasi atau peradangan tentu bikin enggak nyaman bagi yang merasakannya. Mulai dari rasa kurang percaya diri sampai bisa memicu berbagai masalah kulit yang lain. Buat mengatasinya ternyata ada beberapa bahan skincare alami yang bisa kamu pilih, Ladies.

Deretan bahan skincare ini bisa bantu cerahkan kusam dan atasi peradangan kulit. Penasaran apa bahan alami apa saja yang bisa kamu coba? Simak pilihannya lewat artikel berikut ya!

Tea Tree Oil

Tea tree oil sebagai bahan alami untuk skincare kulit kusam dan inflamasi.
Bahan Alami untuk Skincare/sumber: www.freepik.com/

Pernahkah kamu menganggap tea tree oil hanya ampuh untuk mengatasi jerawat, Ladies? Padahal ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan saat memakai skincare berbahan dasar bahan alami yang satu ini lho.

Tea tree oil mampu melawan bakteri dan mengurangi bekas jerawat.Selain itu, tea tree oil ternyata juga dapat atasi peradangan kulit melalui kandungan anti-inflamasi di dalamnya. 

Centella Asiatica

Bahan skincare alami Centella untuk kulit kusam dan inflamasi.
Bahan Alami untuk Skincare/sumber: www.freepik.com/

Sama populernya dengan tea tree oil, centella asiatica juga berhasil masuk daftar bahan-bahan terbaik yang banyak dipakai berbagai produk skincare, Ladies. Centella asiatica atau cica ternyata adalah tanaman liar yang seringkali tumbuh di kawasan tropis.

Cica mampu mengatasi jerawat membandel. Kandungan anti-mikroba dan anti-inflamasi dalam tanaman herbal ini dapat memberikan efek healing untuk atasi peradangan kulit. Senyawa acid di dalamnya juga mampu merangsang produksi kolagen pada sel-sel kulit wajah.

Licorice Root

Licorice sebagai bahan alami skincare untuk kulit kusam dan inflamasi.
Bahan Alami untuk Skincare/sumber: www.freepik.com/

Tips cerahkan wajah kusam dan atasi peradangan kulit lainnya adalah dengan memakai skincare berbahan licorice root. Licorice sendiri dikenal juga dengan sebutan akar manis. Tanaman herbal ini tak hanya baik bagi kesehatan, tapi juga kecantikan.

Licorice root punya kandungan yang kaya akan anti-oksidan alami untuk melindungi kulit dari sinar UV.  Selain itu, anti-mikroba di dalamnya juga dapat mengatasi jerawat yang membandel. Bahan alami ini mampu menenangkan inflamasi dan mencerahkan kulit wajah.

Willowbark

Bahan alami skincare willow bark.
Bahan Alami untuk Skincare/sumber: www.freepik.com/

Tak hanya licorice root, ada juga willowbark atau kulit pohon willow yang punya kandungan baik bagi kecantikan. Meskipun terdengar cukup asing, willowbark punya manfaat yang kaya akan anti-oksidan untuk membantu proses peremajaan kulit. Bahan alami untuk skincare ini juga dengan lembut membuka pori-pori wajah dan mencegah munculnya jerawat.

Kalau kamu punya problem kulit kusam, bahan willowbark dalam skincare bantu kamu mengatasinya, Ladies. Bahan alami ini mampu mencerahkan wajah kusam sekaligus meratakan warna kulit.

[Gambas:Instagram]

Mugwort

Mugwort sebagai bahan skincare alami yang membantu atasi kulit kusam dan inflamasi.
Bahan Alami untuk Skincare/sumber: www.freepik.com/

Last but not least, bahan alami yang satu ini dikenal banyak digunakan untuk skincare Korea Selatan. Meskipun sekilas mirip, mugwort bukanlah kenikir. Tanaman yang banyak tumbuh di Asia ini punya manfaat bagus bagi kesehatan kulit wajah.

Mugwort berisikan kandungan vitamin E yang mampu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, anti-inflamasi di dalamnya juga dapat mengatasi peradangan kulit. Anti-oksidan alami yang ada pada mugwort bisa melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id