sign up SIGN UP

Nggak Cuma Nyeri, Jerawat Kadang Juga Gatal, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Febriyani Rahmania | Senin, 22 Nov 2021 16:00 WIB
Nggak Cuma Nyeri, Jerawat Kadang Juga Gatal, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!
caption
Jakarta -

Jerawat merupakan kondisi kulit umum yang bisa dirasakan oleh semua orang di dunia ini. Tak memandang jenis kelamin, laki-laki dan perempuan yang beranjak dewasa berpotensi mengalami hal ini. Dikutip dari Health Line, umumnya, kondisi ini disebabkan oleh peradangan pada kelenjar kulit dan folikel rambut.

Namun, hal itu bukan satu-satunya penyebab. Produksi sebum berlebih dan infeksi juga berpeluang menimbulkan jerawat pada kulit. Tak jarang, jerawat nggak hanya menimbulkan rasa nyeri, lebih dari itu, jerawat juga kadang membuat gatal dan membuat kita tak tahan untuk menggaruk.

Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya kamu tidak menggaruk jerawat yang gatal. Dikutip dari Health Line, penjelasan penyebab dan cara mengatasi jerawat yang gatal.

Penyebab Jerawat Gatal

Karolina GrabowskaIlustrasi jerawat gatal. (Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)/ Foto: Dian Aprilia

Gatalnya jerawat bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Penyebab jerawat gatal paling umum adalah karena gesekan dan kulit kering, yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat dan sempit. Penyebab lainnya bisa karena alergi, reaksi kulit terhadap bahan kimia seperti benzoil peroksida, panas, sinar matahari, dan keringat.

Namun, di sisi lain, rasa gatal pada jerawat juga bisa menjadi tanda jerawat yang membaik. Hal ini dikarenakan oleh proses pengelupasan atau pelepasan kulit lama menjadi kulit baru. Proses ini biasanya membuat kulit jadi kering dan bersisik dan menyebabkan sensasi gatal yang tidak nyaman.

Jangan Digaruk

Viva Milk Cleanser juga bermanfaat dalam membuat kulit lebih awet muda.Ilustrasi jerawat gatal. (Foto: pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)/ Foto: Ade Irma Suryani

Rasa gatal yang menjengkelkan menimbulkan hasrat untuk menggaruk dan menggosoknya. Melakukannya akan jadi ide bagus ketika rasa gatal itu timbul dari gigitan nyamuk, tetapi akan jadi 'malapetaka' ketika rasa gatal itu dari jerawat.

Garukan pada jerawat gatal bukan hanya akan menimbulkan luka, tetapi juga bekas yang permanen. Parahnya lagi memicu infeksi dan gejala jerawat parah karena penyebaran bakteri ke bagian lain dan membuat lebih banyak wabah.

Cara Mencegah Jerawat Gatal

Jika rasa gatal disebabkan setelah jerawat pecah, sebaiknya kamu mencuci jerawat menggunakan sabun ringan yang diperkaya dengan pelembab. Lalu, jaga tangan kamu untuk tetap bersih dan nggak menyentuh area jerawat.

Kulit terasa kering, gatal, dan mengelupas / foto : freepikIlustrasi jerawat gatal. (Foto: freepik.com)/ Foto: aqillah diaz

Hindari pula paparan sinar matahari, sebab rasa panas akan memicu rasa gatal pada kulit. Kamu juga bisa mengoleskan pelembab ringan, seperti gel lidah buaya agar terhindar dari kekeringan, kemerahan, dan peradangan atau menggunakan antihistamin untuk mengontrol sekresi sebum dan mencegah gatal.

Jika kamu merasa rasa gatal tak kunjung mereda, nggak ada salahnya untuk pergi ke dokter untuk mendapat pertolongan. Kendati banyak perawatan untuk mengatasi jerawat gatal, hal yang perlu diingat adalah untuk menjaga kulit tetap lembap, bersih, dan aman dari abrasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id