sign up SIGN UP

Nggak Cuma Skincare, Ternyata Makanan ini Bisa Bantu Perbaiki Skin Barrier yang Bermasalah!

Ni Made Dwi Agustina | Selasa, 16 Nov 2021 11:30 WIB
Nggak Cuma Skincare, Ternyata Makanan ini Bisa Bantu Perbaiki Skin Barrier yang Bermasalah!
caption
Jakarta -

Salah satu faktor yang menentukan kesehatan pada kulit wajah yaitu skin barrier. Skin barrier merupakan lapisan pada kulit wajah yang berfungsi sebagai ‘pertahanan’. Jika ‘pertahanan’ tersebut rusak, maka dapat memicu berbagai permasalahan kulit wajah.

Tidak hanya rutin menggunakan skincare saja, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga dapat memengaruhi skin barrier. Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi untuk skin barrier? Berikut penjelasannya dilansir melalui laman Bustle.

Ikan

Salmon untuk skin barrier
Salmon untuk skin barrier/ sumber: freepik.com/ Racool_studio

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan kulit wajah. Kandungan asam lemak pada ikan, misalnya ikan salmon ini dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit wajah serta memperkuat skin barrier atau jaringan pertahanan kulit. Salah satu cara merawat skin barrier yaitu mengonsumsi ikan satu sampai dua porsi dua kali seminggu.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan untuk skin barrier
Kacang-kacangan untuk skin barrier/ sumber: freepik.com/ freepik

Kacang merupakan sumber makanan sehat yang direkomendasikan sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik. Kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan kulit wajah karena kacang-kacangan mengandung minyak alami, omega-3 serta vitamin E. Kacang-kacangan berfungsi untuk memperkuat skin barrier, meringankan kulit yang iritasi, melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Alpukat

Alpukat untuk skin barrier
Alpukat untuk skin barrier/ sumber: freepik.com/ jcomp

Alpukat banyak mengandung vitamin yang baik untuk kulit wajah, seperti vitamin E, mineral, antioksidan, dan 20 kandungan vitamin lainnya. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kelembapan kulit wajah serta meredakan peradangan sehingga membuat skin barrier menjadi lebih kuat.

Kentang

Kentang untuk skin barrier
Kentang untuk skin barrier/ sumber: freepik.com/ Racool_studio

Salah satu penyebab kerusakan pada skin barrier yaitu kekurangan vitamin A. Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan vitamin A, dimana vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kulit wajah, misalnya memperbaiki skin barrier, menjaga kelembapan kulit wajah, meningkatkan kolagen, dan mencegah kulit kering.

Tiram

Tiram untuk skin barrier
Tiram untuk skin barrier/ sumber: freepik.com/ Racool_studio

Salah satu makanan laut satu ini ternyata memiliki kandungan yang baik untuk kulit wajah. Tiram adalah satu makanan untuk skin barrier karena mengandung asam lemak omega, yang dapat membantu memperbaiki skin barrier dan meningkatkan kolagen pada kulit wajah. Selain itu, tiram juga mengandung zinc yang berfungsi untuk mengatasi jerawat serta peradangan pada kulit wajah lainnya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun untuk skin barrier
Minyak zaitun untuk skin barrier/ sumber: freepik.com/ freepik

Minyak zaitun mengandung vitamin E, lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3. Kandungan pada minyak zaitun tersebut menjadikannya sebagai nutrisi untuk kulit wajah serta menguatkan skin barrier. Minyak yang menyehatkan jantung ini dapat membantu melindungi kulit wajah dari sinar UV dan melindungi dari kondisi kulit seperti kekeringan dan eksim.

Mentimun

Mentimun untuk skin barrier
Mentimun untuk skin barrier/ sumber: freepik.com/ jcomp

Mentimun mengandung vitamin A dan vitamin C, yang keduanya bekerja untuk membantu menenangkan kulit wajah dan mencegah kerusakan skin barrier, termasuk kulit wajah yang dehidrasi. Belum lagi, mentimun mengandung salah satu persentase kandungan air tertinggi, yang dapat membantu kulit tetap terhidrasi. Mentimun juga dikenal sebagai bahan utama dalam masker dan krim pelembap.

Beauties, itulah deretan makanan yang bisa memperbaiki kerusakan pada skin barrier. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id