sign up SIGN UP

SKINCARE

Pakai Skincare, Kok Malah Kusam? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Ayuliy Lestari | Selasa, 23 Feb 2021 10:00 WIB
Pakai Skincare, Kok Malah Kusam? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!
Foto: penyebab kulit wajah kusam/freepik.com

Ladies, pernah enggak sih kamu sudah melakukan perawatan wajah bahkan memakai skincare lengkap dengan kandungan whitening namun bukannya cerah, kamu merasa wajah menjadi lebih kusam?

Padahal memiliki kulit wajah sehat, cerah, bersih dan terawat adalah dambaan setiap perempuan. Tak heran jika kamu pun rela menabung demi mendapatkan skincare yang kamu inginkan.

Namun sangat disayangkan jika pengorbanan kamu berujung sia-sia karena skincare tidak bekerja optimal malah membuat kulit menjadi lebih kusam. Kira-kira apa sih penyebabnya? Simak yuk!

1. Tidak Menggunakan Urutan Skincare dengan Benar

Penyebab kulit wajah menjadi kusam
Skincare routine/Freepik.com

Ketika kamu menggunakan produk skincare lengkap, sebaiknya ketahui secara pasti urutan pemakaiannya. Pada umumnya, rangkaian perawatan dimulai dari yang paling cair hingga yang paling kental. Jangan terbalik, Ladies! Jika itu terjadi, produk yang lebih tebal akan mencegah penyerapan formula yang lebih cair. Akibatnya produk yang kamu gunakan tidak akan bekerja secara maksimal.

Jadi jika kamu merasa kulit wajah semakin kusam padahal sudah memakai skincare, cek lagi urutan pemakaian. Setiap produk juga memiliki step yang berbeda lho! Mungkin saja kamu masih kurang tepat saat memakainya.

2. Salah Memilih Skincare

Penyebab kulit wajah menjadi kusam
Skincare routine/Freepik.com

Terkadang skincare dengan packaging yang lucu dan menarik, membuat kamu ingin membelinya. Terkadang pula, produk perawatan wajah yang diklaim sangat ampuh, membuat kamu penasaran dan juga membelinya. Boleh-boleh saja, Ladies, namun kamu juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Salah satu cara untuk mendapatkan wajah cerah, memang dengan menggunakan skincare. Namun banyak perempuan yang keliru dan menggunakan banyak skincare sekaligus tanpa mengetahui kandungan di dalamnya. Padahal tak semua skincare cocok dengan kulit wajah kamu.

3. Malas Memakai Sunscreen

Penyebab kulit wajah menjadi kusam
Sunscreen/Freepik.com

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah lupa bahkan malas menggunakan sunscreen atau sunblock. Misalnya ketika kamu sedang berada di aktivitas outdoor, mungkin kamu merasa normal-normal saja. Padahal, saat itu wajah kamu sedang terbakar sinar matahari. Kulit wajah tanpa perlindungan tabir surya akan rusak.

Sinar matahari dan polusi adalah salah satu penyebab utama kulit wajah terlihat kusam, Ladies. Jika kamu tidak pernah menggunakan sunblock dijamin kulit wajah akan semakin terlihat tidak cerah. Lebih parahnya, jika terlalu sering terpapar tanpa pelindung, sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit.

4. Jarang Melakukan Eksfoliasi

Penyebab kulit wajah menjadi kusam
Face srub/Freepik.com

Sel kulit mati yang menumpuk juga menjadi penyebab wajah menjadi kusam dan terasa kasar. Eksfoliasi berguna untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati jadi kamu pun perlu rutin melakukannya sesuai anjuran. Karena melakukan eksfoliasi dengan salah juga tidak baik.

Menggosok wajah dengan scrub terlalu keras bisa membuat kulit wajah iritasi dan juga berminyak, bahkan bisa memancing sebum keluar sehingga produksi minyak pun jadi lebih banyak.

5. Pola Makan yang Tidak Sehat

Penyebab kulit wajah menjadi kusam
Healthy food/Freepik.com

Menjaga pola makan tidak hanya mempengaruhi bentuk tubuh namun juga wajah lho! Ketika tubuh tidak ternutrisi dengan baik, kulit wajah pun akan terlihat kusam dan tidak sehat. Jadi jika kamu menginginkan wajah yang cerah dan bersinar, batasi konsumsi garam, makanan yang digoreng dan makanan manis.

Menurut penelitian, asupan makanan manis berlebih bisa menimbulkan banyak minyak dan jerawat. Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak zat antioksidan.

6. Pola Tidur yang tidak Teratur

Penyebab kulit wajah menjadi kusam
Relaxes sleeping/Freepik.com

Terkadang tuntutan pekerjaan atau aktivitas lainnya mengharuskan kamu untuk bangun pagi dan kembali saat larut. Hal ini membuat banyak waktu tidur berkurang. Padahal, waktu tidur memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan dan kecantikan, Ladies.

Saat tidur, sel-sel tubuh akan mengalami regenerasi sehingga sel-sel baru akan mulai aktif. Jika kurang tidur maka proses regenerasi sel akan terhambat, sehingga kulit akan tampak kusam dan tak bercahaya karena pembentukan jaringan sel baru menjadi lambat.

7. Stress Berkepanjangan

Penyebab kulit wajah menjadi kusam
Feeling frustrated/Freepik.com

Jika kamu sudah melakukan berbagai perawatan dengan berbagai macam produk, namun tetap kusam, mungkin masalahnya bukan dari luar atau dalam tubuh, tapi dari apa yang kamu pikirkan. Stres bisa meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit.

Kortisol yang meningkat, membuat respons negatif muncul dan aliran darah menuju ke organ-organ vital, tapi tidak ke wajah, sehingga wajah akan terlihat pucat dan kusam. Sebagai solusi, kamu bisa mencoba melakukan pijat wajah singkat sambil membersihkan wajah atau mengaplikasikan pelembap untuk menstimulasi aliran darah.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa kulit kamu tetap terlihat kusam meskipun sudah memakai produk skincare yang mengandung whitening dan semacamnya. Hati-hati, Ladies!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id