sign up SIGN UP

SKINCARE

Pelajari 5 Cara Memperbaiki Skin Peeling yang Home-Friendly

Cynthia Claudia | Selasa, 08 Jun 2021 12:30 WIB
Pelajari 5 Cara Memperbaiki Skin Peeling yang Home-Friendly
Contoh kulit kering dan peeling/ sumber: pexels.com

Semua dari kita pernah mengalami kondisi kulit yang kering, memerah, perih, bahkan kalau lebih parah bisa sampai mengelupas atau yang biasanya disebut sebagai skin peeling. Sebelum proses pengelupasan terjadi, kulit biasanya juga menunjukkan gejala kemerahan yang meradang dan lama kelamaan terasa kering, perih, dan perlahan mengelupas.

Kalau kita pelajari, pengelupasan kulit wajah merupakan hal yang wajar karena itu tandanya tubuh kita sedang membuang lapisan kulit mati yang ada di wajah dan meregenerasi kulit untuk membentuk lapisan yang baru. Penyebab pengelupasan kulit pun bermacam-macam, mulai dari kulit wajah mengelupas setelah memakai cream atau skincare berbahan dasar tertentu, munculnya alergi makanan maupun debu, efek paparan sinar matahari, dan lain-lain.

Ternyata, cara mengatasi kulit wajah yang kering dan mengelupas bisa dimulai dengan treatment yang tepat lho dari rumah. Tidak perlu mengunjungi klinik kecantikan yang menguras dompet atau menggunakan skincare dengan bahan tertentu. Penasaran dengan caranya? Ikuti cara penanganan pengelupasan kulit secara tepat yang mudah dilakukan di rumah sebagai berikut :

1. Perbaiki Pola Makan

Contoh makanan sehat
Contoh makanan sehat/ sumber: unsplash.com

Memperbaiki pola makan dimulai dari mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah setiap harinya. Kurangi konsumsi makanan manis dan berlemak tinggi. Usahakan olahraga secara rutin agar mempercepat regenerasi kulit. Pastikan segera mandi setelah selesai olahraga agar keringat dan bakteri lainnya tidak menempel di kulit wajah yang dapat mempengaruhi proses penyembuhannya.

Memperbaiki pola makan juga artinya menghidrasi tubuh kita dengan mengonsumsi air mineral yang cukup. Ketika kebutuhan air dalam tubuh sudah terpenuhi, maka proses regenerasi kulit juga lebih cepat.  

2. Jaga Kelembapan Kulit

Melembapkan kulit kering
Melembapkan kulit kering/ sumber: unsplash.com

Lebih sering memakai pelembab setiap hari mampu mempercepat penyembuhan pengelupasan kulit. Pilih pelembab yang diformulasikan untuk kulit kering, yang biasanya mengandung aloe vera, vitamin E,  hyaluronic acid dan lain-lain karena fungsinya mampu menenangkan, mengunci hidrasi kulit, dan memberikan rasa segar serta kenyamanan pada kulit kering.

Aplikasikan pelembab ketika keadaan kulit wajah masih agak basah setelah mandi. Cara ini akan membantu mengunci kadar air dalam kulit sehingga kulit akan tetap lembap dalam jangka waktu yang lama.

3. Rutin Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit
Eksfoliasi kulit/ sumber: unsplash.com

Eksfoliasi tujuannya adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Ladies, kalian bisa coba metode physical exfoliant dengan cara menggunakan scrub berbutir lembut atau chemical exfoliant dengan menggunakan toner berbahan AHA atau BHA.

Sebaiknya eksfoliasi ditekankan pada kulit yang mengelupas tetapi jangan menggosok terlalu keras atau berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi.

4. Kompres Air Dingin

Water Bag Compress
Water Bag Compress/ sumber: lazada.com

Kompres dengan air dingin membantu menenangkan peradangan pada kulit, meredakan rasa sakit karena iritasi dan meningkatkan hidrasi pada kulit yang kering.

Siapkan kain bersih dan basahi dengan air dingin, lalu peras sedikit agar tidak banyak air yang menetes. Lalu, kompres bagian kulit wajah yang mengelupas dan biarkan selama 5-10 menit. Lakukan metode ini 2x sehari.

5. Gunakan Facial Cleanser yang Lembut

Mencuci Muka
Mencuci Muka/ sumber: unsplash.com

Pilih facial cleanser yang fragrance-free, cocok untuk kulit sensitif, bahan dasarnya lembut dan tidak mengandung bahan-bahan aktif yang diformulasikan untuk scrub. Gunakan pembersih yang menekankan pada hidrasi kulit, contohnya yang mengandung glycerin, hyaluronic acid dan ceramide.

Penting untuk diingat ketika ladies mencuci muka, hindari menggunakan air panas karena mampu menghilangkan minyak alami kulit yang fungsinya menjaga kelembapan kulit.

Menurut ladies, apakah ada cara lainnya yang home-friendly dan efektif mempercepat penyembuhan pengelupasan kulit?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id