sign up SIGN UP

SKINCARE

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Leher

tyana | Senin, 27 Jul 2020 15:00 WIB
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Leher
caption

Jerawat tak hanya muncul pada bagian wajah saja. Jerawat juga sering muncul pada bagian leher dan punggung. Walaupun tak begitu mengganggu penampilan, tetapi jerawat ini juga dapat meradang dan menimbulkan nyeri. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penyebab dan cara mengatasi jerawat yang timbul di leher.

1. Penyebab Terjadinya Jerawat di Leher

Penyebab Jerawat di Leher
Ilustrasi Jerawat di Leher/pinterest.com/alprochniak

Sama halnya dengan penyebab jerawat di wajah, jerawat di leher juga disebabkan oleh pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, kulit mati dan kotoran yang kemudian terinfeksi bakteri Propionibacterium acnes. Sumbatan pada pori-pori kulit di bagian leher tak sesering yang terjadi pada bagian wajah.


Hal ini dikarenakan pori-pori kulit leher lebih kecil daripada kulit wajah. Biasanya sumbat terjadi dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan kulit seperti jarang mandi, menggunakan handuk yang kotor, jarang keramas dan menggunakan baju berkerah yang tak menyerap keringat.

Jerawat di leher juga dapat disebabkan oleh kadar hormon yang tidak seimbang. Biasanya terjadi pada usia pubertas ataupun masa menstruasi. Orang yang sedang stress ataupun mengkonsumsi obat tertentu juga dapat menyebabkan jerawat pada area ini.

2. Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Cara mengatasi jerawat di Leher
Ilustrasi Jerawat di Leher/pinterest.com/wuri031080

Jerawat di leher mungkin tak begitu menyebalkan seperti jerawat di wajah, tapi jerawat di bagian ini juga dapat lebih berbahaya dan mengganggu. Hal ini dikarenakan bagian leher merupakan tempat tersembunyi dan tingkat produksi minyaknya lebih banyak.

Tak hanya itu kulit leher yang lebih tebal juga dapat membuat jerawat batu. Oleh karena ini untuk mengatasi permasalahan kulit ini, kita perlu hati-hati. Inilah beberapa cara mengatasi jerawat di leher.

Jaga Kebersihan Leher

Menjaga kebersihan dapat mencegah dan menghilangkan jerawat di leher
Ilustrasi Menjaga Kebersihan/pinterest.com/anastojkovic

Penyebab paling sering terjadinya jerawat di leher karena kurangnya menjaga kebersihan. Oleh karena itu untuk menghilangkan jerawat ini juga kita perlu menjaga kebersihan tubuh seperti mandi dua kali sehari, mengganti baju setiap hari, mengganti handuk dan menggunakan pakaian yang bersih dan menyerap keringat.

Menggunakan Sabun Antibakteri

Sabun antibakteria dapat membantu menghilangkan jerawat di leher
Ilustrasi Antibacteria Soap/pinterest.com/beatricehsieh

Jerawat disebabkan oleh bakteri bernama propionibacterium acnes. Bakteri ini dapat berkembang dan menyumbat folikel kulit sehingga menyebabkan jerawat. Untuk mengatasi permasalahan kulit ini, kita membutuhkan sabun dengan kandungan anti bakteri yang dapat membasmi bakteri satu ini.

Menggunakan Obat Jerawat

Obat jerawat dapat membantu mempercepat penyembuhan
Ilustrasi Skincare anti Jerawat/pinterest.com/abeautyedit

Apabila jerawat sangat mengganggu dan menyebabkan rasa nyeri. Gunakanlah obat jerawat dengan bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, alfa hidroksi (AHA), retinoid, dan niacinamide. Benzoil peroksida merupakan bahan aktif pembunuh bakteri, tak hanya itu kandungan ini juga dapat mengurangi pembengkakan jerawat dan kadar minyak di kulit.

Asam salisilat berfungsi untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat di pori. Bahan ini juga dapat membuat jerawat cepat kering dan hilang. Sedangkan alfa hidroksi (AHA), retinoid, dan niacinamide bermanfaat untuk meredakan jerawat sekaligus membuat jerawat cepat kering.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id