sign up SIGN UP

SKINCARE

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Peeling Sendiri di Rumah

Ranim | Minggu, 14 Jun 2020 15:00 WIB
Perhatikan Hal Berikut Sebelum Peeling Sendiri di Rumah
caption

Pasti banyak sekali dari kalian yang sudah mengenal jenis perawatan kulit yang dikenal dengan sebutan peeling. Peeling dilakukan untuk membuat proses regenerasi kulit lebih cepat dan menggantikan kulit mati dengan yang baru. Proses ini memiliki dua jenis, yaitu yang secara fisik dan dengan menggunakan bahan kimia.

Peeling yang dilakukan secara fisik biasanya menggunakan produk yang mengandung butiran scrub. Sudah banyak ditemukan produk peeling berjenis scrub mulai dari yang mild hingga harsh atau kasar dengan butiran scrub besar. Sedangkan peeling jenis kimiawi biasanya berbentuk cairan, seperti serum dan toner.

Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Peeling? Apakah Aman?Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Peeling? Apakah Aman?/ Foto: beautynesia

Untuk peeling jenis kimia atau biasa dikenal dengan chemical mengandung beberapa bahan seperti AHA, BHA, Salycilic Acid, Lactic Acid, Glycolic Acid, dan acid lainnya. Tentu masih ada banyak bahan lainnya. Produk yang mengandung bahan tersebut juga terdapat dalam face wash dan rangkaian skincare lainnya.


Melakukan peeling tak hanya bisa dilakukan di klinik saja, tetapi kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang pasti membuat kamu enggan untuk facial di klinik. Caranya mudah banget, kok. Tetapi kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini dulu, ya!

Physical Peeling

image
Physical Peeling (source: pexels.com)

Peeling jenis ini adalah yang paling sering dilakukan saat facial di klinik. Meski tak memiliki alat-alat yang ada di klinik, kalian tetap bisa melakukannya. Yang kalian butuhkan juga tak banyak, kok. Cukup sediakan air panas untuk menguap wajah, krim pijat wajah atau bisa langsung mulai peeling menggunakan scrub, kemudian bilas menggunakan air hangat dan gunakan masker untuk menutup pori-pori.

Berikut yang perlu diperhatikan dalam melakukan physical peeling sendiri di rumah adalah

  1. Bersihkan tangan terlebih dahulu supaya kuman dan bakteri yang ada pada tangan tidak berpindah tempat ke wajah.
  2. Gunakan handuk yang lembut dan bersih.
  3. Terpenting saat melakukan scrubbing, usahakan perlahan dan dengan lembut supaya kulit wajah tidak teriritasi.

Peeling ini bisa kamu lakukan seminggu sekali di rumah. Jangan lupa untuk melakukan perawatan setelahnya, ya. Karena kulit yang telah melakukan peeling akan menjadi lebih sensitif.

Chemical Peeling

image
Chemical Peeling (source: pexels.com)

Peeling jenis chemical adalah yang termudah. Kamu tak perlu melakukan ritual seperti yang harus dilakukan pada physical peeling. Chemical peeling bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan toner dan serum. Seperti yang kita ketahui, sudah ada banyak produk yang mengandung bahan-bahan pendukung peeling.

Untuk menggunakan toner dan serum peeling biasanya tak boleh dilakukan setiap hari karena akan membuat kulit menjadi over-exfoliate. Sebaiknya cukup gunakan minimal 2 atau maksimal 3 hari dalam seminggu. Walaupun rasanya tidak seperti di-peeling, namun bahan-bahan seperti AHA, BHA, serta acid lainnya tersebut tetap bekerja pada kulitmu.

Nah, begitulah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan peeling sendiri di rumah.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id