sign up SIGN UP

SKINCARE

Pori-pori Besar Bikin Gak Pede? Tenang, Kamu Bisa Lakukan Hal Ini

Dian Aprilia | Kamis, 01 Apr 2021 18:00 WIB
Pori-pori Besar Bikin Gak Pede? Tenang, Kamu Bisa Lakukan Hal Ini
caption

Pori-pori besar tidak hanya berdampak pada segi estetis saja, tetapi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit lainnya. Pori-pori besar menyebabkan minyak berlebih, alhasil bikin jerawat dan komedo mudah muncul. Selain itu, pori-pori besar juga bisa menyebabkan wajah terlihat kusam dan tidak segar.

Untuk itu permasalahan pori-pori besar di wajah ini tidak boleh disepelekan. Kamu perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasinya dan menjaga agar kulit tetap sehat serta segar. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, sebaiknya ketahui dulu tentang penyebab pori-pori besar.

Penyebab Pori-pori Besar

Pori-pori besar
Pori-pori besar/pexels.com

Kulit Kendur dan Menua

Penuaan juga bisa menjadi penyebab kulit mengendur dan pori-pori wajah membesar. Hal ini bisa disebabkan karena minimnya penggunaan skincare dan kerusakan wajah karena sinar matahari dan berkurangnya kolagen.

Pori-pori Tersumbat

Pori-pori yang tersumbat kotoran, sel kulit mati dan sebum bisa menyebabkan pori-pori menjadi besar. Hal ini bisa terjadi jika kurangnya proses pengelupasan kulit yang membuatnya tertinggal di dalam dan memperbesar ukuran pori-pori. Selain itu, bisa disebabkan juga karena malas mencuci wajah dan membersihkan make up.

Hormon

Pori-pori besar
Pori-pori besar/pexels.com

Momen menstruasi atau menopause ternyata juga bisa menyebabkan ukuran pori-pori wajah membesar. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon selama masa ovulasi yang membuat pori-pori wajah lebih besar.

Genetik

Pori-pori besar ternyata juga dipengaruhi oleh faktor genetik lho. Jadi jika kamu memiliki orang tua dengan pori-pori besar dan berminyak, besar kemungkinan kamu juga akan memiliki kondisi serupa.

Cara Mengatasi Pori-pori Besar

Membersihkan wajah
Membersihkan wajah/pexels.com

Lantas bagaimana cara yang efektif untuk mengecilkan pori-pori dan membuat wajah lebih halus, rata dan juga bersinar?

  • Bersihkan wajah minimal dua kali sehari dan lakukan secara rutin. Gunakan double cleansing agar kotoran, make up dan minyak yang ada di wajah bisa terangkat dengan maksimal.
  • Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung retinol, sebab retinol menjaga pori-pori kulit tetap bersih dan tidak terjadi penyumbatan. Selain itu retinol juga berfungsi mengendalikan produksi minyak dan efektif cegah jerawat dan komedo.
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari agar kulit tidak mudah rusak dan tetap elastis dalam jangka panjang. Oleskan tabir surya secara merata di wajah dan leher setiap hari sebelum keluar rumah.
  • Lakukan eksfoliasi atau scrub wajah secara teratur sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Pastikan untuk menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA.
  • Jaga asupan makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Seperti halnya makan makanan yang sehat untuk kulit dan minum air putih yang cukup.

Itulah penyebab dan cara mengatasi pori-pori besar. Yuk rawat dan lindungi kulitmu agar tetap cantik, segar, awet muda dan juga sehat. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id