sign up SIGN UP

Rontok Itu Wajar, Lakukan 3 Teknik Perawatan Rambut Ini untuk Meminimalkannya!

Febriyani Rahmania | Selasa, 16 Nov 2021 13:50 WIB
Rontok Itu Wajar, Lakukan 3 Teknik Perawatan Rambut Ini untuk Meminimalkannya!
caption
Jakarta -

Setiap orang yang memiliki rambut, niscaya akan merasakan yang namanya kerontokan. Kendati berkonotasi negatif, tetapi kerontokan adalah suatu kewajaran yang bisa terjadi pada siapa saja. Dikutip dari website American Academy Dermatology, kerontokan 50-100 helai per hari pada rambut adalah hal yang normal.

Bagi orang yang berambut tebal mungkin hal ini tidak berpengaruh banyak, sebaliknya, bagi orang-orang berambut tipis, kerontokan akan jadi hal yang mengkhawatirkan. Di samping hal yang normal, rambut rontok ini bisa muncul karena alasan lain.

Dikutip dari Bustle, Sunnie Brook, seorang penata rambut di Amerika Serikat mengungkapkan dua penyebab utama, yaitu kerusakan dan kekeringan. "Ketika rambut kering, rapuh, dan rusak, itu rentan terhadap kerusakan, yang sering kali menyebabkan rambut rontok," kata Brook kepada Bustle.

rambut pendekIlustrasi rambut rontok dan jabrik. (Foto:pexels.com/cottonbro)

Rambut yang rusak dan kering nggak hanya bikin rontok, beberapa kasus juga menyebabkan rambut statis atau rambut jabrik sehingga tampilan jadi nggak OK. Lantas, bagaimana mengatasinya? Simak tips perawatan rambut berikut ini.

Tetap Terhidrasi

Menurut Brook, menjaga kelembapan adalah harga mati dari sebuah perawatan rambut. Sampo dan kondisioner dengan pH yang tepat adalah dua hal dasar yang bisa menjagamu dari kekeringan. "Jaga rambut kamu tetap lembab dan terkondisi dengan kondisioner tanpa bilas dan masker rambut," katanya kepada Bustle.

Kiat mengatasi rambut mengembang setelah keramasIlustrasi rambut rontok. (Foto: Freepik.com/Proimage) / Foto: Ayuliy Lestari

Selain itu, perhatikan frekuensi keramas. Menurut Brook, cobalah keramas lebih jarang dan pijat sampo ke kulit kepala. "Sampo diciptakan untuk membersihkan kulit kepala," kata Mark Townsend, seorang penata rambut lainnya.

Hindari Styling

Urusan rambut nggak hanya sekadar keramas dan menyisir. Sebagian orang juga melakukan styling untuk mendapat bentuk rambut yang diinginkan. Namun, styling dengan alat panas bukan ide yang baik untuk mengurangi kerontokan.

RambutIlustrasi rambut rontok. (Foto: freepik.com) / Foto: Wandha Kusuma

"Hindari penataan panas sebisa mungkin, meskipun tergoda untuk melakukannya, mengistirahatkan rambut dari panas itu dapat membantu meminimalkan kerusakan dari waktu ke waktu," kata Brook.

Teknik Menyisir

Kamu juga bisa mengurangi kerusakan rambut yang menyebabkan rambut jabrik dengan teknik menyisir, menurut Townsend. "Ambil sikat seukuran sikat gigi dengan bulu alami atau poliester, semprotkan hairspray langsung ke atasnya, lalu sikat rambut jigrak ke bawah," katanya kepada Bustle.

Sisir Rambut Sebelum KeramasIlustrasi rambut rontok. (Foto: freepik.com) / Foto: Ratih Dewi

Namun, kalau rambutmu keriting, Townsend menyarankan untuk menghindari hairspray berkomposisi alkohol. Sebaiknya, gunakan losion atau gel yang bersifat melembapkan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id