sign up SIGN UP

SKINCARE

Rosehip Oil, Kandungan Skincare yang Kaya Akan Manfaat

ira syafira | Senin, 03 May 2021 19:30 WIB
Rosehip Oil, Kandungan Skincare yang Kaya Akan Manfaat
caption
Jakarta -

Rosehip oil menjadi salah satu kandungan skincare yang populer dibanding kandungan minyak alami yang lain. Kandungan dari rosehip oil ini memiliki manfaat yang sangat beragam, bahkan beberapa jarang diketahui oleh orang, lho.

Kandungan ini dikenal juga dengan nama rosehip seed oil, yaitu minyak yang berasal dari biji rose hips atau buah yang tertinggal setelah mawar berbunga dan kelopaknya gugur. Benih kelopak mawar ini sebagian besar tumbuh di negara Chili. Rosehip oil sudah dikenal sejak zaman kuno, karena manfaat penyembuhannya yang hebat. 

Kaya akan anti-oksidan, fatty acids yang baik untuk kulit, penggunaan rosehip oil menjadi salah satu kandungan yang paling dicari dalam skincare karena segudang manfaatnya. Penasaran apa saja manfaat yang akan kamu dapat dari rosehip oil? Yuk, kita simak bersama!

Mencegah Penuaan Kulit

foto: Mencegah penuaan kulit/freepik.com
foto: Mencegah penuaan kulit/freepik.com

Manfaat satu ini merupakan incaran yang paling dicari dari penggunaan rosehip oil. Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi membuat rosehip oil ini menjadi bahan skincare yang ampuh untuk mencegah penuaan.

Aktivitas antioksidan dari vitamin C mampu melindungi dan memperbaiki kerusakan akibat sinar UV, serta membantu mengurangi kerutan. Selain itu, ada sebuah karetanoid yang merupakan senyawa mirip vitamin A, dimana ia mampu mengatur pergantian kulit dan mudah terserap hingga ke dalam lapisan kulit. sehingga, warna kulitmu akan lebih cerah merata.

Ampuh Melembapkan Kulit Secara Alami

foto: Melembapkan kulit/freepik.com
foto: Melembapkan kulit/freepik.com

Kulit kering dan iritasi seringkali menjadi dua masalah yang sangat menggangu untuk perempuan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa gunakan rosehip oil secara teratur.

Rosehip oil mengandung asam lemak essensial termasuk asam linoleate dan linolenat yang berguna untuk mengsidrasi kulit. Kedua kandungan tersebut menjadikan rosehip oil ini sebagai pilihan yang tepat untuk melembapkan kulit kering dan gatal. Berkat khasiatnya yang mampu melembapkan kulit, rosehip oil dapat dengan mudah meredakan iritasi kulit, bahkan kondisi kulit seperti eczema dan rosacea sekalipun.

Membantu Memperbaiki Bekas Luka

foto: Memperbaiki bekas luka/freepik.com
foto: Memperbaiki bekas luka/freepik.com

Jika dilihat dari kemampuannya dalam proses regenerasi kulit, rosehip oil ternyata juga dikenal memiliki manfaat untuk membantu proses penyembuhan luka.

Berdasarkan penelitian, khasiat rosehip oil untuk memperbaiki luka dibantu oleh peran transretinoic acid, yang merupakan komponen dengan kemampuan anti-inflamasi, dimana ia mendorong kerja sel-sel kulit dalam proses regenerasi. Selain itu, rosehip oil juga menstimulasi makrofag bergeser ke bentuk penyembuhan yang lebih baik.

Mengurangi Hiperpigmentasi

foto: Mengurangi hiperpigmentasi/freepik.com
foto: Mengurangi hiperpigmentasi/freepik.com

Hiperpigmentasi merupakan bentuk munculnya bintik hitam atau bercak pada kulit. Biasanya hiperpigmentasi ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, di antaranya paparan sinar matahari, obat-obatan tertentu, atau perubahan hormonal.

Disini, kandungan vitamin A yang masuk dalam retinoid pada rosehip oil dapat mengurangi gejala hiperpigmentasi tersebut. Bahkan, selain menghilangkan bercak, rosehip oil juga menghilangkan tanda-tanda penuaan lain jika kamu menggunakannya dengan teratur. Minyak ini akan mempercepat pematangan dan pergantian sel yang menghasilkan efek mencerahkan secara menyeluruh.

Mengatasi Jerawat dan Mengangkat Sel Kulit Mati

Foto: Atasi jerawat dan sel kulit mati/freepik.com
Foto: Atasi jerawat dan sel kulit mati/freepik.com

Rosehip oil mengandung retinoid, atau senyawa turunan vitamin A yang baik untuk mengurangi jerawat. Penelitian mengungkapkan, krim herbal alami yang berbahan dasar rosehip oil akan efektif mengurangi tampilan jerawat.

Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin A dan C dalam minyak ini yang bisa bekerja maksimal untuk mendorong pergantian sel kulit mati. Dimana sel kulit mati yang biasanya tertimbun ini bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat, bukan?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id