sign up SIGN UP

Seberapa Sering dan Kapan Sebaiknya Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah? Ini Kata Ahli

Raudiya Nurfadilah H | Sabtu, 18 Sep 2021 18:00 WIB
Seberapa Sering dan Kapan Sebaiknya Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah? Ini Kata Ahli
caption

Eksfoliasi wajah merupakan salah satu cara perawatan yang bertujuan mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menempel pada wajah. Eksfoliasi penting dilakukan karena kulit wajah akan tampak lebih halus dan cerah, tetapi salah satu kesalahan perawatan kulit paling umum dilakukan oleh orang-orang yakni melakukannya secara berlebihan. Lalu kapan dan seberapa sering kita sebaiknya melakukan eksfoliasi wajah?

Sebelumnya, kita harus memahami pentingnya eksfoliasi terlebih dahulu. Dr. Annie Gonzalez, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dengan Riverchase Dermatology di Miami, As, menjelaskan bahwa eksfoliasi dapat bermanfaat untuk mengurangi komedo, meratakan tekstur kulit dengan mengikis sel-sel kulit mati, membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, dan melembapkan kulit.

“Eksfoliasi bisa melawan pertumbuhan jerawat, mengurangi pigmentasi, menghilangkan bekas jerawat dan meminimalkan munculnya kerusakan akibat sinar matahari,” ujar dr. Gonzales dikutip dari The Healthy.

Seberapa Sering Melakukan Eskfoliasi Wajah?

Kulit setiap orang berbeda dan eksfoliasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Kulit Normal

Eksfoliasi wajah dilakukan bergantung jenis kulit
Eksfoliasi wajah dilakukan bergantung jenis kulit/ Foto: Freepik/ Senivpetro

Jika kamu memiliki kulit yang normal, maka eksfoliasi dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Namun tetap untuk memerhatikan bagaimana reaksi di kulit wajahmu dan sesuaikan frekuensi eksfoliasi.

Kulit Kering atau Sensitif

Dr. Gonzalez menyarankan bagi pemilik kulit kering dan sensitif untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 2 kali seminggu.

“Bagi mereka yang memiliki kulit mering dan sensitif, melakukan eksfoliasi setiap hari bukanlah ide yang baik, karena bisa membuat kulit menjadi gelap dan dapat menghilangkan minyak alami” katanya.

Minyak alami pada wajah justru bisa menjaga dan melembapkan kulit, terhidrasi, mengurangi munculnya noda dan jerawat. Bagi yang memiliki kulit sensitif, eksfoliasi yang berlebihan dapat menyebabkan ruam dan kemerahan, menyebabkan seperti luka bakar, dan meningkatkan sensitivitas.

Kulit Berminyak atau Berjerawat

Eksfoliasi bagi kulit berminyak atau berjerawat sebanyak 2-3 kali seminggu
Eksfoliasi bagi kulit berminyak atau berjerawat sebanyak 2-3 kali seminggu/ Foto: Freepik/ Gpointstudio

Dr. Gonzalez merekomendasikan eksfoliasi dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak atau berjerawat, namun bagi beberapa orang mungkin bisa mentolerir eksfoliasi sehingga bisa lebih sering dilakukan.

“Mengangkat sel kulit mati itu penting karena menghasilkan minyak berlebih pada kulit yang menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat,” ujarnya

Kulit Kombinasi

Untuk kulit kombinasi, saran dr. Gonzales hampir sama dengan kulit sensitif yakni sekitar 2 kali dalam seminggu.

“Ini dapat membantu menjaga kulit tetap halus, bercahaya, dan bebas jerawat tanpa eksfoliasi kulit wajah berlebihan,” katanya.

Beauties, ada dua jenis eksfoliasi yang sering dilakukan yaitu secara fisik dan kimia. Menurut dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai mengatakan bahwa eksfoliasi secara fisik yakni menggunakan partikel berpasir untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

“Pengelupasan kimia menggunakan asam hidroksi untuk membantu melarutkan hubungan antara sel-sel kulit mati sehingga mereka dapat lebih mudah diaplikasikan,” ujarnya yang dikutip dari Healthline.

Waktu untuk Melakukan Eksfoliasi

Untuk waktu yang sebaiknya dilakukan eksfoliasi, sebenarnya bergantung pada jenis kulit pada setiap orang dan tujuan mengapa kamu harus melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi di Pagi Hari

Eksfoliasi bisa dilakukan pada pagi hari
Eksfoliasi bisa dilakukan pada pagi hari/ Foto: Freepik/ Gpointstudio

Eksfoliasi di pagi hari sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Dikutip dari New Woman India, karena pada waktu tersebut dapat mengurangi penumpukan sel kulit mati, membuat wajah menjadi lebih cerah, serta dapat memberi waktu pada kulit untuk bereaksi terhadap robekan dan pengelupasan.

Eksfoliasi di Malam Hari

Eksfoliasi bisa dilakukan pada malam hari
Eksfoliasi bisa dilakukan pada malam hari/ Foto: Freepik/ Senivpetro

Pada malam hari dapat memungkinkan produk kaya nutrisi untuk menyerap ke dalam kulit, menyerap vitamin dan antioksidan jauh ke dalam kulit, dapat membantu mengangkat kotoran yang menumpuk di kulit akibat dari krim siang, makeup, polusi dan keringat.

Jadi, Beauties, melakukan eksfoliasi pada malam atau pagi hari sama baiknya karena hal tersebut menyesuaikan kebutuhan dan jenis kulitmu, yang penting kamu tidak melakukan eksfoliasi setiap hari yang bisa berakibat buruk bagi kulit.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id