sign up SIGN UP

Sudah Terlanjur Over Exfoliating, 4 Cara Memperbaiki Kulit Agar Kembali Baik dan Sehat Ini Bisa Kamu Lakukan

Dimitrie Hardjo | Senin, 23 Aug 2021 22:00 WIB
Sudah Terlanjur Over Exfoliating, 4 Cara Memperbaiki Kulit Agar Kembali Baik dan Sehat Ini Bisa Kamu Lakukan
caption

Eksfoliasi memang merupakan bagian rutinitas skincare yang tidak boleh terlewatkan. Namun, perlu diperhatikan frekuensinya karena jika dilakukan berlebihan, dapat membahayakan kulit karena akan merusak skin barrier.

Idealnya, eksfoliasi wajah dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, membantu mempercepat proses regenerasi kulit, serta mencerahkan kulit. Jadi, jika kamu mengalami tanda-tanda eksfoliasi berlebihan atau over exfoliating seperti yang akan dijelaskan pada artikel ini, kamu perlu melakukan tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.

Nah, ketahui lebih lanjut seperti apa over exfoliating di bawah ini yuk!

Tanda-Tanda Over Exfoliating

Tanda-tanda kulit yang over exfoliating/
Tanda-tanda kulit rusak akibat over exfoliating/ Foto: freepik.com

Kulit yang terlalu sering dieksfoliasi akan menunjukkan tanda-tanda tertentu yang perlu diwaspadai. Tanda-tanda seperti iritasi, timbul rasa perih dan terbakar, berwarna kemerahan dan terjadinya inflamasi rentan muncul saat kamu over exfoliating.

Selain itu, kulit juga akan semakin sensitif terhadap produk lain karena skin barrier sudah rusak akibat eksfoliasi. Akibatnya, jerawat-jerawat kecil atau breakout pun mungkin terjadi. Oleh karena itu, mulai melakukan eksfoliasi dengan moderasi ya, Beauties!

Bagaimana Jika Terlanjur Over Exfoliating?

Melansir Female Daily, inilah yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit yang mengalami over exfoliating.

1. Hentikan Eksfoliasi untuk Sementara Waktu

Hentikan eksfoliasi physical dan chemical/
Hentikan eksfoliasi physical dan chemical/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Karena permasalahan kulit disebabkan oleh eksfoliasi, sudah sewajarnya kamu perlu menghentikan eksfoliasi, baik dalam bentuk physical maupun chemical, hingga kulit benar-benar pulih. Selain itu, kamu juga perlu menghindari produk-produk dengan kandungan aktif seperti retinol.

2. Gunakan Produk Khusus Kulit Sensitif

Bukan cuma menghindari eksfoliasi, kamu perlu mengganti rutinitas skincare kamu menjadi basic skincare dan menggunakan produk-produk yang gentle di kulit atau ramah di kulit sensitif. Hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi yang terjadi semakin parah. Berikan waktu hingga kurang lebih satu bulan dengan rutinitas ini agar kulit kembali normal.

3. Gunakan Produk Pelembap yang Fragrance Free

Menggunakan pelembap fragrance free/
Menggunakan pelembap fragrance free/ Foto: freepik.com/pressfoto

Menjaga kelembapan akan membantu kulit untuk kembali seperti sediakala. Karenanya, pelembap harus selalu dikenakan. Carilah pelembap yang aman di kulit sensitif, fragrance free, serta bersifat menenangkan untuk memperbaiki kondisi kulit. Kamu juga bisa menggunakan pelembap bersifat emolien agar kadar air dalam kulit tetap terjaga dan kulit senantiasa terhidrasi.

4. Berikan Kelembapan Ekstra pada Kulit

Langkah terkahir yang dapat dilakukan adalah memberikan kelembapan ekstra dengan menggunakan face mist, Beauties! Face mist yang aman digunakan untuk kulit sensitif, tanpa mengandung parfum dan alkohol, tapi dapat memberikan ekstra hidrasi akan cocok digunakan saat proses healing.

Itulah tanda kulit over exfoliating dan langkah pengobatan yang bisa kamu lakukan, Beauties. Semoga bermanfaat!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id