sign up SIGN UP

Sering Diabaikan Bahkan Dilupakan! Kenalan Lebih Dalam dengan Eksfoliasi yang Kaya Manfaat

Raistamala Nediasani | Minggu, 22 Aug 2021 06:15 WIB
Sering Diabaikan Bahkan Dilupakan! Kenalan Lebih Dalam dengan Eksfoliasi yang Kaya Manfaat
caption

Beauties, pernahkah mendengar tentang eksfoliasi wajah? Eksfoliasi adalah suatu bagian penting dari proses perawatan kulit, termasuk wajah dan tubuh. Tanpa adanya eksfoliasi, perawatan yang kalian lakukan akan sia-sia karena proses peremajaan yang tidak maksimal.

Apa Itu Eksfoliasi?

meremajakan kuit dengan eksfoliasi
Eksfoliasi sebagai cara peremajaan kulit/Foto: Unsplash/Amplitude Magazin

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit mati agar sel kulit baru bisa regenerasi. Jika tidak dilakukan pembersihan, sel kulit mati akan menumpuk di permukaan karena manusia memproduksi kurang lebih 500 juta sel kulit setiap hari. Penumpukan sel kulit mati ini akan menghambat peremajaan.

Eksfoliasi seharusnya dilakukan ke seluruh bagian tubuh. Untuk bagian tubuh lain seperti tumit dan siku, Beauties bisa menggunakan beragam cara seperti scrub, sikat lembut, loofah, enzim hingga acids. Namun khusus untuk wajah, gunakan alat yang lebih lembut seperti enzim atau acids untuk eksfoliasi karena kulit wajah cenderung lebih sensitif.

Manfaat Eksfoliasi

Eksfoliasi mempunyai beragam manfaat untuk kulit. Inilah beragam manfaat yang akan kalian dapat jika rajin melakukan eksfoliasi.

  • Meremajakan kulit
  • Membantu penyerapan skincare
  • Mencegah jerawat
  • Membersihkan pori-pori dan mencegah komedo
  • Menjadikan kulit lebih cerah dan glowing

Jenis Eksfoliasi

salah satu jenis eksfoliasi, menggunakan bahan kimia
Eksfoliasi dengan bahan kimia /Foto: Unsplash/ Christin Hume

Secara garis besar, eksfoliasi dibagi menjadi 3 jenis. Berikut adalah jenis-jenis eksfoliasi yang umum digunakan.

1. Eksfoliasi Fisik

Eksfoliasi jenis ini menggunakan alat eksfoliator dengan permukaan yang tidak rata seperti scrub, sikat halus, loofah, shower puff, dan lain sebagainya. Namun jika kalian memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya jangan menggunakan metode ini ya.

2. Eksfoliasi Kimia

Pada metode ini, eksfoliasi dilakukan menggunakan cairan kimia yang telah diformulasikan agar aman untuk kulit wajah misalnya Acids seperti AHA, BHA dan PHA. Acids sendiri bekerja dengan cara menyatu dengan lipid di lapisan kulit terluar, lalu meluruhkannya sehingga sel yang mati bisa terlepas. Acids bertugas menjadi lem pengikat sel kulit mati lalu meluruhkannya.

3. Eksfoliasi Enzim

Metode ini adalah metode eksfoliasi yang paling lembut, sangat cocok dengan kulit sensitif. Cara kerja enzim ini mirip dengan acids, hanya saja kerjanya lebih lambat jika dibanding dengan acids. Enzim yang digunakan biasanya berasal dari bahan-bahan alami seperti buah papaya dan nanas.

Frekuensi Eksfoliasi Wajah

Setelah kita tahu manfaat dan jenis eksfoliasi, lalu seberapa seringkah kita dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi wajah? eksfoliasi disarankan dilakukan 1-2 kali seminggu. Untuk kulit normal dan kombinasi, bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. Pilihlah alat eksfoliasi yang tepat berdasarkan jenis kulit kalian ya Beauties! Untuk kulit sensitif, cukup gunakan bahan-bahan alami karena lebih aman untuk kulit kalian. 

Meskipun eksfoliasi ini penting untuk peremajaan kulit, tapi jangan dilakukan secara berlebihan ya Beauties. Eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan akan menyapu minyak alami dari kulit sehingga rawan timbulnya jerawat. Eksfoliasi berlebihan juga akan mengakibatkan iritasi pada wajah karena lapisan kulit teratas akan terkikis sebelum pulih.

Cara Eksfoliasi Wajah

Rajin melakukan eksfoliasi akan membuat kulit lebih cerah
ilustrasi peremajaan kulit /Foto: Unsplash/ Nojan Namdar

Berikut adalah cara eksfoliasi yang benar dan umum digunakan untuk wajah. Bisa di coba ya, Beauties!

  • Bersihkan kulit wajah dengan pembersih dan sabun sebelum melakukan eksfoliasi.
  • Lakukan eksfoliasi di malam hari jika kalian seharian menggunakan makeup.
  • Lakukan eksfoliasi di pagi hari jika kalian merasa kusam saat bangun tidur.
  • Oleskan hydrating toner dan moisturizer saat selesai melakukan eksfoliasi karena selama proses eksfoliasi , kelembapan kulit akan terkikis.
  • Jika kalian melakukan eksfoliasi di pagi hari, jangan lupa aplikasikan juga tabir surya untuk melindungi kulit kalian dari paparan sinar matahari.

Nah Beauties, sekarang sudah paham kan bagaimana pentingnya proses eksfoliasi untuk kulit kita terutama wajah? Perawatan yang kalian akan sia-sia tanpa adanya eksfoliasi. Yuk rajin eksfoliasi Beauties, supaya kulit kita bisa cerah maksimal.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id