sign up SIGN UP

SKINCARE

Sugar Wax Aman Hilangkan Bulu? Inilah Faktanya!

Fahira mahza | Jumat, 01 Jan 2021 21:00 WIB
Sugar Wax Aman Hilangkan Bulu? Inilah Faktanya!
caption
Jakarta -

Waxing adalah salah satu cara menghilangkan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut hingga ke akarnya. Berbagai produk waxing berupa cream ditawarkan untuk mempermudah proses pencabutan bulu.

Salah satu produk waxing yang cukup terkenal dan banyak digunakan ialah sugar wax. Sugar wax merupakan pasta gula yang dibuat secara alami untuk mencabut bulu hingga ke akarnya. Dibandingkan dengan waxing konvensional, sugar wax memiliki beberapa keunggulan terutama dari efek yang ditinggalkan.

Bebas bahan kimia karena terbuat dari bahan alami

terbuat dari bahan alami
natural ingredients/foto: freepik.com

Pasta gula ini terbuat dari 100% bahan alami tanpa campuran kimia. Biasanya bahan yang digunakan berupa campuran gula, lemon dan air bisa juga ditambahkan madu atau essential oil untuk memberi aroma.

Karena terbuat dari bahan-bahan alami maka sugar wax aman digunakan untuk kulit sensitif karena kecil kemungkinan menyebabkan iritasi. Berbeda dengan waxing konvensional yang mengandung pengawet, parfum maupun pewarna yang dapat menimbulkan iritasi.

Tidak terlalu menimbulkan rasa sakit

tidak menimbulkan rasa sakit
waxing nyaman/foto: freepik.com

Produk waxing biasanya memiliki daya rekat yang sangat tinggi sehingga ketika diaplikasikan berpotensi untuk mengangkat bulu bahkan kulit. Namun, sugar wax hanya menempel di sel kulit mati dan batang rambut sehingga saat dicabut tidak akan terlalu sakit. Penggunaan sugar wax juga meminimalisir kulit memerah atau bahkan terluka.

Meminimalisir tumbuhnya ingrown hair

ingrown hair
ingrown hair/foto: freepik.com

Jika biasanya rambut tumbuh ke arah luar maka berbeda dengan ingrown hair yang tumbuh ke arah dalam. Ingrow hair dapat menyebabkan nyeri, peradangan bahkan muncul benjolan-benjolan kecil di sekitar area yang baru saja dicabut atau dicukur. Hal ini bisa terjadi karena mencukur terlalu pendek ataupun setelah melakukan waxing dengan teknik yang kurang tepat.

Jika melakukan waxing ke arah berlawanan maka bisa membuat rambut patah di dalam kulit dan menimbulkan ingrown hair. Namun, teknik waxing dengan sugar wax sangat aman karena harus mencabut searah dengan rambut tumbuh.

Tidak menimbulkan efek terbakar

konsistensi sugar wax
konsistensi sugar wax/foto: freepik.com

Dalam menggunakan waxing konvensional biasanya waxing harus dipanaskan terlebih dahulu sehingga suhu waxing terlalu panas dan saat diaplikasikan ke kulit menimbulkan efek terbakar. Berbeda dengan sugar wax yang tidak harus dipanaskan terlebih dulu, yang paling penting adalah adonan sugar wax cukup kental dan dapat dibaurkan dengan mudah. Tentunya sugar wax tidak akan menimbulkan rasa terbakar yang menyakitkan saat digunakan.

Bulu yang tumbuh tidak terlalu lebat dan lembut

bulu yang tumbuh lebih halus
bulu halus tumbuh/foto: freepik.com

Folikel akan berhenti sementara dalam menumbuhkan rambut-rambut baru setelah melakukan waxing. Karena itu setelah kamu melakukan waxing dengan sugar wax maka rambut baru yang tumbuh ukurannya cenderung lebih kecil, lembut halus dan tidak terlalu lebat. Jika rutin menggunakan sugar wax maka kemungkinan rambut tumbuh semakin halus.

Menggunakan sugar wax untuk menghilangkan bulu terbukti aman digunakan asalkan penggunaannya sesuai dengan aturan dan anjurannya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id