sign up SIGN UP

Supaya Nggak Buang Duit, Ini Tips Memilih Sunscreen yang Cocok Sesuai Tipe Kulit Wajah

Risma Oktaviani | Sabtu, 09 Oct 2021 06:15 WIB
Supaya Nggak Buang Duit, Ini Tips Memilih Sunscreen yang Cocok Sesuai Tipe Kulit Wajah
caption

Sepertinya sebagian besar dari kita sudah mengetahui seberapa penting menggunakan sunscreen untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari saat kamu beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan sunscreen melindungi kulit kamu dari radiasi sinar UV, seperti UVA dan UVB.

Nah, papan sinar UV tersebut dapat memberikan efek buruk bagi kondisi kulit kamu, baik dalam jangka pendek seperti sunburn, kulit kusam, kulit gelap, maupun dalam jangka panjang seperti munculnya tanda-tanda penuaan hingga risiko kanker kulit. 

Penggunaan sunscreen sangat penting terlepas dari apapun warna kulitmu dan apapun jenis kulit kamu. Oleh karena itu, melalui ulasan ini kamu bisa mencari tahu sunscreen yang bagus untuk semua jenis kulit, terutama yang cocok untuk kulit kamu sendiri saat ini.

Kulit Normal

kulit normal
kulit normal / freepik.com / dianagrytsku

Salah satu keuntungan dari memiliki kondisi kulit yang normal adalah mudahnya untuk memilih produk skin care, salah satunya sunscreen, karena tipe kulit normal mudah untuk beradaptasi dengan kandungan, tekstur, ataupun hal lainnya yang ada di dalam produk tersebut. Kamu bisa memilih mineral sunscreen atau chemical sunscreen dalam bentuk lotion yang merupakan pilihan yang paling tepat karena mampu memberikan kelembaban yang sesuai.

Nggak bikin kulit kamu kering ataupun membuat kulit kamu berminyak. Meskipun begitu, karena kulit normal memiliki privilege dibanding tipe kulit lainnya, kamu juga bebas untuk menggunakan sunscreen dengan tekstur gel maupun krim.

Kulit Berminyak dan Berjerawat

kulit berminyak & berjerawat
kulit berminyak & berjerawat / freepik.com / wayhomestudio

Orang dengan kulit berminyak harus memilih formula ringan dan mattifying yang akan menyerap minyak berlebih sepanjang hari. Pilih yang matte finish agar kulitmu nggak terlihat berminyak setelah mengaplikasikan sunscreen.

Selain itu, kulit berjerawat harus memilih sunscreen yang mempunyai formula bebas minyak untuk menghindari pori-pori tersumbat. Selain itu, jenis sunscreen gel atau yang mempunyai formula berbasis semprotan cenderung nggak menyebabkan iritasi pada kulit kamu karena formulasinya ringan berbasis air.

Kulit Kering dan Sensitif

kulit kering & sensitif
kulit kering & sensitif / 100percentpure

Jika kamu memiliki jenis kulit kering, sangat penting untuk memilih sunscreen yang menawarkan kelembaban yang cukup untuk kulit kamu. Jenis kulit ini lebih cenderung teriritasi oleh bahan kimia keras apa pun sehingga lebih baik menggunakan sunscreen yang lebih ringan seperti physical sunscreen yang mengandung seng oksida dan titanium dioksida karena cenderung nggak menimbulkan reaksi.

Hindari penggunaan sunscreen yang mengandung alkohol, parfum, paraben, atau oxybenzone karena dapat menyebabkan ruam kulit dan iritasi pada kulit sensitif.

Kulit Kombinasi

kulit kombinasi
kulit kombinasi / freepik.com / rawpixels

Memilih sunscreen untuk tipe kulit kombinasi mungkin bisa dibilang nggak mudah. Kamu mungkin harus mencoba beberapa jenis sunscreen sebelum mendapatkan yang terbaik bagi kulit kamu.

Bagaimanapun, kulit kombinasi adalah perpaduan beberapa jenis kulit yang membutuhkan perhatian lebih. Namun, yang terpenting kamu harus memilih sunscreen non-comedogenic karena kulit kombinasi biasanya bermasalah dengan komedo, terutama di bagian yang berminyak. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id