sign up SIGN UP

SKINCARE

Ternyata Ada 4 Jenis Mata Panda, Penyebab dan Cara Mengatasinya Juga Berbeda Lho!

Fahira mahza | Senin, 22 Feb 2021 21:00 WIB
Ternyata Ada 4 Jenis Mata Panda, Penyebab dan Cara Mengatasinya Juga Berbeda Lho!
jenis mata panda dan cara mnegatasinya/ foto: freepik.com
Jakarta -

Pernahkah kamu mendengar istilah mata panda? Istilah ini digunakan untuk menggambarkan keadaan mata yang kurang fit karena terdapat lingkaran hitam di sekitar area mata yang menyebabkan mata nampak seperti mata seekor panda. Kondisi ini tentunya membuat penampilan terlihat kurang menarik karena wajah terkesan letih dan kusam.

Mata panda bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari istirahat yang kurang, gaya hidup hingga paparan sinar UV dan polusi. Hal-hal tersebut membuat sirkulasi darah di sekitar area mata terhambat dan meningkatkan pigmen yang menyebabkan mata menggelap. Kamu sebaiknya mengetahui berbagai jenis mata panda agar tepat dalam mengatasinya. 

Deep Shadows 

Deep Shadows
Deep Shadows/foto: medium.com

Deep Shadows merupakan keadaan lingkar mata yang nampak menggelap namun sebenarnya keadaan ini tak jadi masalah. Deep Shadows biasanya dialami oleh para pelaku diet yang menyebabkan lemak di wajah khususnya di area mata berkurang sehingga menghasilkan cekungan di antara mata dengan pipi dan warnanya menjadi lebih gelap. Untuk mengatasi kondisi ini gunakanlah produk yang mengandung Retinol serta serum dengan kandungan Hyaluronat agar mata tetap terhidrasi. 

Reddish Circles

Reddish Circles
Reddish Circles/foto: pinterest.com

Lingkaran mata berwarna merah keunguan atau biasa disebut Reddish Circles ini biasanya terjadi karena faktor umur, genetik maupun kondisi kesehatan menurun. Jika kamu memiliki warna kulit yang terang biasanya lingkaran kemerahan ini akan lebih nampak.

Apabila kondisi ini disebabkan oleh faktor umur kamu bisa menggunakan krim mata yang mengandung retinol karena mampu menyamarkan pembuluh darah. Namun jika terjadi akibat kondisi kesehatan menurun seperti sedang flu atau demam kamu cukup mengompres mata dengan air dingin dan istirahat yang cukup. 

Blueish Circles 

Blueish Circles
Blueish Circles/foto: pinterest.com

Apakah kamu mengalami lingkar mata berwarna kebiruan? Selain karena usia lanjut, hal ini bisa saja terjadi karena gaya hidupmu yang kurang sehat loh! Warna kebiruan di bawah mata menunjukkan bahwa tubuh kurang istirahat, reaksi alergi maupun stress. Area mata kurang mendapat asupan oksigen sehingga pembuluh darah membeku dan menjadikan kulit berwarna kebiruan.

Untuk mengatasinya cobalah untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat dan jangan lupa perbanyak minum air putih. Kamu juga bisa memijat areamata agar sirkulasi darah lancar. 

Brownish Black Circles

Brownish Black Circles
Brownish Black Circles/foto: mdlasercosmetic.com

Brownish Black Circles biasanya dialami oleh orang yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan dan rentan terpapar sinar matahari. Selain itu kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik juga dapat menimbulkan kondisi ini seperti tidak bersih menghapus make up, sering mengucek mata dan kurang mengkonsumsi air putih. Hal-hal ini menyebabkan mata mudah menggelap akibat bahan kimia yang tersisa dari make up serta kulit mata mengendur akibat gesekan saat mengucek mata.

Cara mengatasi Brownish Black Circles yaitu biasakanlah menggunakan sunscreen hingga bawah mata, rajin konsumsi air putih, gunakan krim mata kaya antioksidan dan selalu membersihkan wajah secara menyeluruh.

Beberapa jenis mata panda tersebut bisa saja kamu alami jika gaya hidupmu kurang sehat serta adanya faktor usia maupun genetik. Karena itu rawatlah area matamu sejak dini agar wajah nampak sehat berseri. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id