sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Merawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa

diah zaenab | Sabtu, 11 Jun 2016 05:00 WIB
Tips Merawat Bibir Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa
caption
Bibir kering hingga pecah-pecah kerap kali dialami oleh kita saat sedang berpuasa. Hal ini tentu membuat kita tidak nyaman, kan? Terlebih jika sampai meradang. Tak hanya terlihat kurang menarik, tetapi juga akan terasa sangat perih ketika tersenyum. Namun, hal ini tidak boleh dijadikan alasan puasa kita menjadi terganggu, lho. Ada cara yang bisa kita lakukan untuk merawat bibir yang kering disaat puasa. Mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Banyak Minum Air Putih


Minum air putih merupakan hal paling mudah yang bisa dilakukan untuk merawat dan mencegah bibir kering. Kekeringan pada bibir atau pada kulit sekalipun bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Terlebih saat puasa, kita tidak bisa memasukkan apapun ke dalam mulut. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh saat berbuka dan sahur.
Foto: https://bkpd.jabarprov.go.id/tujuh-waktu-paling-tepat-untuk-minum-air-putih/

2. Eksfoliasi


Lakukan ekfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Kamu dapat menggunakan bahan alami seperti gula pasir dan madu. Gosokkan secara perlahan dan lembut pada bibir lalu bersihkan dengan air. Gula pasir berfungsi sebagai scrub alami dan madu memiliki khasiat untuk melembabkan bibir. Selain itu, untuk perawatan tambahan sebaiknya oleskan madu setiap malam menjelang tidur dan bilas saat bangun tidur. Jangan lakukan eksfoliasi jika bibir kering dan pecah-pecah sangat parah.
Foto: https://www.girlsallaround.com/8-lipstick-mistakes/

3. Gunakan Lip Balm


Lip balm merupakan produk wajib untuk mencegah ataupun merawat bibir kering dan bisa kamu gunakan kapan saja bibir terasa kering. Agar mudah dibawa dan diaplikasikan dimana saja dan kapan saja, pilihlah lip balm yang berbentuk stik sehingga kamu bisa langsung mengaplikasikan pada bibir tanpa menyentuhnya terlebih dulu. Salah satu lip balm dengan bentuk stik yaitu Super Nourishing Lip Balm dari Sephora Collection.
Foto: https://www.sephora.co.id/products/sephora-collection-super-mouristurizing-lip-balm
Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 107,000 di Sephora Indonesia.

4. Timun


Selain madu, kamu juga bisa merawat bibir agar tetap halus dan terhindar dari kekeringan menggunakan bahan alami seperti timun. Caranya, iris timun lalu tempelkan pada bibir dengan sedikit ditekan. Timun dapat membantu melembabkan bibir dan membuat bibir terasa lebih halus lho! Ingat, airnya jangan ditelan agar tidak membatalkan puasa, ya.
Foto: https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/kiat-memilih-timun-tanpa-rasa-pahit.html

5. Hindari Membasahi Bibir Dengan Air Liur


Hal yang satu ini mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Namun, hal ini sebenarnya tidak dianjurkan. Mengapa? Karena didalam air liur atau ludah terdapat enzim yang dapat membuat bibir bertambah kering. Oleh karena itu, mulai sekarang hilangkan kebiasaan menjilat bibir saat terasa kering. Lebih baik ambil lip balm lalu oleskan pada bibir.
Foto: https://www.alodokter.com/menjilat-bibir-bukanlah-cara-melembabkan-bibir-yang-benar
Semoga bermanfaat!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id