sign up SIGN UP

Viral Keramas Pakai Sampo Dicampur Bubuk Kopi Bisa Atasi Rambut Rontok, Ini Pendapat Ahli

Fina Prichilia | Kamis, 07 Oct 2021 20:02 WIB
Viral Keramas Pakai Sampo Dicampur Bubuk Kopi Bisa Atasi Rambut Rontok, Ini Pendapat Ahli
caption
Jakarta -

Sempat ramai di media sosial terkait kopi yang bisa mengatasi rambut rontok. Caranya hanya dengan mencampur sampo dengan bubuk kopi lalu dipakai untuk keramas seperti biasa.

Tetapi, benar nggak sih kopi bisa untuk hal itu? Bahkan dikatakan juga bahwa jumlah rambut yang rontok pun berkurang drastis lho, Beauties!

Benarkah Kopi memang Bisa Atasi Rambut Rontok?

Bubuk kopiBubuk kopi/Foto: Freepik.com/

Sebelumnya, perlu diketahui dulu penyebab dari rambut rontok. Yakni asupan nutrisi yang tidak seimbang, lagi mengalami penyakit atau kondisi medis tertentu, juga perawatan rambut yang tidak tepat.

Menurut ahli, yakni dokter spesialis kulit dan kelamin, Eddy Karta, dari kopi itu sendiri rupanya memang bisa membantu atasi rambut rontok lho, Beauties. Namun rupanya bila kerontokan masih pada kasus yang ringan.

"Pada kasus ringan aplikasi kopi pada kulit kepala yang nama populernya coffee hair mask dapat menutrisi folikel rambut, memblok kerja hormon DHT (dihidrotestosteron) yang menyebabkan rambut rapuh dan meningkatkan aliran darah dan nutrisi yang menyehatkan rambut, semua dikarenakan kandungan zat caffeine," jelas Eddy via pesan singkat, Selasa (5/10), dikutip dari CNN Indonesia.

Fungsi all in one pada produk hair mask akan membantu kamu dalam memulihkan kesehatan rambut setelah bleaching.Ilustrasi Memakai Hair Mask/Freepik.com

Dilansir dari laman Healthline, rupanya kafein pada kopi punya manfaat buat rambut. Di antaranya bikin rambut jadi berkilau, mengembalikan pertumbuhan rambut hingga mengatasi uban.

Alih-alih kopi bubuk, menurut dr. Eddy, kopi cair lebih baik karena lebih mudah meresap ke kulit kepala. Namun untuk mengoptimalkan penyerapan, gunakanlah bersama konditioner, bukan sampo.

Perawatan ini cocok kamu terapkan sebagai bagian dari self care lho juga, Beauties, terlepas dari kondisi rambut yang tergolong rontok atau bukan.

Caranya dikutip dari Healthline sebagai berikut:

- Tuang kopi yang sudah diseduh ke dalam botol semprot

- Cuci rambut, lalu semprot air kopi ke rambut dan pijat selama beberapa menit. Diamkan kira-kira 20 menit

- Kamu dapat mencampurkan air kopi tadi dengan konditioner, supaya rambut lebih berkilau

- Bilas sampai bersih.

Selamat mencoba, Beauties! Hitung-hitung buat ide self care kamu ya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id