sign up SIGN UP

Wajib Tahu! Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bikin Rambut Rusak

Wandha Kusuma | Rabu, 18 Aug 2021 22:45 WIB
Wajib Tahu! Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bikin Rambut Rusak
caption
Jakarta -

Perawatan bagian tubuh yang tak kalah penting adalah rambut. Beauties pasti sudah rutin keramas, kan? Walaupun sudah rajin tapi masih ditemui kondisi rambut rusak. Dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan ternyata bisa memicu kerusakan rambut lho, apa saja ya?

Keramas dengan Air yang Terlalu Panas

Keramas
Keramas dengan air hangat/sumber: freepik.com

Keramas menggunakan air hangat dikatakan cukup baik untuk kesehatan rambut. Soalnya, air hangat membantu membuka kutikula dan pori-pori rambut. Tapi, kalau terlalu panas malah bisa membuatmu rusak. Hal ini dikarenakan air panas membuat akar rambut rusak dan lama kelamaan bisa kering, patah, dan mudah rontok.

Jadi, gunakan air hangat suam kuku kalau kamu ingin menggunakan air yang tidak dingin. Keramas dengan air hangat di awal untuk membuka pori-pori, dan bilas menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori juga tidak ada salahnya dicoba, Beauties!

Tidak Menggunakan Shampoo yang Tepat

Memilih shampoo yang tepat untuk rambutMemilih shampoo yang tepat untuk rambut/ Foto: pinterest.com

Setiap rambut memiliki kondisi dan masalah masing-masing. Terutama untuk kamu yang mempunyai masalah rambut seperti rontok, ketombe, dan sebagainya gunakan shampoo yang sesuai.

Kalau kamu menggunakan shampoo yang tidak sesuai, masalah rambutmu tidak akan terselesaikan. Bisa jadi malah membuat masalah baru untuk rambutmu. Jadi, perhatikan baik-baik shampoo yang kamu gunakan ya!

Styling Saat Rambut Basah

Rambut
Styling rambut/sumber: freepik.com

Styling rambut seperti mengeringkan, meluruskan, keriting, dan sebagainya tidak baik dilakukan terlalu sering, lho. Suhu panas dari alat bisa membuat rambutmu kering dan kerap di ujung batang rambut bercabang.

Agar tak membuatmu rambut rusak, sebaiknya styling rambut saat setengah kering. Jangan lupa gunakan vitamin rambut, ini menjadi cara mengatasi rambut kering. Selain itu, rutin maenggunakan masker rambut agar sehat dan ternutrisi.

Terlalu Sering Keramas

Keramas
Terlalu sering keramas/sumber: freepik.com

Keramas memang membuat rambut menjadi bersih, kotoran akan terangkat dan wanginya segar. Sayangnya, jika hal ini dilakukan terlalu sering bisa menyebabkan rambut rusak. Minyak alami pada rambut juga akan ikut terangkat saat kamu keramas.

Minyak alami pada rambut berfungsi melembapkan rambut, jika terlalu sering keramas rambutmu bisa kering.

Jika kebiasaan-kebiasaan itu sering kamu lakukan, cara merawat rambut rusak adalah  gunakan produk perawatan rambut sesuai keluhan yang kamu miliki. Rajin menggunakan conditioner, masker rambut, dan vitamin akan membantu menyehatkan kembali rambutmu yang rusak!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id