sign up SIGN UP

LIFE

Berencana ke Solo? 5 Rekomendasi Tempat Wisata ini Wajib Kamu Kunjungi

Shinta Nikmah | Sabtu, 09 Jan 2021 08:00 WIB
Berencana ke Solo? 5 Rekomendasi Tempat Wisata ini Wajib Kamu Kunjungi
caption

Kota Solo terkenal sebagai kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia. Bayangkan saja, dengan uang 10.000 kamu bisa jajan dengan kenyang di kota ini. Tak heran kampung halaman Presiden ini menarik banyak wisatawan dari seluruh penjuru negeri bahkan luar negeri.

Tak hanya kulinernya, kamu juga bisa mengunjungi berbagai objek wisata dan wisata belanja di Solo dengan moda transportasi yang mudah ditemukan. Kira-kira objek wisata apa saja yang wajib didatangi ketika berkunjung ke Solo ya?

Pasar Klewer

Pasar Klewer
Pasar Klewer/ Foto: pinterest.com/Margaretha Evelin Asmara

Batik menjadi salah satu ikon Solo yang cukup terkenal. Kota kelahiran Presiden Jokowi ini memang memiliki wisata belanja yang identik dengan busana batik. Kamu bisa mengunjungi Pasar Klewer yang merupakan pasar dengan komoditas utama pakaian batik terbesar di Solo.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai harga, karena batik yang dijual di sini dijamin murah-murah. Apalagi jika kamu memborong batik dengan harga grosir, pasti akan dapat harga yang lebih murah lagi.

Model batik yang ditawarkan pun terdiri dari beragam motif dan model. Jadi kamu tidak perlu khawatir kelihatan kuno karena memakai batik sebab banyak tersedia batik dengan cutting yang lebih modern dan lucu.

Kampung Batik Laweyan

Kampung
Kampung Batik Laweyan/ Foto: jarrakonline.com

Nah, masih belum move on dari batik, kita pindah ke Kampung Batik Laweyan. Kampung Batik Laweyan adalah kampung wisata yang berisi rumah produksi pengerjaan batik. Di sini juga banyak rumah produksi batik yang menyewakan penginapan.

Jadi selain mendapatkan tempat menginap, kamu juga bisa melihat langsung proses pengerjaan batik mulai dari awal sampai akhir. Di Kampung Batik Laweyan juga banyak butik yang menjual berbagai busana batik dengan motif dan cutting yang lebih berkualitas dan modern. Tapi soal harga jangan disamakan dengan batik yang dijual di pasar ya.

Pasar Gede

Pasar Gede
Pasar Gede Solo/ Foto: pinterest.com/Achmad Faizal M.

Jika kamu ingin traveling dengan mengeksplorasi objek yang masih tradisional, maka kamu bisa mengunjungi Pasar Gede. Sesuai dengan namanya, pasar ini berukuran sangat luas dan menjadi pasar paling besar di Solo.

Pasar Gede menjadi tempat bernaung para pedagang dengan aneka macam barang dagangan seperti makanan dan minuman tradisional, sayur, buah, dan masih banyak lagi. Biasanya banyak yang berkunjung ke Pasar Gede untuk hunting makanan tradisional yang sudah jarang ditemukan seperti brambang asem dan lenjongan. Pokoknya kalau kamu traveling ke Solo, wajib banget mampir ke Pasar Gede.

Keraton Surakarta

Keraton
Keraton Solo/ Foto: pinterest.com/azwisata.com

Solo merupakan kota dengan budaya Jawa yang masih kental. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya keraton yang ada di tengah kota dan menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung.

Keraton Surakarta merupakan bangunan yang pada tahun 1774 dan menyimpan banyak sejarah. Keraton ini berupa kompleks yang terdiri dari Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kedaton, serta Kamagangan. Masing-masing area memiliki fungsi tersendiri termasuk sebagai museum dan penyimpanan barang-barang peninggalan keraton terdahulu.

Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro
Ngarsopuro Night Market/ Foto: pinterest.com/gemza.my.id

Sesuai dengan namanya, Ngarsopuro Night Market adalah pasar malam yang terletak di daerah Ngarsopuro, atau tepatnya di sebelah selatan Pura Mangkunegaran. Kamu bisa menikmati berjalan-jalan di dalam pasar malam sambil mencicipi kuliner yang khas dan beraneka ragam dengan harga yang sangat terjangkau dan rasa yang lezat.

Tak hanya memanjakan lidah, kamu juga bisa berbelanja baju dan aksesori di sini lho. Tempat ini juga sangat terkenal sebagai tempat nongkrong anak muda yang menghabiskan malam bersama teman untuk sekedar wedangan alias membeli minum atau makanan di angkringan.

Galabo Solo

Galabo
Galabo Solo/ Foto: pinterest.com/gemza.my.id

Seusai puas berbelanja batik, pasti kamu ingin memanjakan lidah dengan mencicipi kuliner khas Solo kan?  Nah, di seberang Beteng Trade Centre (BTC) yang merupakan pusat belanja kain terbesar di Kota Solo, kamu bisa menemukan Galabo Solo yang merupakan shelter-shelter tempat para pedagang menjajakan kuliner khas Solo.

Buka mulai pukul 17.00 hingga tengah malam, Galabo Solo memiliki sekitar 50 stand yang mejajakan berbagai jenis makanan. Kamu bisa mencoba nasi liwet, gudeg, sate kere, dan berbagai jenis makanan lainnya. Tak hanya itu, minuman yang dijual pun sangat khas, seperti wedang ronde, susu murni, jahe gepuk, dan lain-lain. Menarik bukan? 

Ingat jangan lupa dimanapun untuk selalu patuhi protokol kesehatan ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id