sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Cara Menikmati Waktu Bersama Pasangan Setelah Punya Anak

Rumaysha Milhania | Minggu, 11 Apr 2021 11:30 WIB
5 Cara Menikmati Waktu Bersama Pasangan Setelah Punya Anak
caption

Kita terkadang lupa untuk memperhatikan relationship dengan pasangan setelah memiliki anak. Padahal, memelihara hubungan itu sama pentingnya dengan mengasuh bayi karena itu akan membuat kalian tetap merasakan kebersamaan. Dengan begitu, kamu juga akan memberikan suasana keluarga yang lebih kompak dan harmonis.

Ini sangat baik untuk menciptakan rumah yang aman dan tentram untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan setelah punya anak. 

Saat si kecil lahir, sangat wajar jika para orangtua baru akan mencurahkan begitu banyak cinta pada si kecil.
Keluarga kecil/ Sumber: Freepik.com

1. Luangkan waktu bersama pasangan setiap hari

Luangkan setidaknya beberapa menit bersama setiap hari. Secangkir kopi pagi atau meluangkan waktu makan malam berdua akan memberi kamu kesempatan untuk bisa saling memberikan perhatian. Ini juga akan membuka ruang untuk saling berbicara dan mengungkapkan isi hati setelah kehadiran anak.

2. Tunjukkan kasih sayang lebih sering

Tunjukkan kasih sayang dengan bebas dan sering. Berikan ciuman dan pelukan untuk menunjukkan cinta yang lebih besar. Ini sangat penting mengingat kamu dan pasangan mungkin sangat kewalahan dengan kehadiran bayi baru lahir. Ini juga bisa kamu sesuaikan dengan bahasa cinta yang kamu miliki dengan pasangan. Pastikan untuk selalu mengungkapkan kasih sayang dan cinta sesuai dengan bahasa cinta kalian berdua.

Tunjukkan kasih sayang dengan bebas dan sering. Berikan ciuman dan pelukan untuk menunjukkan cinta yang lebih besar.
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

3. Sempatkan "couple time" untuk waktu berdua

Sempatkan "couple time" yang dapat membuat kamu dan pasanganmu bisa menikmati hubungan kalian berdua tanpa gangguan dari tangisan dan jeritan bayi. Tidak ada salahnya untuk membayar pengasuh untuk menjaga di kecil saat kamu ingin keluar untuk makan malam, nonton film, atau bahkan berjalan-jalan santai. Jika kamu tidak berani meninggalkan si kecil dengan orang lain, kamu bisa menghabiskan waktu di rumah berdua dengan monton film saat si kecil sudah tidur.

4. Jadikan pasanganmu prioritas

Biarkan pasangan kamu menjadi pusat perhatianmu. Kecuali jika ada masalah keamanan, si kecil dapat menunggu sebentar saat kamu selesai dengan urusanmu bersama pasangan kamu. Anak juga dapat belajar bersabar dan menghargai kedua orangtuanya. Ingat, menjadikan pasanganmu prioritas adalah hal mendasar untuk bisa menjaga kewarasan kamu dengan pasangan saat hadirnya bayi di tengah-tengah hubungan kalian.

Biarkan pasangan kamu menjadi pusat perhatianmu. Kecuali jika ada masalah keamanan, si kecil dapat menunggu sebentar saat kamu selesai dengan urusanmu bersama pasangan kamu.
Setelah melahirkan/ Sumber: Freepik.com

5. Perbaiki komunikasi untuk keterbukaan yang lebih baik

Terakhir, ingatlah bahwa komunikasi adalah kunci utama menuju keintiman dan keharmonisan hubungan. Jika kamu merasa kesepian, tidak diinginkan, kesal, atau apapun, bicarakan dengan pasangan sebelum emosi menjadi memuncak dan menimbulkan konflik. Utarakan semua isi hatimu dan kegundahan yang kamu rasakan untuk membuat kamu dan pasangan menjadi lebih bisa memahami satu sama lain di tengah hiruk-pikuk mengurus buah hati.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membangun kembali hubungan yang harmonis dengan pasangan setelah hadirnya anak. Ingatlah bahwa hubungan orangtua yang baik sangat penting untuk kebahagiaan anak saat tumbuh dan berkembang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id