sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tingkatkan Kualitas Hubungan Pernikahan dengan Teknik Komunikasi Ini

Rumaysha Milhania | Senin, 05 Apr 2021 20:00 WIB
Tingkatkan Kualitas Hubungan Pernikahan dengan Teknik Komunikasi Ini
Komunikasi suami istri/ Sumber: Freepik.com

Komunikasi adalah dasar pernikahan yang sehat. Begitulah cara kamu dan pasangan terhubung, berbagi pemikiran dan pandangan, dan menyelesaikan perselisihan. Keterampilan komunikasi dalam hubungan memang tidak mudah bagi semua orang.

Beberapa pasangan harus melatih teknik komunikasi mereka selama bertahun-tahun. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka akan dapat berbicara secara terbuka dan jujur ​​satu sama lain.

Komunikasi adalah dasar pernikahan yang sehat.
Komunikasi Suami Istri/ Sumber: Freepik.com

Tidak peduli seberapa dekat hubunganmu dan pasanganmu saat ini, selalu ada ruang untuk memperkuat dan menumbuhkan hubunganmu dengan membangun komunikasi yang baik.

1. Berikan perhatian penuh pada pasangan

Jangan mengirim pesan unutk berbicara. Sangat penting bagi pasangan untuk mencurahkan isi hati, pikiran, hingga menceritakan lelucon atau mengungkapkan rahasia keluarga yang mendalam dengan rutin.

Singkirkan teknologi yang mengganggu, matikan televisi, dan fokuskan pikiran pada pasanganmu. Ini akan menunjukkan kepada mereka bahwa kamu peduli dengan apa yang mereka katakan. Mengangguk dan mempertahankan kontak mata adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada pasangan kamu bahwa kamu mendengarkan dan menyimak.

2. Jangan memotong pasangan saat ia bicara

Menyela pembicaraan adalah cara tercepat untuk memunculkan pertengkaran. Saat berkomunikasi dengan pasangan, penting bagi kedua belah pihak untuk merasa bahwa mereka memiliki kesempatan untuk berbicara dan didengarkan. Terkadang mungkin kamu sangat ingin untuk menjawab ucapan pasanganmu yang salah. Namun, bersabarlah dan berikan ia waktu untuk menyelesaikan omongannya. 

 

Berkomunikasi tidak selalu mudah bagi pasangan muda.
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

3. Ciptakan ruang netral

Berkomunikasi tidak selalu mudah. Terkadang ini akan menyebabkan perdebatan yang tidak ada habisnya dan berlarut-larut. Namun, hal ini tidak bisa dibiarkan karena masalah akan mengganggu hidupmu setiap waktu dan setiap saat. Cobalah untuk menyepakati ruang netral untuk menghindari perdebatan yang tidak ada habisnya.

Buatlah lokasi khusus untuk kamu membicarakan permasalahan dengan baik sehingga perdebatan bisa disituasikan lebih nyaman dan fokus. Sebagai contoh, hindari berdebat atau berdiskusi serius di meja makan karena itu adalah tempat anggota keluarga untuk bersantai dan menikmati makanan.

4. Bicaralah secara langsung

Salah satu keterampilan komunikasi terbaik dalam hubungan yang dapat kamu lakukan adalah selalu berbicara tentang topik penting secara langsung. Mengirim SMS atau pesan singkat bukan cara terbaik untuk melakukan percakapan yang serius, apalagi untuk membuat keputusan besar. Ini penting karena pembicaraan serius membutuhkan informasi tambahan dari nada suara dan ekspresi wajah untuk menghindari kesalahpahaman.

Salah satu keterampilan komunikasi terbaik dalam hubungan yang dapat kamu lakukan adalah selalu berbicara tentang topik penting secara langsung.
Komunikasi Suami Istri/ Sumber: Freepik.com

5. Jujurlah dengan pasangan

Jujur tidak selalu mudah, tetapi itu adalah kunci hubungan yang sehat. Pastikan apa yang kamu ungkapkan dan komunikasikan dengan pasanganmu adalah hal yang benar dan apa adanya. Bersikap jujur ​​berarti memberi tahu pasanganmu ketika kamu merasa ada masalah yang perlu dibicarakan. Ini juga berarti mengakui kesalahan dan meminta maaf saat membuat alasan. Kejujuran tidak hanya membantu membina komunikasi terbuka yang tulus antara kamu dan pasangan, tetapi juga membantu membangun kepercayaan.

Nah, itulah beberapa hal penting dalam berkomunikasi yang harus kamu perhatikan agar pasanganmu lebih merasa dihargai. Ini juga penting untuk membuat hubunganmu dengan pasangan terjaga dengan baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id