sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

6 Cara Komunikasi yang Baik untuk Pasangan Baru Menikah

Intan Dwi | Selasa, 04 May 2021 20:00 WIB
6 Cara Komunikasi yang Baik untuk Pasangan Baru Menikah
caption

Kehidupan pernikahan tidaklah semudah yang seperti kamu pikirkan, mungkin akan ada satu-persatu masalah yang akan kamu dan pasangan hadapi. Salah satunya adalah komunikasi, karena mungkin kalian belum tahu bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan pasanagan kamu tentang banyak hal.

Komunikasi dalam pernikahan sangat penting, karena kalian tinggal di rumah yang sama, tidur di ranjang yang sama dan berbagi hari setiap hari. Karena itu kamu harus mengetahui cara-cara dalam berkomunikasi, agar tidak timbul kesalahpahaman dan masalah lainnya yang lebih serius.

Berikut ini ada enam cara komunikasi yang bisa kamu lakukan dalam hubungan pernikahan kamu.

Ciptakan rasa aman

Jadilah tempat yang aman bagi pasangan kamu untuk berlindung, jaga baik-baik pasangan kamu dan  lihat apa yang terjadi ketika kamu melakukannya.
Ciptakan rasa aman/freepik.com

Apa pun dapat dibagikan jika lingkungan untuk berbagi aman, termasuk dalam hubungan pernikahan. Tidak adanya komunikasi seringkali dianggap sebagai tanda ketakutan dalam hubungan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk tidak pernah menggunakan kata-kata pasangan kamu untuk melawannya dan bersumpah untuk mencintai, melindungi dan menyayangi.

Jadilah tempat yang aman bagi pasangan kamu untuk berlindung, jaga baik-baik pasangan kamu dan  lihat apa yang terjadi ketika kamu melakukannya.

Jadi pendengar yang baik

Mendengarkan pasangan sedang berbicara bukanlah permainan, itu adalah sebuah misi pembelajaran dalam pernikahan.
Jadi pendengar yang baik/freepik.com

Mendengarkan pasangan sedang berbicara bukanlah permainan, itu adalah sebuah misi pembelajaran dalam pernikahan. Kamu mencari informasi yang akan membantu kamu untuk mengenal dan mencintai pasangan kamu lebih dekat.

Kamu bisa dengarkan dengan tenang, dengarkan dengan penuh kasih dan dengarkan tanpa menghakimi. Jangan menimpa atau menerkam, bahkan komentar yang menenangkan dapat memberikan mereka kepercayaan pada keamanan saat kalian berbicara

Kalau kamu tidak tahu cara membuat pasangan kamu berkomunikasi dengan kamu, berusahalah menjadi pendengar yang baik. Jika tidak, nanti pasangan kamu memberi kerentanan mereka dalam hubungan. Jadi jagalah dengan hati-hati, belajar dan bersyukur.

Waktu adalah segalanya

Jika ingin komunikasi kalian berhasil, maka salah satu dari kalian harus mengaturnya dengan mencari topik yang ringan. Perimbangkanlah satu sama lain dan pilih waktu yang sesuai untuk setiap topik.
Waktu adalah segalanya/freepik.com

Jangan membahas topik yang berat ketika kalian berdua sedang merasa lelah. karena itu akan menjadi perbincangan yang membosankan. Jika ingin komunikasi kalian berhasil, maka salah satu dari kalian harus mengaturnya dengan mencari topik yang ringan. Pertimbangkanlah satu sama lain dan pilih waktu yang sesuai untuk setiap topik.

Jadilah pasangan yang kamu inginkan

Menyadari pentingnya komunikasi mengarah pada keterampilan komunikasi yang sehat dan baik dalam semua hubungan kamu.
Jadilah pasangan yang kamu inginkan/freepik.com

Kamu bisa contohkan perilaku yang kamu inginkan dari pasangan kamu, asumsikan resiko menjadi orang pertama yang melakukan hal yang benar. Ucapkan bahasa cinta pasangan kamu, atur hubungan kamu agar berhasil dengan hanya mengharapkan diri kamu sendiri dan mempercayai pasangan kamu untuk merespon dengan cara yang sama.

Menyadari pentingnya komunikasi mengarah pada keterampilan komunikasi yang sehat dan baik dalam semua hubungan kamu. Prioritaskan komunikasi yang sehat, karena itu dapat menemukan kembali bahkan menyelamatkan pernikahan kamu.

Jujur tentang keinginan kamu

Tetapi kalau kamu merasa tidak bisa mendapatkan potensi pernikahan karena komunikasi yang buruk, penting untuk jujur tentang kebutuhan dan keinginan kamu.
Jujur tentang keinginan kamu/freepik.com

Apakah kamu benar-benar ingin pasangan kamu berbicara lebih banyak atau lebih banyak mendengarkan? Kalau iya, komunikasi yang baik dan efektif adalah adanya timbal balik yang sehat dari keduanya.

Tetapi kalau kamu merasa tidak bisa mendapatkan potensi pernikahan karena komunikasi yang buruk, penting untuk jujur tentang kebutuhan dan keinginan kamu. Jika wanita yang mengeluh karena suaminya tidak mau berbicara, sering kali mereka ingin suaminya mendengarkan mereka.

Tidak hanya sebatas mendengarkan masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri, tetapi mendengarkan dengan hati.

Rangkul perbedaan kalian

Kalian bisa bercanda sepanjang hari tentang betapa berbedanya wanita dan pria, tetapi jika kalian tidak belajar dari perbedaan dan menerapkannya, kalian hanya membuang-buang waktu.
Rangkullah perbedaan kalian/freepik.com

Kalian bisa bercanda sepanjang hari tentang betapa berbedanya wanita dan pria, tetapi jika kalian tidak belajar dari perbedaan dan menerapkannya, kalian hanya membuang-buang waktu. Dalam hal komunikasi, pria dan wanita tidak hanya memiliki gaya yang berbeda tetapi juga kebutuhan yang berbeda.

Biasanya wanita mendambakan empati, sedangkan pria mendambakan rasa hormat. Gaya komunikasi merekalah yang mencerminkan perbedaan tersebut. Jika duduk bertatap muka menciptakan ketegangan, kalian bisa duduk berdampingan dan bergiliran dalam percakapan.

Mungkin dengan begitu kalian berdua akan merasa lebih nyaman, yang penting adalah kalian masing-masing berusaha memahami satu sama lain. Pelajari bahasa cinta pasangan kamu dan ucapkanlah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id