sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ambil Pelajaran Ini di Tahun Pertama Pernikahan Agar Hubungan Tetap Harmonis

Astari Dewi Larasati | Selasa, 09 Feb 2021 19:00 WIB
Ambil Pelajaran Ini di Tahun Pertama Pernikahan Agar Hubungan Tetap Harmonis
caption
Jakarta -

Banyak orang beranggapan bahwa menikah adalah akhir yang bahagia. Sebaliknya, pernikahan merupakan tahap kehidupan selanjutnya. Bahkan bagi pengantin baru, tahun pertama pernikahan akan banyak cobaan. Ada saja kejadian dan pikiran yang menimbulkan perselisihan karena tidak sejalan.

Permasalahan tidak hanya datang antara pasangan tapi juga dari luar hubungan. Namun, pasangan diharapkan bisa mempertahankan rumah tangga hingga ajal menjemput. Karena waktu sulit akan cepat berlalu dan hubungan bisa harmonis kembali. Ambil pelajaran yang bisa dipetik dari tahun pertama pernikahan ini.

Komunikasi adalah kunci

Dalam suatu hubungan harmonis mempunyai komunikasi yang baik.
Freepik.com

Mungkin terdengar klise, tapi dalam suatu hubungan harmonis mempunyai komunikasi yang baik. Jika pasangan sedang mengalami perselisihan, coba komunikasikan secara dua arah. Jangan ada yang disembunyikan dan bicara terus terang. Pasangan yang baik akan mencoba mendengarkan lalu intropeksi diri. Hal yang harus diingat adalah jangan saling menyalahkan dan menuduh sembarangan.

Salah satu memegang kendali

Salah satu harus bertindak dan mengambil alih.
Freepik.com

Dalam tahun pertama pernikahan, wajar apabila salah satu pasangan memegang kendali. Namun, itu tidak berarti satu orang tersebut memegang kendali sepanjang waktu. Biasanya ketika ada permasalahan, salah satu harus bertindak dan mengambil alih. Jadi memastikan hubungan tetap berada di jalan yang benar. Selain itu, hal ini disebabkan oleh sifat dan karakter seseorang yang berbeda tiap individunya.

Merupakan hal sakral

Menikah merupakan hal sakral yang tidak bisa dianggap mudah.
Freepik.com

Saat memutuskan menikah dengan seseorang yang dicintai, kalian perlu menerima pasangan apa adanya seumur hidup. Karena menikah merupakan hal sakral yang tidak bisa dianggap mudah. Tetapkan segala aturan dasar dalam rumah tangga sehingga anggota keluarga bisa hidup secara teratur.

Jika ada yang melanggar bisa berikan hukuman agar menciptakan efek jera. Lalu berikan rasa hormat satu sama lain serta jaga privacy hubungan. Jangan sampai orang lain tahu mengenai permasalahan rumah tangga.

Tiap orang punya sifat dan kebiasaan berbeda

Pasangan tidak ragu menunjukan sisi barunya yang kelihatan aneh dan tidak biasa.
Freepik.com

Ketika pacaran mungkin kalian melihat pasangan sebagai orang luar biasa dan sempurna. Tapi akan berbeda ketika sudah menikah nanti. Pasangan tidak ragu menunjukkan sisi barunya yang kelihatan aneh dan tidak biasa. Sebagai pasangan yang baik coba terima ada adanya karena setiap orang mempunyai sifat dan kebiasaan berbeda. Namun apabila tidak bisa ditoleransi, bisa berikan kritikan yang membangun dan cari solusi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id