sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Gagal Menikah Muda? Jangan Sedih, Ini 4 Keuntungan Menikah di Usia Matang

Ade Irma Suryani | Selasa, 01 Dec 2020 14:30 WIB
Gagal Menikah Muda? Jangan Sedih, Ini 4 Keuntungan Menikah di Usia Matang
caption
Jakarta -

Tidak sedikit orang-orang yang berkeinginan untuk menikah muda. Menikah di usia muda sendiri terkadang sering dianggap jauh lebih menguntungkan dibandingkan menikah di akhir usia 20-an hingga memasuki awal 30-an. 

Padahal setiap orang masing-masing memiliki waktu yang tepat untuk menikah. Setiap sesuatu tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, bagi kamu merasa gagal menikah di usia muda, ketahuilah bahwa menikah di usia matang juga memiliki keuntungan. Seperti berikut ini.

 

Sudah Mampu Berpikir Lebih Dewasa

Di usia matang, rata-rata banyak orang telah mampu berpikir lebih dewasa.
Berpikir Dewasa/freepik.com

Kebanyakan orang di usia matang, yakni sekitar 28-32 tahun sudah mampu berpikir lebih dewasa. Rata-rata di usia tersebut seseorang telah mampu menilai atau memilih pasangan hidup secara bijak. Tidak hanya berdasarkan dari ketertarikan fisik semata, tetapi jauh lebih penting dari itu. 

Selain itu, di rentang usia tersebut biasanya seseorang akan dihadapkan untuk berpikir secara matang dalam mengambil langkah atau keputusan pada suatu hubungan. Hal ini tentunya akan menghindari dari melakukan tindakan yang keliru. 

 

Emosi Sudah Lebih Stabil

Di usia matang seseorang sudah mulai stabil dalam emosi.
Kestabilan Emosi/freepik.com

Di usia muda, biasanya seseorang masih cenderung labil dalam emosinya. Sedangkan di usia matang, emosi seseorang sudah mulai lebih stabil. Kestabilan emosi tentunya sangat penting dimiliki oleh setiap pasangan dalam menghadapi persoalan rumah tangga yang kadangkala rumit.

Karena emosi yang lebih stabil akan membuat seseorang lebih mudah bersabar dalam menahan amarah. Selain itu, emosi yang lebih stabil akan membuat kedua pasangan lebih baik dalam menjaga keutuhan rumah tangganya. 

 

Kondisi Keuangan Lebih Stabil

Di usia matang, seseorang lebih stabil dalam keuangan.
Finansial Lebih Stabil/freepik.com 

Umumnya, di usia yang sudah matang seseorang telah memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan yang cukup. Kondisi keuangan yang lebih stabil ini akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri untuk berkeluarga. 

Selain itu, usia yang telah matang juga membuat seseorang lebih mampu mengatur keuangan pribadi secara bijak. Seseorang akan lebih menghargai uang yang ada dan cenderung menghindari hal-hal yang bersifat boros demi kebutuhan rumah tangga. 

 

Lebih Memiliki Pengalaman

Di usia matang seseorang telah memiliki pengalaman yang cukup.
Memiliki Pengalaman/freepik.com

Berada di usia yang telah matang, biasanya seseorang sudah memiliki pengalaman yang begitu luas, termasuk dalam mengenal karakter seseorang untuk dijadikan penilaian yang tepat dalam memilih calon pasangan hidup.

Pernah mengalami kegagalan di masa lalu dalam hubungan percintaan juga akan membuat seseorang menjadi lebih bijak, lebih serius, dan lebih baik lagi dalam menjalani dan mempertahankan hubungan setelahnya.  

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id