sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ini Dia Beberapa Alasan Anak Muda Menunda Pernikahan

Neysa Alicia | Jumat, 27 Nov 2020 08:30 WIB
Ini Dia Beberapa Alasan Anak Muda Menunda Pernikahan
caption

Jakarta - Usia pernikahan ternyata masih menjadi perdebatan. Sebagian orang menganggap usia 20-an hingga 30-an merupakan usia yang ideal untuk membina rumah tangga. Namun ada pula yang menganggap semakin muda usia, semakin baik untuk menikah.

Di tengah tingginya tuntutan untuk segera menikah, ternyata tidak sedikit juga orang-orang yang menunda pernikahannya, bahkan lebih memilih untuk melajang. Berikut ini merupakan alasan sebagian orang memilih menunda pernikahan mereka!

1. Pendidikan

Alasan orang menunda pernikahan kerena ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi / Foto: istockphoto.com
 Pendidikan adalah salah satu alasan orang menunda pernikahan / Foto: istockphoto.com

Pendidikan merupakan salah satu alasan mengapa seseorang menduda pernikahan. Banyak orang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, sehingga merasa belum cukup mampu untuk menjalankan kehidupan pernikahan.

Meski tidak sedikit juga yang melanjutkan pendidikan setelah menikah, melanjutkan pendidikan bukan merupakan hal yang mudah. Sulit untuk mendahulukan salah satu antara keluarga dan pendidikan.

Keduanya merupakan hal yang sama penting namun berbeda. Dari pada ada yang harus dikorbankan, banyak orang yang memilih untuk fokus pada salah satu hal agar bisa menjalaninya dengan maksimal. 

2. Fokus Terhadap Karier dan Impian

Mengejar karier dan impian menjadi salah satu alasan orang menunda pernikahan / Foto: istockphoto.com
Menunda Pernikahan Untuk Fokus Pada Karier /Foto: istockphoto.com
  

Sama seperti pendidikan, banyak orang menunda pernikahan mereka karena karier dan mimpi yang harus mereka kejar. Usia pertengahan 20-an sampai awal 30-an merupakan puncak usia produktivitas.

Biasanya banyak orang yang baru saja menyelesaikan kuliah, dan sedang bersemangat untuk memulai karier mereka di usia tersebut. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan untuk menunda pernikahan. 

Karena banyak hal yang sulit untuk dilakukan ketika sudah menikah, banyak yang memilih untuk fokus terhadap impian dan karier nya terlebih dulu.

Tapi jangan salah ya Beautynesian, mengejar karier tidak melulu tentang harta loh! Mengejar karier juga salah satu proses pendewasaan diri agar lebih siap ke depannya.

3. Rasa Khawatir

Banyak orang khawatir dengan kehidupan setelah pernikahan / Foto: istockphoto.com
Banyak orang khawatir dengan kehidupan setelah pernikahan / Foto: istockphoto.com

Selain kedua  alasan di atas, ada alasan lain yang membuat seseorang menunda pernikahan. Ya, ada rasa cemas, khawatir, dan takut yang menyelimuti diri mereka.

Tidak sedikit orang khawatir dengan kehidupan yang akan mereka jalani setelah menikah.

Mereka takut tidak bisa melakukan hobi dengan bebas, tidak bisa mengasuh anak dengan benar, dan bahkan cemas dengan perasaan pasangan yang bisa saja berubah setelah melewati pernikahan.

Kekhawatiran ini juga terjadi pada seseorang yang memiliki trauma broken home saat orang tua bercerai. Banyak anak broken home yang takut untuk menikah karena mereka takut untuk mengulangi hal sama dengan orangtua mereka.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id