sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jangan Biarkan 5 Risiko Menikah Muda ini Halangi Kebahagiaanmu dan Pasangan

Dian Aprilia | Jumat, 28 May 2021 18:00 WIB
Jangan Biarkan 5 Risiko Menikah Muda ini Halangi Kebahagiaanmu dan Pasangan
Pernikahan usia muda/ pexels.com

Kebahagiaan menikah muda memang sering dipublikasikan baik oleh pasangan yang pernah mengalaminya ataupun berbagai media sosial. Mulai dari jarak yang tidak terlalu jauh dengan anak, menghindari perzinahan, hubungan romansa yang lebih intens, bertumbuh bersama pasangan, dan banyak lagi hal lainnya.

Meski begitu pasangan muda sebaiknya tidak hanya melihat dari sisi positifnya saja, melainkan perlu meninjau pula risiko dari menikah muda. Jangan sampai risiko tersebut menghalangi kebahagiaanmu bersama pasangan. Berikut 5 risiko menikah muda yang perlu kamu ketahui:  

Komplikasi Kehamilan

Komplikasi kehamilan
Komplikasi kehamilan/pexels.com

Dilansir dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebut bahwa pernikahan muda adalah yang dilakukan di usia kurang dari 21 tahun. Salah satu masalah yang bisa menghantui pernikahan muda adalah kehamilan di usia dini.

Sebab hal ini tidak hanya membahayakan ibu hamil, tapi juga janin yang dikandungnya. Ibu hamil usia dini bisa mengalami preklamsia ataupun anemia. Sementara pada janin bisa mengalami prematur, stunting atau berat badan lahir yang rendah. Apabila terjadi komplikasi yang serius pada ibu, rentan menyebabkan kematian baik pada ibu dan bayi.

Depresi Setelah Melahirkan

Depresi setelah melahirkan
Depresi setelah melahirkan/pexels.com

Masalah kedua yang juga rentan dialami pasangan nikah muda adalah depresi pasca-melahirkan. Hal ini dikarenakan remaja perempuan belum siap dan belum mampu merawat bayinya. Bahkan ada kalanya muncul keinginan untuk membuang atau membunuh buah hatinya sendiri.

Hal ini bisa terjadi karena remaja perempuan belum merencanakan matang kehamilannya, lalu dihadapkan dengan berbagai tekanan banyak pihak. Seperti pasangan yang mendesak menggugurkan kandungan, kekhawatiran masalah finansial di masa depan, mental yang belum siap untuk menjadi orang tua, dan lain sebagainya.

Masalah Finansial

Masalah finansial
Masalah finansial/pexels.com

Masalah finansial ini kerap dihadapi oleh pasangan yang menikah muda. Hal ini dikarenakan keduanya belum memiliki pekerjaan yang mapan atau bahkan masih pengangguran. Tidak jarang pasangan yang menikah muda masih menggantungkan masalah ekonomi pada kedua orang tuanya.

Jika masalah ekonomi ini terjadi terus menerus dan tidak bisa segera diselesaikan, maka bisa berakibat gizi buruk pada anak-anak, tidak bisa menempuh pendidikan, terciptanya lingkaran kemiskinan baru, dan lainnya. 

Rentan KDRT

Rentan KDRT
Rentan KDRT/pexels.com

Masalah KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga) juga jadi masalah potensial dari pernikahan muda. Seringkali KDRT hanya dikenali sebagai masalah kekerasan fisik, padahal sebenarnya KDRT juga bisa berupa ancaman, hinaan, berhubungan seksual secara paksa, memaksa korban bekerja atau menelantarkan secara finansial.

Karena masa remaja dikenal masih dalam proses mencari jati diri dan ditandai dengan kondisi emosi yang tidak stabil, membuat pasangan muda gampang terjebak dalam perilaku KDRT.  

Perceraian Usia Muda

Cerai
Cerai/pexels.com

Perceraian usia muda bisa dikarenakan menumpuknya berbagai masalah di atas, mulai dari masalah finansial, fisik, mental, dan KDRT. Hal ini akan membuat hubungan pasangan jadi tidak harmonis lagi dan bahkan menghilangkan rasa cinta. Apalagi jika permasalahan tersebut tidak segera diselesaikan baik-baik, maka akan membuat pernikahan tersebut seolah tak memiliki nyawa lagi.

Akibatnya pasangan terdorong untuk melakukan perceraian. Didukung dengan kondisi pemikiran yang belum matang, membuat pasangan muda lebih impulsif dalam membuat pilihan.  

Itulah 5 risiko menikah muda yang harus kamu tahu. Sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan orang tua agar tidak keliru dalam menentukan pilihan. Selain itu, kamu bisa tunggu usia matang atau dewasa agar pernikahan jadi lebih stabil.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id