sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Langkah Tepat Menghadapi Mertua Sensitif

Rumaysha Milhania | Sabtu, 20 Mar 2021 14:30 WIB
Langkah Tepat Menghadapi Mertua Sensitif
caption

Semua orang mendambakan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Tidak hanya dengan pasangan dan anak-anak, melainkan juga dengan keluarga besar pasangan khususnya mertua. Sayangnya, bukan kasus baru jika seorang menantu perempuan mendapatkan kesulitan untuk bisa dekat dan menjalani hubungan baik dengan ibu mertuanya.

Persaingan antara menantu perempuan dan ibu mertua sudah menjadi isu yang berkembang dari zaman dulu. Lalu, apa yang sebenarnya bisa dilakukan oleh kita, sebagai anak, saat menghadapi ibu mertua yang sensitif?

Semua orang mendambakan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Tidak hanya dengan pasangan dan anak-anak, melainkan juga dengan keluarga besar pasangan khususnya mertua.
Ibu Mertua/ Sumber: Freepik.com

1. Pahami Apa yang Dirasakannya

Sangat wajar saat seorang ibu merasa kehilangan saat anaknya menikah. Kehadiranmu sebagai wanita yang dicintai oleh anak laki-lakinya tentu akan membuat hatinya sedikit terusik. Pada dasarnya ini mungkin juga terjadi pada ayahmu yang melihat pasanganmu sebagai pria yang mengambil putri kecilnya. Jadi, cobalah untuk bisa mengikhlaskan apa yang tampak sulit untuk dihadapi dengan memahami cerita dan rasa di baliknya.

2. Komunikasikan dengan Pasangan

Jangan biarkan pasanganmu cuek dan mengacuhkan ibunya. Mungkin ia akan lebih fokus padamu. Apalagi di awal-awal pernikahan, kehidupan akan terasa seperti milik berdua. Jadi, jangan penting untuk selalu meluangkan waktu untuk orangtua. Sempatkan waktu untuk berkunjung di akhir pekan atau mengirimkan makanan. Ini akan membuat mertuamu lebih senang dan merasa diingat.

Jangan biarkan pasanganmu cuek dan mengacuhkan ibunya. Mungkin ia akan lebih fokus padamu. Apalagi di awal-awal pernikahan, kehidupan akan terasa seperti milik berdua. Jadi, jangan penting untuk selalu meluangkan waktu untuk orangtua.
Hubungan dengan Mertua/ Sumber: Freepik.com

3. Bangun Kedekatan dengan Mertua

Biasakan untuk membangun kedekatan dengan mertua. Ajaklah mertua berbelanja bersama. Ini akan membuat kamu dan mertua menjadi lebih dekat dan memiliki waktu senggang yang lama untuk berbincang. Selain itu, kamu juga bisa memintanya untuk diajarkan memasak. Ini akan membuatnya merasa penting dan dihargai sebagai ibu.

4. Pahami Batasan

Meskipun kamu harus berusaha memahami ibu mertua sebagai orangtua, kamu juga harus tahu batasan-batasan wajar dalam urusan konflik dengan orangtua ketika sudah menikah. Jika sensitivitas mertua sudah melewati batas wajar, seperti mencampuri urusan rumah tangga atau memberikan komentar yang kurang baik, sudah sewajarnya kamu mengambil sikap. Setidaknya dengan mengkomunikasikan lebih lanjut tentang apa yang baik untuk dilakukan dengan pasanganmu.

Biasakan untuk membangun kedekatan dengan mertua. Ajaklah mertua berbelanja bersama. Ini akan membuat kamu dan mertua menjadi lebih dekat dan memiliki waktu senggang yang lama untuk berbincang.
Membangun Hubungan dengan Mertua/ Sumber: Freepik.com

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantumu untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan ibu mertua.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id