sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Menikah Muda, Apa yang Perlu Disiapkan Agar Tidak Karam? Berikut Kuncinya!

Retno Wulandari | Kamis, 04 Feb 2021 20:15 WIB
Menikah Muda, Apa yang Perlu Disiapkan Agar Tidak Karam? Berikut Kuncinya!
caption

Menikah merupakan tujuan utama seseorang dalam menjalin hubungan serius dengan pasangan. Nah, berbicara soal pernikahan, saat ini menikah muda tampaknya menjadi fenomena yang kerap kita temui. Meskipun menikah muda memiliki manfaat yang baik, namun jika tidak dipersiapkan dengan matang bisa menimbulkan permasalahan cukup serius, salah satunya perceraian lho, Ladies.

Buat kamu yang memiliki impian untuk menikah muda, simak 5 kunci penting di bawah ini agar pernikahan kamu tidak karam di tengah jalan!

1. Mental

Kunci Menikah Muda Agar Awet
Foto:Mental/Freepik.com

Sebelum memutuskan untuk menikah muda, hal pertama yang paling penting untuk dipersiapkan adalah mental. Yup, mental memiliki peran yang sangat besar terhadap cara kamu dan pasangan menjalani hubungan rumah tangga yang memiliki beban dan tanggung jawab lebih berat ketimbang saat masih berpacaran.

Oleh sebab itu, mempersiapkan mental sebelum menikah muda merupakan langkah awal yang perlu dilakukan mengingat di usia muda mental masih berada di masa-masa yang labil. Jika mental sudah benar-benar siap, maka kamu dan pasangan akan kuat dan selalu bersama-sama menghadapi permasalahan yang akan terjadi nantinya.

2. Finansial

Kunci Menikah Muda Agar Awet
Foto:Finansial/Freepik.com

Tips menikah muda selanjutnya yang perlu kamu persiapkan ialah finansial. Jika sebelumnya kamu hanya memikirkan kebutuhan pribadi, maka akan berbeda jika kamu sudah menikah yang harus memikirkan kebutuhan bersama dengan pasangan.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu dan pasangan membahas finansial bersama, misalnya menentukan siapa yang harus membayar kebutuhan pengeluaran rumah tangga, seperti kebutuhan makanan pokok, tagihan listrik, sambungan internet, cicilan rumah atau kendaraan, premi asuransi, dan lain-lain. Jika kamu dan pasangan sudah sepakat, maka urusan finansial rumah tangga kamu nantinya akan baik-baik saja, Ladies.

3. Komunikasi

Kunci Menikah Muda Agar Awet
Foto:Komunikasi/Freepik.com

Meskipun sepele, komunikasi merupakan cara yang sangat penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga kamu nantinya lho. Jika saat ini kamu dan pasangan belum terbuka satu sama lain, artinya komunikasi belum berjalan dengan baik, Ladies.

Ketika ada masalah, kamu dan pasangan harus saling terbuka dan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikannya, bukan malah menghindar karena takut berdebat. Perlu diingat, komunikasi yang tidak berjalan dengan baik menjadi salah satu penyebab pasangan sering bertengkar dan membuat hubungan tidak awet.

4. Komitmen

Kunci Menikah Muda Agar Awet
Foto:Komitmen/Freepik.com

Tidak hanya berpacaran, saat menikah pun kamu dan pasangan juga membutuhkan komitmen agar pernikahan tidak karam. Memegang komitmen di usia muda memang tidak mudah, namun agar rumah tangga berjalan harmonis dan awet, maka kamu dan pasangan perlu menjalankan komitmen untuk saling setia, jujur, terbuka, dan selalu bersama-sama dalam kondisi apapun. 

5. Membagi Waktu

Kunci Menikah Muda Agar Awet
Foto:Membagi Waktu/Freepik.com

Terakhir, buat kamu yang memiliki harapan untuk menikah muda pastikan pernikahan kamu nantinya tidak menghambat karier atau pendidikan. Setelah menikah, kamu harus bisa mengatur kegiatan yang berhubungan dengan karier atau pendidikan yang sedang kamu jalani.

Tidak hanya itu, saat memiliki anak kamu juga harus bisa mengatur waktu untuk menjadi seorang istri, ibu, sekaligus wanita karier agar semuanya berjalan dengan baik. Dukungan dari pasangan dan saling kerjasama merupakan kunci penting menjalani rumah tangga yang harmonis dan awet.

Nah, itulah tips buat kamu yang ingin menikah muda dan menginginkan rumah tangga awet. Perlu diketahui, menikah di usia muda bukanlah sebuah pilihan yang salah jika kamu dan pasangan sudah benar-benar yakin dan mempersiapkan segalanya dengan matang. Tapi, jangan menikah muda hanya karena mengikuti trend ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id