sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sebelum Memutuskan Menikah, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Ade Irma Suryani | Sabtu, 28 Nov 2020 15:15 WIB
Sebelum Memutuskan Menikah, Perhatikan Dulu 5 Hal Ini
caption
Jakarta -

Dibalik indahnya hari pernikahan, tentunya setelah itu ada ujian dan rintangan yang akan dihadapi oleh setiap pasangan. Tentu saja hal ini adalah bagian dari romantika kehidupan yang harus dilewati oleh setiap pasangan setelah menikah. 

Untuk bisa menghadapi hal tersebut dengan baik, tentunya kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum memutuskan menikah. Seperti 5 hal berikut ini.  

 

1. Kesiapan Mental

Sebelum menikah, perlu memikirkan kesiapan mental.
Kesiapan Mental/freepik.com 

Sebelum memutuskan untuk menikah, kesiapan mental adalah hal yang sangat terpenting. Karena memutuskan untuk hidup berumah tangga artinya kamu harus siap dengan segala tantangan dan ujian yang akan dihadapi.

Karena itu, kamu juga perlu membekali diri dengan ilmu dan juga berlatih diri untuk bisa bersikap lebih dewasa dan bijak. 

 

2. Keinginan untuk Mengenal Keluarga Pasangan

Sebelum menikah, perlu berusaha untuk mengenal keluarga pasangan lebih dekat.
Mengenal Keluarga Pasangan/freepik.com 

Menikah tidak hanya antara dirimu dan pasangan. Tetapi juga melibatkan hubungan antar keluarga masing-masing. Karena itu, ketika memutuskan untuk menikah, itu artinya kamu harus siap dan berusaha untuk mengenal keluarga pasangan dengan baik, begitu juga pasanganmu.

Kamu perlu berusaha bersikap hangat dan mencoba berbaur dengan anggota keluarga pasangan. Jangan sampai kamu dinilai sebagai sosok yang acuh tak acuh terhadap mereka. Kedekatan dan keakraban dengan keluarga pasangan akan ikut mendukung hubunganmu dengan pasangan lebih harmonis.

 

3. Masalah Keuangan

Masalah keuangan sangat penting untuk dibahas sebelum menikah.
Masalah Keuangan/freepik.com 

Banyak pasangan yang sering bertengkar atau bahkan bercerai hanya karena masalah keuangan. Tentu saja, masalah keuangan adalah perihal yang sangat serius setelah berumah tangga.

Oleh sebab itu, kamu dan pasangan perlu berdiskusi dan mempunyai kesepakatan bersama dalam soal mengelola keuangan. 

 

4. Saling Percaya Satu Sama Lain

Hidup berumah tangga harus membangun sikap saling percaya.
Saling Percaya/freepik.com 

Hidup berumah tangga harus menaruh rasa saling percaya satu sama lain. Oleh karena itu, jika selama ini kamu adalah pribadi yang begitu mudah curiga atau cemburu berlebihan kepada pasangan, maka sebaiknya mulailah untuk menguranginya. 

Sikap saling percaya dan jujur terhadap pasangan akan membuat kehidupan rumah tangga lebih bahagia dan langgeng. Karena itu, penting untuk selalu menjaga komunikasi dan terbuka satu sama lain.  

 

5. Berkomitmen Sepenuhnya

Menikah membutuhkan saling komitmen.
Komitmen/freepik.com 

Saat memutuskan untuk menikahi seseorang, itu artinya kamu telah memilih untuk tetap mencintai seseorang tersebut dalam waktu yang lama. Rasa bosan bisa saja datang, namun dengan tetap saling menjaga komitmen sebagaimana tujuan awal pernikahan, maka berbagai masalah yang menerpa kehidupan rumah tangga akan lebih mudah diatasi bersama.  

Jadi, sebelum memutuskan menikah, kamu dan pasangan perlu saling menetapkan komitmen secara bersama.    

                                                                                                                                                                                                                                                           

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id