sign up SIGN UP

Meski Belum Menikah, Ketahui 4 Tahapan Kritis di 5 Tahun Awal Hubungan Pernikahan Biar Nggak Kaget

Novianty Aulia | Sabtu, 16 Oct 2021 23:15 WIB
Meski Belum Menikah, Ketahui 4 Tahapan Kritis di 5 Tahun Awal Hubungan Pernikahan Biar Nggak Kaget
4 Tahapan Kritis dalam 5 Tahun Awal Pernikahan/Foto:Freepik.com/Gpointstudio
Jakarta -

Realita kehidupan pernikahan akan menghadapkan kamu dengan sederet tahapan baru dalam suatu hubungan. Beragam tantangan mulai menguji kamu dan pasangan sebagai langkah dalam proses menguatkan jalinan cinta guna mencapai pernikahan yang harmonis.

Meskipun bentuk tantangan dan waktu terjadinya tidak menentu, tidak ada salahnya kamu dan pasangan memahami terlebih dahulu beberapa tahapan pada pernikahan. Sehingga, muncul perasaan awas untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi.

Lalu, apa saja tahapan-tahapan tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Honeymoon Blues

Honeymoon blues menjadi tahapan awal dimana segalanya terlihat sesuai ekspetasi.
Fase awal dimana pernikahan amat terlihat bahagia/Foto:Freepik.com/Marymarkevich


Seperti namanya, tahapan yang satu ini menjadi lembar awal dari perjalanan pernikahan. Terjadi pada awal usia 6-12 bulan, membuat honeymoon blues dianggap sebagai masa-masa paling membahagiakan dimana cinta dan romantisme antara kamu dan pasangan sedang pada puncaknya.

Masih dibayang-bayangi oleh indahnya bulan madu membuat kamu dan pasangan cenderung belum bisa melihat kekurangan dari masing-masing. Segala sesuatunya dijalankan dengan kasih sayang serta perhatian dari masing-masing pihak.

Walaupun terdengar baik, honeymoon blues justru menjadi salah satu penentu seberapa kuat hubunganmu ke depannya. Beragam tantangan kecil seperti keuangan, komunikasi hingga kepercayaan perlu kamu hadapi pada tahap ini.

Realitas yang Sesungguhnya

Hal yang semula indah mulai terlihat tidak sesuai dengan bayangan masing-masing.
Realita sesungguhnya mulai terlihat pada fase kenyataan/Foto:Freepik.com/Jcomp

Terbangun dari alur honeymoon blues, beragam fakta baru akan terlihat pada fase kenyataan. Bayangan indahnya sebuah pernikahan perlahan mulai disadarkan oleh realitas yang sesungguhnya.

Tidak seperti sebelumnya, kamu dan pasangan akan lebih teliti dalam memaklumi kebiasaan masing-masing. Beragam hal yang semula baik mulai menjadi persoalan seiring dengan semakin terbukanya kepribadian dari masing-masing pihak.

Seperti dilansir dari laman Everyday Health, fase ini menjadi tantangan untuk kamu menerima ketidaksempurnaan pada diri kamu sendiri ataupun pasangan. Sehingga, kamu dan pasangan harus lebih jeli terhadap kekuatan serta kekurangan dari hubungan pernikahan. Bicarakan segala perbedaan untuk memperkuat pertahanan dalam menghadapi masalah pernikahan ke depannya.

Ego Mulai Memberontak

Setelah realita terbuka, kamu dan pasangan cenderung merasakan keinginan pribadi yang mengalahkan tujuan pernikahan.
Ego masing-masing mulai memberontak/Foto:Freepik.com/Pressfoto

Memasuki 3 tahun pernikahan, mulai muncul keinginan pribadi dari masing-masing pihak yang mulai mengalahkan kepentingan bersama dari pernikahan. Menjalani pernikahan di tengah keinginan pribadi pada fase pemberontakan tentunya sangatlah sulit. Salah sedikit dapat membuat masing-masing tersinggung karena tingginya ego serta pendapat yang berbeda.

Diperlukan strategi serta pemahaman terbaik dalam menghadapi sikap masing-masing yang sedang terbuai ego yang besar. Selalu tekankan kembali tujuan dari pernikahan agar tidak melenceng dari jalan yang seharusnya. So, belajarlah menahan ego masing-masing, ya, Beauties.

Seven Years Itch

Memasuki usia 5 tahun, hubungan pernikahan akan diuji kesetiaannya.
Kesetiaan masing-masing diuji pada fase seven years itch/Foto:Freepik.com/Wirestock


Bukan sekedar kiasan biasa, istilah seven years itch menjadi salah satu tantangan nyata sekaligus periode paling penting dalam suatu pernikahan.

Dilansir dari laman Womans Day, konsep seven years itch mengacu pada sebuah frasa "gatal tujuh tahun", yang memungkinkan rasa tidak puas mulai dirasakan oleh salah satu atau keduanya ketika memasuki usia lima tahun pernikahan. Ketertarikan terancam menghilang seiring dengan berkurangnya quality time antara kamu dengan pasangan.

Psikologis klinis, Dr. Marianna Strongin menyebutkan persiapan terbaik untuk melewati fase seven years itch ialah dengan menguatkan komunikasi serta prinsip keterbukaan dengan pasangan. Dengan begitu, kamu dan pasangan dapat membentuk pertahanan yang kuat dalam menghadapi godaan di fase ini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id