sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Meski Jauh, Pasangan Long Distance Marriage Bisa Tetap Romantis Kok!

Dian Aprilia | Kamis, 07 Jan 2021 13:30 WIB
Meski Jauh, Pasangan Long Distance Marriage Bisa Tetap Romantis Kok!
caption
Jakarta -

Long Distance Marriage atau LDM adalah hubungan jarak jauh dalam pernikahan. Artinya suami dan istri tidak tinggal bersama karena beda kota atau bahkan negara sehingga membuatnya tak bisa bertemu secara intensif. Meski tak mudah, nyatanya banyak pasangan LDM yang hubungannya awet hingga sekarang.

Memang tak bisa dipungkiri, perbedaan jarak yang cukup jauh menjadi penghalang yang cukup berat bagi pasangan yang saling mencintai. Namun karena berbagai alasan penting, keduanya rela mengorbankan hal itu. Misalnya karena pendidikan, pekerjaan, orang tua dan lainnya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips hubungan agar langgeng dan harmonis untuk pejuang LDM:

Komunikasi terbuka

Komunikasi
Komunikasi/pexels.com

Komunikasi yang intens menjadi kunci utama dalam menjalin hubungan LDM. Sudah dipisahkan jarak, jangan sampai hati dan pikiranmu juga terpisah dengan suami ya. Biasakan terbuka dengan menceritakan kejadian sehari-hari atau masalah yang sedang kamu hadapi di lingkunganmu. Begitu pula tanyakan pada suami tentang aktivitas dan masalah yang ia hadapi.

Selain itu, jika ada masalah dengan pasangan, sebaiknya segera didiskusikan. Jangan tunggu berlarut-larut yang bakal bikin hubunganmu jadi rumit. Penyelesaian masalah yang cepat dan sigap juga bikin rasa percaya dengan suami tetap tumbuh.

Sering kirim pesan

Kirim pesan
Kirim pesan/pexels.com

Salah satu media komunikasi yang bisa kamu gunakan dengan pasangan adalah chat di aplikasi pesan seperti Whatsapp. Kamu bisa memberikan ucapan sehari-hari seperti ‘Good morning, have a nice day’, selamat tidur, atau berbagai ungkapan perasaan seperti ‘I love u’ dan lainnya.

Kamu tidak bisa menyentuh dan melihatnya secara langsung, jadi pesan ini bisa menjadi bahasa kasih sederhana bagi para pejuang LDM. Agar pasangan tetap merasa dicintai, disayangi dan juga akrab denganmu. Kamu juga bisa memberikan foto atau video dirimu dan si kecil saat sedang beraktivitas. Hal ini bisa menyemai perasaan hangat dan cinta pada pasangan meski berjauhan.

Kencan saat malam

Kencan
Kencan/pexels.com

Siapa bilang pasangan LDM tak bisa kencan? Kamu tetap bisa kok kencan meski jarak jauh. Misalnya dengan dinner bersama lewat video call. Kamu bisa pesan makanan favoritmu dan saling bercerita dengan pasangan melalui video.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai hal intim lainnya dengan pasangan melalui video atau pesan. Dengan rutin melakukan hal ini, dijamin LDM tetap mengasyikan meski ada hambatan jarak.

Beri kejutan

Surprise
Surprise/pexels.com

LDM jangan jadi alasanmu dan pasangan untuk tak saling beri hadiah ya. Saling memberi hadiah juga bisa merekatkan dan menguatkan hubunganmu dengan pasangan. Kamu bisa mengirimkan hadiah lewat jasa pengiriman atau menyimpannya dulu di rumah untuk kemudian diberikan pada pasangan saat ia pulang.

Tak perlu mahal dan banyak, kamu bisa memberikan hadiah simpel yang sesuai dengan kebutuhan pasanganmu. Hal ini akan membuat pasangan merasa diperhatikan dan juga dicintai.

Bikin rencana

Jalan-jalan
Jalan-jalan/pexels.com

Siapkan rencana saat suami berencana pulang ke rumah. Entah itu piknik sederhana dengan keluarga, jalan-jalan, atau sekedar menikmati malam bersama di rumah. Kamu juga bisa merencanakan menu makanan favorit suami untuk disantap saat pulang ke rumah.

Tak hanya itu, kamu juga perlu membuat rencana besar, misalnya tentang batasan mengakhiri LDM. Bagaimanapun, rumah tangga bisa berjalan dengan lebih baik saat kamu berada di tempat yang sama dengan pasangan.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan saat jadi pejuang LDM. Semoga hubunganmu dengan pasangan tetap harmonis dan langgeng ya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id