sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

7 Cara Berkomunikasi Sehat dengan Pasangan Kamu!

Phanie Fauziah | Selasa, 29 Dec 2020 19:30 WIB
7 Cara Berkomunikasi Sehat dengan Pasangan Kamu!
caption

Komunikasi merupakan pondasi penting dalam setiap hubungan, baik hubungan keluarga, pertemanan, hingga hubungan percintaan. Komunikasi yang sehat tentunya membuat hubungan kita dengan pasangan semakin kuat.

Dalam menjalankan komunikasi yang sehat tentunya ada cara berkomunikasi yang sehat dengan pasangan. Ada beberapa cara berkomunikasi sehat dengan pasangan.

Komunikasi Sehat dengan Pasangan
Komunikasi Sehat dengan Pasangan/Freepik

Keterbukaan

Sekalipun terbuka, salah paham seringkali menjadi permasalahan dalam sebuah hubungan. Maka dari itu, keterbukaan yang dilandasi dengan kejujuran akan mengurangi kesalahpahaman tersebut.

Seringkali, beberapa pasangan terbuka dengan pasangan tapi masih menyimpan rahasia atau kebohongan. Hal inilah yang justru akan memicu perselisihan atau salah paham.

Saling Memahami dan Menerima

Memilih bersama dalam menjalani hubungan tanpa saling memahami dan menerima tidak bisa dikatakan mencintai. Dalam menjalin hubungan, cinta harus didasari dengan rasa saling memahami dan menerima kekurangan masing-masing. Tanpa kedua hal ini, komunikasi yang sehat dengan pasangan tidak bisa dijalin, salah paham yang berujung pertengkaran tentunya akan mewarnai hubungan tersebut.

Tidak Menunda dalam Menyelesaikan Masalah

Menunda masalah, saling mendiamkan diri, dan malah mengungkit kesalahan yang lalu merupakan tindakan yang justru akan melahirkan komunikasi yang tidak sehat. Alangkah lebih baiknya, selesaikan masalah dengan cepat sehingga tidak menimbulkan masalah lainnya.

Komunikasi Sehat dengan Pasangan
Komunikasi Sehat dengan Pasangan/Freepik

Menjadi Pendengar yang Baik

Dengarkan setiap permasalahan yang dimiliki pasangan dan jika memiliki masalah dalam hubungan, maka segera diskusikan serta cari jalan keluar terbaik. Tahan emosi, jangan sampai diskusi ini memperkeruh suasana.

Luangkan Waktu

Sekalipun hari-hari kita dipenuhi dengan kesibukan. Beri waktu luang untuk pasangan kita, sekalipun hanya berbincang-bincang ringan. Quality time sangatlah penting dalam suatu hubungan agar tidak mudah bosan dan jenuh dengan pasangan.

Saling Menghargai

Setiap manusia tentunya memiliki kekurangan. Memiliki sikap saling memahami tentunya menumbuhkan sikap saling menghargai. Baik dalam hal mengutarakan pendapat, keluhan, dan kritikan. Sampaikanlah segala bentuk komunikasi dengan kepala dingin tidak dengan marah ataupun nada yang tinggi

Komunikasi Sehat dengan Pasangan
Tidak Egois Terhadap Pasangan/Freepik

Tidak Egois

Dalam pemecahan masalah seringkali beberapa pasangan egois menempatkan dirinya paling menderita dalam masalahnya. Hal seperti ini justru memicu komunikasi yang kurang sehat karena pastinya akan menimbulkan pertengkaran.

Mintalah pendapat pasangan dan terimalah pendapatnya dengan baik, kemudian hindari sangkalan yang disertai emosi. Menjalani hubungan yang baik memang tidak mudah, tapi jika kamu terus mencoba pasti kamu bisa melakukannya ladies!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id