sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

6 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Hubunganmu Langgeng

Nahda Muzlena | Minggu, 03 Jan 2021 21:30 WIB
6 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Hubunganmu Langgeng
caption

Memiliki hubungan yang langgeng merupakan impian banyak orang, apalagi jika hubungan itu dapat dilanjutkan ke jenjang pernikahan, pasti rasanya sangat membahagiakan. Tetapi, semakin lama hubungan bertahan, kamu akan mengenal pasanganmu lebih dalam dan semakin banyak pula masalah yang menerpa.

Maka berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan agar hubunganmu langgeng.

Komunikasi

Komunikasi/Foto: Freepik.com
Komunikasi/Foto: Freepik.com

Komunikasi yang baik adalah hal terpenting untuk menjaga hubungan tetap langgeng, karena ketika komunikasi tidak baik, akan banyak timbul kesalahpahaman yang menimbulkan perselisihan hingga berakhirnya hubungan.

Jadi, mulai saat ini perhatikanlah komunikasi dengan pasanganmu, seperti saling bercerita, saling memberikan perhatian, dan saling mendengarkan.

Tidak Egois

Tidak Egois/Foto: Freepik.com
Tidak Egois/Foto: Freepik.com

Agar hubunganmu berjalan langgeng, pastikan tidak ada yang egois diantara kalian. Saling mengerti dan memahami satu sama lain merupakan salah satu kunci dari hubungan yang awet.

Saling Percaya

Saling Percaya/Foto: Freepik.com
Saling Percaya/Foto: Freepik.com

Ketika kamu akan berjanji kepada pasanganmu, pastikan kamu dapat menepatinya, karena jika tidak itu akan menghancurkan kepercayaan pasanganmu terhadapmu. Serta, ketika mengatakan sesuatu, katakanlah hal yang sebenarnya. Sebaliknya, jika pasanganmu berkata sesuatu, sebaiknya kamu mempercayainya, karena selain membuatnya merasa dipercaya, ia juga akan merasa dihargai.

Ketika sudah terbiasa saling percaya satu sama lain, maka kamu tidak akan mudah curiga karena hal-hal sepele dan rasa saling percaya akan menumbuhkan ketenangan di hati.

Saling Mengapresiasi

Saling Mengapresiasi/Foto: Freepik.com
Saling Mengapresiasi/Foto: Freepik.com

Hal ini kerap kali disepelekan oleh banyak orang, padahal saling mengapresiasi dapat membuat hubungan menjadi langgeng. Ketika kamu memberikan apresiasi pada pasanganmu, ia akan merasa sangat dihargai meskipun yang ia lakukan hanyalah hal yang kecil. Ia juga akan memberikan apresiasi kepadamu atas usaha-usahamu baik itu sederhana maupun yang besar.

Bijak Dalam Menghadapi Masalah

Bijak Dalam Menghadapi Masalah/Foto: Freepik.com
Bijak Dalam Menghadapi Masalah/Foto: Freepik.com

Ketika ada masalah, sebaiknya kamu tidak membiarkan masalah itu berlangsung lama. Segeralah atasi masalah tersebut, dewasalah ketika menghadapi masalah seperti introspeksi diri, diskusi, dan meminta maaf jika itu adalah kesalahan kamu.

Melakukan Hal yang Menyenangkan Bersama

Melakukan Hal yang Menyenangkan Bersama/Foto: Freepik.com
Melakukan Hal yang Menyenangkan Bersama/Foto: Freepik.com

Untuk mempererat hubungan dengan pasanganmu, ketika kamu dan pasanganmu memiliki waktu luang, kamu dapat memanfaatkannya dengan melakukan hal yang menyenangkan bersama seperti menonton film, liburan, dan makan bersama.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id