sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Punya Suami Pelit? Ini Cara Tepat Menghadapinya!

Rumaysha Milhania | Kamis, 03 Sep 2020 06:00 WIB
Punya Suami Pelit? Ini Cara Tepat Menghadapinya!
caption
Jakarta -

Salah satu persoalan keluarga yang berisiko menyebabkan perceraian adalah masalah keuangan. Biasanya, masalah keuangan ini dapat berupa hutang yang membelit hingga permasalahan gaya hidup. Namun, tidak jarang juga disebabkan oleh pasangan yang terlalu pelit. Di Indonesia sendiri, kebanyakan keluarga mengandalkan suami sebagai tulang punggung pencari nafkah tunggal. Tidak heran jika para istri akhirnya menjadi sangat bergantung dengan penghasilan suami. Lalu, apa yang harus dilakukan jika suami tampak sangat sulit untuk mengeluarkan uang demi kebutuhan keluarga? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Di Indonesia sendiri, kebanyakan keluarga mengandalkan suami sebagai tulang punggung pencari nafkah tunggal.
Masalah keuangan/ Sumber: Freepik.com

Bicarakan Masalah Keuangan Berdua

Jangan pernah ragu untuk membicarakan langsung masalah keuangan dengan pasangan. Bicarakan dengan rinci apa saja hal yang harus kamu dan suami pertimbangkan mengenai persoalan keuangan ini. Bisa jadi ada hal-hal yang tidak kamu ketahui mengenai segala kebutuhan dan pengeluaran yang dibutuhkan suami selama bekerja. Pastikan untuk saling terbuka dan jujur mengenai persoalan ini.

Kebanyakan suami yang bekerja tidak tahu berapa biaya yang sebenarnya dibutuhkan untuk bisa makan dengan layak selama satu bulan.
Biaya Kebutuhan Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

Utarakan Kebutuhan Keluarga

Tidak semua suami paham betul segala rincian mengenai kebutuhan keluarga. Utarakan secara pasti apa saja yang kamu dan suami butuhkan setiap bulannya. Kebanyakan suami yang bekerja tidak tahu berapa biaya yang sebenarnya dibutuhkan untuk bisa makan dengan layak selama satu bulan. Selalu ceritakan harga-harga bahan pokok yang sekiranya tidak diketahui suami. Ini sangat penting untuk membuatnya lebih sadar tentang kebutuhan rumah.


Jika memang penghasilan suami masih belum bisa memenuhi semua kebutuhan bulanan sekaligus keperluan tabungan, tidak ada salahnya untuk sama-sama mencari kemungkinan sumber penghasilan lain.
Penghasilan Tambahan/ Sumber: Freepik.com

Kompromikan Kemungkinan Mencari Sumber Penghasilan Lain

Jika memang penghasilan suami masih belum bisa memenuhi semua kebutuhan bulanan sekaligus keperluan tabungan, tidak ada salahnya untuk sama-sama mencari kemungkinan sumber penghasilan lain. Ini bisa berupa keputusan untuk istri bekerja atau bisnis rumahan yang dijalankan bersama.

Anggaran bulanan bisa membantu suami untuk bisa memperkirakan berapa biaya yang harus ia sisihkan untuk seluruh kebutuhan keluarga.
Anggaran bulanan rumah/ Sumber: Freepik.com

Buat Anggaran Bulanan

Terakhir, buatlah anggaran bulanan pasti yang detail dengan rincian kebutuhan dan biayanya. Hal ini bisa membantu suami untuk bisa memperkirakan berapa biaya yang harus ia sisihkan untuk seluruh kebutuhan keluarga. Termasuk juga uang jajan dan biaya perawatan yang kamu butuhkan. 

Tidak ada salahnya untuk terbuka dan apa adanya mengenai apa saja yang kamu butuhkan, termasuk biaya untuk perawatan, makeup dan kebutuhan berbelanja. Bukankah istri yang cantik juga akan membuat suami lebih bahagia?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id