sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Waspada! Kenali Ciri Kekerasan Verbal dalam Rumah Tangga Berikut Ini

Rumaysha Milhania | Senin, 12 Apr 2021 22:00 WIB
Waspada! Kenali Ciri Kekerasan Verbal dalam Rumah Tangga Berikut Ini
caption

Tidak hanya kekerasan fisik, kekerasan rumah tangga juga bisa terjadi dalam bentuk verbal. Simak ciri kekerasan verbal dalam rumah tangga berikut ini!

1. Merendahkan

Sarkasme ringan dan nada suara yang sarkastik tidak boleh menjadi bagian yang terus menerus dari interaksi kamu dengan pasangan. Merendahkan pasangan dan menjadikannya bahan lelucon yang konstan merupakan bagian dari kekerasan verbal yang mungkin tanpa sadar sering dilakukan. Ini bisa bermula dengan candaan, itulah sebabnya sering kali tidak terdeteksi, tetapi seiring waktu sikap merendahkan menjadi meremehkan.

Sarkasme ringan dan nada suara yang sarkastik tidak boleh menjadi bagian yang terus menerus dari interaksi kamu dengan pasangan.
Kekerasan Dalam Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

2. Manipulasi

Waspadai kepribadian yang punya kecenderunganmengontrol, terutama ketika seseorang terus menerus mendorong pasangannya untuk melakukan dan mengatakan hal-hal yang tidak selalu mereka sukai. Manipulasi, di sisi lain, bisa jadi lebih sulit dideteksi. Ini bisa halus, seperti membalikkan situasi dan menyalahkan pasangan yang dilecehkan.

3. Kritik menjatuhkan

Tidaklah mengapa memberikan kritik yang membangun jika diminta pada kesempatan tertentu; jujur ​​dengan pasangan itu sehat. Namun, kritik terus-menerus dan meremehkan orang dapat menjadi tidak sehat, dan seiring waktu dapat menyebabkan hilangnya harga diri yang signifikan.

4. Komentar yang merendahkan

Jika pasangan merendahkan kamu menggunakan komentar merendahkan yang merujuk pada ras/ latar belakang etnis, jenis kelamin, agama, latar belakang secara umum, itu adalah lampu merah yang menunjukkan perilaku hubungan tidak sehat. Ini bahkan tidak perlu konsisten, jika terjadi sekali, sudah pasti akan terjadi lagi. Pasangan yang mencintai dan menghormati kamu tidak akan menggunakan sesuatu yang merupakan bagian dari dirimu untuk menjatuhkanmu.

Jika pasangan merendahkan kamu menggunakan komentar merendahkan yang merujuk pada ras/ latar belakang etnis, jenis kelamin, agama, latar belakang secara umum, itu adalah lampu merah yang menunjukkan perilaku hubungan tidak sehat.
Kekerasan Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

5. Ancaman

Meskipun ini tampak mudah dikenali, ancaman pada interaksi hubungan kadang terselubung. Ancaman dapat dikemas dengan cara yang membuatnya tampak "tidak terlalu buruk", atau dengan cara yang membuat kamu bertanya-tanya apakah ucapannya merupakan hal yang masuk akal. Tetapi ancaman adalah ancaman dan pasangan yang penuh kasih tidak menggunakan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

6. Menyalahkan

Menyalahkan adalah salah satu bentuk pelecehan verbal yang paling umum dan memberikan tekanan pada pasangan. Ini dapat mencakup menyalahkan pasangan atas sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan mereka, hingga menyalahkan pasangan atas emosi pelaku kekerasan. Ini juga termasuk gaslighting di mana seseorang cenderung meremehkan emosi pasangan dan membuat mereka bertanya-tanya apakah mereka salah. Ini adalah bentuk pelecehan emosional yang sangat umum, dan sering kali tidak terdeteksi, karena dapat dilakukan dengan hati-hati dan sangat manipulatif. 

7. Menuduh

Kebiasaan menuduh biasanya berasal dari kecemburuan yang parah. Pahami juga bahwa tuduhan yang berulang-ulang adalah bentuk pelecehan verbal. Terus-menerus dituduh melakukan sesuatu sering membuat pasangan mulai mempertanyakan diri mereka sendiri apakah mereka melakukan sesuatu yang salah/ berperilaku tidak pantas/ dan lain sebagainya.

Kebiasaan menuduh biasanya berasal dari kecemburuan yang parah. Pahami juga bahwa tuduhan yang berulang-ulang adalah bentuk pelecehan verbal.
Hubungan Toxic/ Sumber: Freepik.com

Nah, segera bicarakan pada pasanganmu jika ada kebiasaan yang kamu pikir terlihat toxic. Ini harus menjadi kesadaran bagi kedua pasangan agar hubungan menjadi lebih sehat dan harmonis.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id