sign up SIGN UP

Zoya Amirin Jelaskan Nikah Siri Harus Serius, Lantas Apa Saja Syarat Bikin Kartu Keluarganya?

Rini Apriliani | Rabu, 20 Oct 2021 21:30 WIB
Zoya Amirin Jelaskan Nikah Siri Harus Serius, Lantas Apa Saja Syarat Bikin Kartu Keluarganya?
Zoya Amirin Jelaskan Nikah Siri Harus Serius, Ini Syarat Bikin Kartu Keluarganya/Foto: Freepik.com
Jakarta -

Nikah siri adalah sebuah pernikahan yang dilakukan oleh dua orang, perempuan dan laki-laki tanpa adanya catatan di Pemerintah, yaitu Kantor Urusan Agama (KUA). Umumnya, pernikahan ini dilakukan karena adanya satu dan lain hal yang dirasa belum memungkinkan untuk tercatat di Pemerintah. 

Tidak seperti pernikahan yang tercatat hukum dan memiliki bukti penguat atas pernikahan tersebut, dalam nikah siri ini banyak hal yang kurang menguntungkan yang akan didapatkan oleh banyak pihak.

Seperti perempuan yang menjadi pelaku pernikahan siri, ia tidak memiliki kejelasan hukum akan stastusnya. Selain itu, ia pun tidak memiliki kekuatan hukum jika sewaktu-waktu ingin menuntut suaminya. Berlanjut pada anak hasil nikah siri, ia tidak memiliki akte kelahiran dan kartu keluarga. Hal ini tentu dapat menyulitkan banyak hal, mengingat Indonesia negara birokrasi yang selalu membutuhkan banyak dokumen untuk ini dan itu.

Mengenal GamaphobiaPernikahan Siri/ Foto: Freepik.com/senivpetro

Kabar baiknya, kini nikah siri dapat membuat Kartu Keluarga seperti halnya pernikahan hukum. Namun Pencatatan Sipil bukan menikahkan, tapi hanya mencatat jika telah terjadinya pernikahan. Sehingga nantinya akan tertulis jika pernikahan tersebut belum tercatat.

"Nanti di dalam kartu keluarga akan dicatat nikah belum tercatat atau kawin belum tercatat," ujar Zudan selaku Kemendagri, seperti yang dikutip dari detikcom, Rabu (20/10).

Cantik Indonesia, Zoya AmirinPsikolog, Zoya Amirin/ Foto: Dok. Zoya Amirin

Melihat hal ini, Zoya Amirin selaku psikolog ternyata menyambut baik kebijakan Pemerintah tersebut. Ia mengatakan jika setelah adanya catatan ini, mereka yang ingin melangsungkan nikah siri dapat lebih memandang hal ini dengan lebih serius lagi.

"Dalam agama islam kan pernikahan siri ini tetap sah ya, tapi banyak dari mereka yang menyepelekan karena tidak adanya catatan hukum, jadi banyak merugikan banyak pihak terutama si perempuan yang memiliki anak dalam nikah siri. Jadi setidak-tidaknya membuat orang relatif lebih menyikapi baik jenis pernikahan ini, dengan lebih serius," kata Zoya Amirin saat dihubungi tim Beautynesia.id, Senin (18/10).

Zoya pun kembali mengatakan, dengan adanya kebijakan ini dimana nikah siri dapat tercatat secara hukum maka mereka yang ingin melakukannya dapat lebih berpikir berkali-kali sebelum melangsungkan.

"Yang berniat melangsungkan pernikahan siri justru dengan ini bisa lebih hati-hati dan berpikir dua tiga kali sebelum melangsungkannya. Tidak seperti sebelumnya kan. Saya melihat banyak hal positif dari kebijakan nikah siri masuk KK ini," tambahnya.

Bagaimana Syarat Bikin Kartu Keluarga untuk Mereka yang Nikah Siri?

Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara membuatkan kartu keluarga (KK) baru bagi warga yang tinggal di Shelter Kampung Akuarium.Syarat Membuat Kartu Keluarga/ Foto: Pradita Utama

Untuk mereka yang nikah siri, dalam proses pembuatan Kartu Keluarga diperlukan data tambahan yaitu SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, kebenaran pasangan suami - istri dan harus diketahui dua orang saksi. 

Adapun dokumen lainnya yang perlu dibawa untuk mereka yang nikah siri adalah sebagai berikut:

  • Surat pengantar pembuatan Kartu Keluarga dari RT dan distempel RW.
  • Surat keterangan pindah (untuk pendatang baru).
  • Mengisi formulir permohonan pembuatan KK di kantor kelurahan.

Beauties, nikah siri atau nikah hukum adalah hak setiap manusia. Namun, ada baiknya untuk lebih mempertimbangkan baik-buruknya jika melakukan pernikahan siri. Karena bukan hanya dapat merugikan satu pihak, tapi pihak lainnya juga.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id