sign up SIGN UP

Sampo dan Conditioner Sia-sia Kalau Kamu Masih Lakukan 4 Hal Ini, Sepele tapi Penting!

Febriyani Rahmania | Senin, 22 Nov 2021 21:30 WIB
Sampo dan Conditioner Sia-sia Kalau Kamu Masih Lakukan 4 Hal Ini, Sepele tapi Penting!
caption
Jakarta -

Sebagai mahkota perempuan, penting untuk merawat rambut untuk tetap sehat. Berbagai rangkaian perawatan rambut hadir untuk membuatnya terbebas dari masalah. Salah satu rangkaian perawatan dasar yang mungkin setiap orang lakukan adalah keramas.

Sebagian orang lainnya mungkin menambahkan conditioner atau masker setelah keramas. Namun, rupanya rangkaian perawatan dasar saja nggak cukup, Beauties. Ada beberapa perawatan lain yang harus kamu lakukan untuk mendapat rambut yang sehat.

Tak melulu soal penambahan produk pada rambut, kok. Lebih dari itu, kamu perlu memerhatikan cara bagaimana kamu memperlakukan rambutmu. Seperti yang diungkap oleh beberapa hair stylist pada Self berikut ini.

Mengabaikan Rambut di Malam Hari

tidurIlustrasi rambut. / Foto: pexels.com/artem podrez

Malam adalah waktu sebagian besar manusia untuk beristirahat. Ketika kamu ingin mengistirahatkan tubuhmu, jangan lupa untuk mengistirahatkan rambutmu juga. Salah satunya adalah kunciran rambut yang masih menempel ketika tidur yang dapat menyebabkan kerusakan.

"Tidur dengan kuncir kuda menyebabkan kerusakan tepat di ubun-ubun kepala, atau di mana pun karet dipasang. Jika kamu suka rambut kamu terlepas dari wajah kamu, tidurlah dengan kepang longgar ke samping, kencangkan tepat di ujungnya selonggar yang kamu bisa, "kata Johnny Stuntz, yang pernah bekerja dengan Anna Kendrick dan Kelly Osbourne.

rambutIlustrasi rambut. / Foto: pexels.com/Polina Kovaleva

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk seperti sampo kering, karena produk tersebut bekerja saat kamu tidur. Memilih tidur dengan topi satin atau bantal satin juga bisa membuat rambut dan kulit kamu lebih sehat.

Tidak Dipotong Teratur

Memotong rambut bukan hanya soal tren. Lebih dari itu, pemangkasan teratur membantu menjaga rambut tetap sehat. Michael Dueñas, hair stylist yang telah bekerja dengan Padma Lakshmi dan Zoe Levin, mengatakan bahwa pemangkasan teratur dapat mencegah seseorang merusak ujung rambut yang bercabang.

Ilustrasi rambut bercabang/Pinterest.com/Adelgazar en casaIlustrasi rambut bercabang. (Foto: Pinterest.com/Adelgazar en casa)/ Foto: Dians Marfuah

"Banyak perempuan menarik ujung rambut mereka yang bercabang, mereka benar-benar merobek-robek rambut, dan membuat rambut bercabang yang lebih tidak rata yang lebih sulit untuk diperbaiki. Sebaliknya, guntinglah dengan gunting yang sangat tajamm, lalu buat janji untuk potong rambut secepatnya," kata Duenas.

Menyisir Rambut Kusut Saat Basah

Saat basah, rambut berpeluang lebih mudah kusut. Namun, bukan berarti kamu harus menyisirnya untuk membuatnya kembali halus. Menurut Kelly Hunt, hair stylist yang telah bekerja dengan Amber Valetta dan Karina Smirnoff, menyisir rambut basah dengan sisir biasa bukan ide yang baik. Jika kamu ingin mengurai rambut yang kusut, kamu bisa memilih sisir yang bergigi lebar.

menyisir rambut basahIlustrasi menyisir rambut basah. (Foto: freepik.com)/ Foto: Risma Oktaviani

Memakai Banyak Produk

Mengaplikasikan produk untuk rambut tidak selamanya bagus. Penumpukan produk yang berlebih bisa menambah masalah baru dan mungkin akan mempersulit pertumbuhan rambut kamu. "Inti dari mencuci rambut adalah untuk menghilangkan penumpukan," jelas Mia Santiago, seorang hair stylist kepada Self.

Foto : Dry Shampoo Beraroma Buah/Freepik.com/sergio_pulpIlustrasi dry shampoo. (Foto: freepik.com/sergio_pulp)/ Foto: Ratih Dewi

Salah satu produk yang sebaiknya dihindari untuk dipakai terus menerus adalah sampo kering atau dry shampoo. Kamu bisa menggunakan produk untuk menjaga rambut kamu tetap kuat dan terhidrasi dengan semprotan yang menyegarkan.

Kamu juga bisa mencoba co-washing atau mencuci rambut hanya dengan kondisioner. Beberapa produk co-washing diformulasikan dengan sifat pembersih yang lebih lembut daripada sampo. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id