sign up SIGN UP

5 Tips Sukses Mewarnai Rambut Sampai ke Akar Tanpa Harus ke Salon, Wajib Simak Biar Hasilnya Maksimal!

Febriyani Rahmania | Kamis, 18 Nov 2021 16:00 WIB
5 Tips Sukses Mewarnai Rambut Sampai ke Akar Tanpa Harus ke Salon, Wajib Simak Biar Hasilnya Maksimal!
Kamu bisa mengecat rambut sendiri di rumah, sendiri atau minta bantuan. Simak tips suksesnya berikut ini. (Foto: pexels.com/cottonbro)
Jakarta -

Untuk mendapat suasana baru dalam berpenampilan, beberapa orang memilih untuk bereksperimen dengan rambut. Salah satunya dengan mewarnai rambut. Untuk mendapat hasil maksimal, sebagian orang pergi ke salon. Namun, nggak jarang juga orang yang melakukannya sendiri dengan segala kerumitannya.

Jika kamu termasuk orang yang mengecat rambut sendiri di rumah, kamu perlu menyimak beberapa tips berikut ini untuk meminimalkan kerumitan yang umum terjadi ketika mengecat sendiri di rumah. Dikutip dari Bustle, first thing first yang perlu kamu lakukan adalah konsultasi dengan tenaga profesional.

Kamu bisa bertanya pada hair colorist di salon langganan untuk meminta saran produk atau campuran warna yang tepat sesuai preferensimu. "Jika kamu ingin mencoba mewarnai rambut sendiri di rumah, saya sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan hair colorist mengenai formulasi dan produk pewarna rambut," kata Kelly Lin, hair colorist dan salah satu pendiri Salon SCK New York.

Pewarnaan rambut menjadi kegiatan yang mulai digemari di saat pandemi/foto: freepik.comIlustrasi cat rambut. (Foto: freepik.com)/ Foto: detik

Ada banyak hal harus diperhatikan sebelum mewarnai rambut, seperti jenis dan tekstur rambut. Terlebih jika kamu punya rambut keriting atau kasar, kamu benar-benar harus mencari formula pewarna tanpa bahan kimia keras untuk menghindari kekeringan atau kerusakan rambut.

Selain itu, masih ada beberapa tips lain, nih, Beauties. Apa saja? Dihimpun dari Bustle, berikut ulasannya.

Persiapkan Ruangan yang Luas

Zat kimia pada cat rambut menghasilkan bau menyengat yang tidak nyaman. Oleh karena itu, lakukan di ruangan luas, di luar ruangan, atau di ruangan sempit dengan sirkulasi udara yang baik. Pastikan untuk uji alergi cat rambut di area yang sempit sebelum mengaplikasikannya ke seluruh rambut. 

Penting sekali memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti warna cat agar tidak merusak kesehatan rambut.Ilustrasi cat rambut. (Foto: freepik.com)

Jangan lupa siapkan semua kebutuhan untuk mengecat rambut seperti petroleum jelly, sisir, klip, cat warna, developer, baju bekas, sarung tangan, dan handuk. Kemudian, oleskan petroleum jelly ke batas rambut, sekitar telinga, bawah leher, dan pipi, sebagai pelindung jika cat menempel ke bagian-bagian tersebut.

Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Setelah uji alergi dinyatakan aman, kamu bisa menyisir rambutmu jadi beberapa bagian. Semakin tipis semakin baik, kata Martinez, Lorena Martinez, seorang hair colorist di Maxine Salon di Chicago, Amerika Serikat.

foto: freepik.comIlustrasi cat rambut. (Foto: freepik.com)

Setelah itu, campurkan warna di wadah sesuai petunjuk pencampuran. Pastikan tidak menggumpal dan hindari wadah logam karena bisa bereaksi terhadap pewarna rambut. Sssst! Jangan lupa pakai sarung tangan, ya, Beauties. 

Mulai dari Bawah ke Atas

Untuk menghindari pewarnaan yang nggak merata, lakukan pengecatan rambut dari bagian tengkuk leher menuju atas. Memulai dari bawah juga memudahkan untuk menelusuri bagian yang tidak rata, kata Katelyn Hunziker dan Meagan Mueller, pemilik dan stylist di Mane Local Salon.

"Lebih mudah untuk mencegah warna yang tumpang tindih pada rambut yang sudah diwarnai ketika Anda mulai dari bawah," tegas Hunziker dan Mueller. Akan sangat memabntu kalau ada seorang teman yang membantu mewarnai bagian yang tidak terjangkau oleh matamu. 

Bilas Sampai Airnya Jernih

Jika sudah selesai mengecat rambut, diamkan dalam beberapa waktu sesuai petunjuk penggunaan. Biarkan dan jangan membungkus rambutmu dengan kantong plastik. Menurut Martinez, Kantong plastik dapat bereaksi terhadap warna. Cuci rambut hingga air bilasan jernih.

foto: Rekomendasi hair mask untuk rambut rusak/freepik.comIlustrasi cat rambut. (Foto: freepik.com)

"Ingatlah untuk memijat secara menyeluruh garis rambut, tengkuk, dan belakang telinga kamu," saran Lin. Setelah membilas, gunakan kondisioner atau masker, dan hindari produk-produk yang memengaruhi hasil warna rambut, sampo, misalnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id