sign up SIGN UP

4 Alasan Brand Mewah Kolaborasi dengan Animasi Jepang, Salah Satunya Sengaja Bikin Nostalgia!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Jumat, 20 May 2022 16:30 WIB
4 Alasan Brand Mewah Kolaborasi dengan Animasi Jepang, Salah Satunya Sengaja Bikin Nostalgia!
caption

Beauties, pernahkah kamu memerhatikan perilisan koleksi kolaborasi beberapa brand mewah dengan manga dan film animasi Jepang? Belakangan ini, kita semakin sering menemukan koleksi menggemaskan dan unik hasil kolaborasi tersebut. Misalnya, kolaborasi Coach x Michael Jordan x Naruto yang dirilis tahun 2019, Longchamp x Pokemon tahun 2020, koleksi Loewe x Studio Ghibli dan Gucci x Doraemon tahun 2021. Pada bulan April 2022 lalu, brand asal Prancis Maje rilis koleksi Sailor Moon, bertepatan dengan perilisan Dolce & Gabbana x Jujutsu Kaisen yang mempresentasikan koleksi dengan cara memakaikan outfit kolaborasi tersebut pada karakter anime dan membuka pop-up store eksklusif di Tokyo, Jepang.

Tidak hanya brand mewah, beberapa label streetwear juga pernah melakukan kolaborasi dengan manga dan anime, seperti A Bathing Ape x Dragon Ball dan Supreme x Akira. Kolaborasi ini disambut antusias oleh para penggemar yang tidak segan merogoh kocek ekstra demi mendapatkan items tersebut. Tapi apa sebenarnya alasan dibalik kolaborasi brand high fashion bersama animasi Jepang mengingat adanya perbedaan segmentasi konsumen antara keduanya? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Menggugah Nostalgia

Maje x Sailor Moon/
Maje x Sailor Moon/ Foto: instagram.com/majeparis

Bagi mereka yang besar di era 90an, mungkin menonton kartun di televisi menjadi kegiatan menyenangkan saat akhir pekan. Perasaan bernostalgia ini yang ingin dibangkitkan rumah mode saat melakukan kolaborasi dengan deretan kartun lawas. Koleksi fashion items dengan gambar tokoh 2 dimensi favorit semasa kecil membuat kita kembali mengenang masa kanak-kanak. Dengan ini, kita jadi tertarik untuk memiliki salah satu dari koleksi kolaborasi yang diluncurkan.

2. Bersifat Eksperimental

Dolce Gabbana x Jujutsu Kaisen/
Dolce Gabbana x Jujutsu Kaisen/ Foto: instagram.com/dolcegabbana

Kolaborasi brand mewah yang menargetkan segmentasi jauh berbeda, yakni penggemar manga atau anime juga bersifat eksperimental, Beauties! Perilisan capsule collection eksklusif mengizinkan rumah mode untuk observasi reaksi target pasar dan keberhasilan koleksi tanpa harus berkomitmen jangka panjang. Langkah ini menjadi langkah strategis untuk menjajal hal baru di pasar demi mengembangkan bisnis.

3. Menambah Variasi Subkultur

Loewe x Spirited Away/
Loewe x Spirited Away/ Foto: instagram.com/loewe

Begitu banyak keunikan konsumen muda high fashion. Untuk mengetahui apa yang mereka sukai, dibutuhkan variasi subkultur dalam pembuatan koleksi. Tidak terbatas pada rancangan nuansa glamor, sporty, atau vintage, kreativitas juga dikembangkan dalam bentuk yang lebih witty, yaitu dengan menginjeksi kartun. Budaya Jepang yang mempunyai jumlah penggemar cukup banyak menjadi salah satu tema yang wajib dimasukkan.

4. Menarik Perhatian Konsumen Asia

Loewe x My Neighbor Totoro/
Loewe x My Neighbor Totoro/ Foto: instagram.com/loewe

Kolaborasi bersama animasi Jepang juga membuka segmentasi konsumen baru bagi rumah mode mewah. Subkultur yang spesifik ditargetkan akan menarik perhatian beberapa grup sekaligus, diantaranya penggemar animasi tersebut, pelanggan setia brand yang ingin membelinya, serta target konsumen di pasar Asia. Tak terbatas pada konsumen dari Jepang, tapi juga negara Asia lainnya, seperti Tiongkok yang merupakan salah satu negara dengan konsumen barang mewah paling banyak di dunia.

Mengutip situs Marketplace, laporan dari perusahaan konsultan manajemen Oliver Wyman menunjukkan pembeli asal Tiongkok sebanyak ⅓ dari total konsumen barang mewah di pasar global. Selain itu, animasi Jepang itu sendiri memiliki banyak penggemar dari berbagai generasi di kalangan konsumennya. Jadi, bisa dibayangkan besarnya pengaruh konsumen Tiongkok bagi pemasaran sebuah brand, bukan?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id