sign up SIGN UP

4 Kiat Menghilangkan Noda Saus dan Sambal Tomat di Pakaian

Henny Alifah | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 20:30 WIB
4 Kiat  Menghilangkan Noda Saus dan Sambal Tomat di Pakaian
caption

Makanan berbahan tomat ada banyak di sekitar kita, mulai dari saus bakso, sambal pedas, hingga jus segar. Dengan nuansa pesta atau hari raya yang ramai dan penuh makanan, bisa saja sewaktu-waktu kamu kena tumpahan atau cipratan makanan tersebut.

Noda merah dari tomat termasuk salah satu noda yang sulit dihilangkan. Tomat memiliki tanin yang mudah menodai kain, apalagi kain putih. Simak kiat berikut ini untuk menghilangkan noda tomat di pakaian dengan tuntas.

1. Buang Ampas Tomat dengan Sendok

Ilustrasi Sendok Untuk Membersihkan Ampas Tomat
Ilustrasi Sendok/ Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Gunakan sendok bersih atau pisau oles untuk membersihkan ampas saus tomat berlebih yang menempel di kain. Sendok dan pisau oles tidak akan merusak pakaian. Sebaliknya, alat tersebut bisa membantu menghilangkan ampas saus atau sambal tomat yang menempel di pakaian. Jika ampasnya tidak dibersihkan, noda merah tomat bisa jadi menyebar lebih luas ke area lain kain pakaian.

2. Cuci dengan Air Dingin yang Mengalir

Ilustrasi air mengalir untuk membersihkan noda merah tomat di pakaian
Ilustrasi Air Mengalir/ Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Selanjutnya cuci pakaian yang terkena noda tomat di bawah aliran air dingin secara langsung. Pastikan kain dicuci dalam posisi terbalik, dengan demikian noda bisa didorong keluar. Lakukan ini selama 10 hingga 15 menit atau hingga air tampak jernih.

3. Oleskan Sabun Cair atau Sabun Cuci Piring

Ilustrasi sabun cair untuk membersihkan noda merah tomat di pakaian
Ilustrasi Sabun Cair/ Foto: Pexels/Castorly Stock

Gosokkan sabun cair atau sabun cuci piring ke bagian kain yang terkena noda. Kucek kain dengan lembut dalam gerakan melingkar. Biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya secara menyeluruh.

Untuk pakaian berwarna putih atau yang warnanya tidak luntur, bisa diberi olesan bahan pemutih ringan, cuka putih, atau lemon. Dengan catatan, ketahuilah bahwa bahan pemutih tersebut bisa menghilangkan warna dan desain dari pakaian. Setelah itu, bilas pakaian sampai bersih.

Jika noda merah tomat masih terlihat, cuci ulang dengan menambahkan lebih banyak sabun diikuti dengan bahan pemutih ringan. Untuk mengecek apakah noda sudah benar-benar hilang, bawa kain ke bawah cahaya.

4. Lanjutkan Cuci Seperti Biasa

Ilustrasi mencuci baju di mesin cuci
Ilustrasi Mencuci di Mesin Cuci/ Foto: Pexels/cottonbro

Terakhir, cuci pakaian seperti biasa menggunakan detergen, baik di mesin cuci ataupun cuci secara manual. Untuk memeriksa nodanya benar-benar sudah hilang, keringkan terlebih dahulu dari proses sebelumnya. Jika noda masih tersisa setelah pencucian mesin cuci, coba gosok lagi dengan detergen dan rendam dalam air hangat selama 30 menit. Lalu bilas sampai bersih.

Nah, selamat mencoba, Beauties!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id